Persiapkan Dirimu untuk Kuliah di Luar Negeri Dengan Tes SAT

Jul 10, 2018
Share on facebook
Share on twitter

Pernahkah kamu mendengar istilah SAT atau Tes SAT?

Jika kamu adalah seorang pelajar yang sedang merencanakan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, pasti pernah mendengar Tes yang satu ini. Tes SAT merupakan sebuah tes yang telah digunakan secara luas sebagai salah satu prasyarat untuk melanjutkan pendidikan ke universitas di Amerika Serikat, Inggris, Singapura, dan Kanada.

Penting sekali buat kamu untuk memahami secara jelas mengenai apa itu tes SAT, komponen-komponen yang terdapat di dalamnya, hingga tujuan dilakukannya tes tersebut.

Tes SAT sebenarnya telah digunakan sejak lama, pertama kali digunakan sebagai tes IQ tentara di Amerika Serikat. Sejak tahun 1940, tes SAT dijadikan sebagai ujian standar yang wajib diikuti oleh seluruh calon mahasiswa di Amerika Serikat. Secara umum, kamu harus mengikuti tes SAT jika ingin melanjutkan perkuliahanmu di luar negeri; terutama Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan Singapura.

Apa saja ya yang dinilai dalam tes SAT?

Bisa dibilang, melalui tes SAT universitas mampu melihat apakah kamu sudah siap untuk mengikuti perkuliahan di negara mereka atau tidak. Yang dinilai meliputi keahlian-keahlian akademik seperti pemahaman konteks, kemampuan komputasional, ekspresi dalam bicara, dan masih banyak lainnya.

Apa saja yang akan kamu lakukan dalam tes SAT?

Tes SAT sendiri terdiri dari 10 sesi: Biasanya dimulai dengan menulis sebuah esai dan dilanjutkan dengan dua buah tes kemampuan membaca, matematika, dan sesi lainnya yang disusun secara random. Sebagian besar tes merupakan soal latihan dalam bentuk pilihan ganda, terkecuali saat kamu diminta untuk menulis esai.

Bagaimana dengan sistem penilaiannya?

Setelah menyelesaikan tes SAT, kamu akan diberikan total skor dengan skala 600 hingga 2400. Semuanya merupakan jumlah keseluruhan dari semua sesi yang kamu lakukan dalam tes SAT.

Nah, buat kalian yang masih mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan di universitas luar negeri. Persiapkan dirimu untuk mendapatkan hasil terbaik pada tes SAT!

Wall Street English Indonesia juga menyediakan preparation course untuk sukses menghadapi tes SAT lho! Tunggu kabar baiknya di awal bulan Agustus nanti!

More News

May 28, 2021
Grammar

Past Progressive Tense: Definisi, Contoh, dan Penggunaannya

May 28, 2021
Vocabulary

Demonstrative Pronoun: Definisi, Contoh, dan Penggunaannya

May 28, 2021
Vocabulary

Dependent Clause: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

May 28, 2021
Vocabulary

Bare Infinitive: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaan

May 28, 2021
Vocabulary

In Order to, In Order That, So That: Contoh dan Cara Penggunaannya

May 28, 2021
Vocabulary

Adverb of Place: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya