Tips Melakukan Presentasi Dalam Bahasa Inggris

Apr 26, 2018
Share on facebook
Share on twitter

Apakah presentasi dalam bahasa Inggris itu sulit?

Apakah melakukan presentasi dalam bahasa Inggris itu penting?

Seringkali kamu menanyakan hal tersebut saat memikirkan tentang keinginan untuk mempelajari teknik presentasi bahasa Inggris. Di era globalisasi seperti sekarang ini, kita semua dituntut untuk dapat menyampaikan segala sesuatu dengan bahasa Inggris. Melakukan presentasi dalam bahasa Inggris adalah salah satunya. Dengan dapat melakukan presentasi bahasa Inggris, kamu dapat membawa banyak sekali keuntungan seperti memperluas jangkauan pasar, membuka banyak peluang bisnis, hingga mendapatkan banyak klien asing.

 

Keahlian melakukan presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris dapat kamu asah dengan mengikuti beberapa tips yang akan kita bahas dalam artikel ini. Apakah kamu sudah siap untuk menguasai keahlian yang satu ini?

  1. Tentukan “PAL” Presentasimu!

Sebelum menyusun sebuah presentasi, kamu harus mengetahui dan mempersiapkan tiga komponen penting didalamnya. Ketiga komponen tersebut, yaitu:

  • Purpose

Ketahuilah tujuanmu dalam melakukan presentasi. Secara umum, tujuan dalam presentasi adalah untuk memberikan informasi, mempengaruhi, mengajak dan menghibur. Tentukan tujuanmu dalam presentasi sehingga kamu dapat menyusun dan mempersiapkan apa yang harus dilakukan.

  • Audience

Kepada siapakah kamu akan melakukan presentasi. Melakukan presentasi didepan orang-orang penting dalam perusahaan akan berbeda perlakuannya dengan melakukan presentasi di depan kelas. Jadi, kamu harus dapat mengidentifikasi terlebih dahulu siapa yang akan menghadiri presentasimu agar dapat memberikan berbicara yang tepat dan jenis bahasa Inggris yang lebih baik untuk digunakan.

  • Logistics

Kamu harus mempersiapkan segala aspek yang akan mempengaruhi presentasimu. Misalnya saja tata letak dalam ruangan, jumlah kursi yang akan disediakan, kejelasan layar, hingga berapa lama waktu yang akan kamu habiskan dalam presentasi.

  1. Membuat Slides yang Efektif

Selain kepada dirimu, audiens juga akan berfokus kepada slides yang kamu pertunjukkan. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan slides yang jelas, komunikatif, dan mudah dimengerti. Komponen-komponen penting yang perlu kamu perhatikan dalam membuat slides adalah sebagai berikut:

  • Buat slides dengan jumlah yang tidak terlalu banyak
  • Jangan menggunakan paragraf, tetapi tulis dalam bentuk poin
  • Gunakan jenis huruf yang mudah dibaca
  • Gunakan gambar untuk mempermudah penjelasan
  • Pergunakan warna yang netral dan tidak terlalu mengganggu penglihatan
  • Gunakan jenis bahasa Inggris yang umum
  1. Banyak Berlatih Terlebih Dahulu

Sebelum melakukannya di depan umum, sebaiknya kamu berlatih terlebih dahulu untuk membiasakan diri, mengoreksi setiap kesalahan yang kamu buat, dan mengatur waktu bicara. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan adalah:

  • Kejelasan dan intonasi suara
  • Kontak mata dan gerakan tangan
  • Senyum dan raut wajah
  • Penekanan pada setiap kalimat penting
  • Gunakan kalimat penghubung sebelum berpindah ke topik lain
  • Persiapkan jawaban untuk pertanyaan yang mungkin muncul

Wall Street English menyediakan program bahasa inggris khusus untuk bisnis didalamnya mencakup business conversation, presentasi dalam bahasa inggris, business writing, business meeting, dan masih banyak lagi, info lebih lanjut klik link dibawah ini

More News

Aug 20, 2021
News

Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Surabaya - Dijamin Berhasil

Aug 20, 2021
News

Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Bandung - Dijamin Berhasil

Aug 2, 2021
News

Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Medan - Dijamin Berhasil

Aug 2, 2021
News

Kursus Bahasa Inggris Terbaik di Malang - Dijamin Berhasil

Jul 3, 2021
Grammar

Present Progressive: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaan

Jul 3, 2021
Vocabulary

Derivation: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya