Tips Memilih Jurusan Kuliah di Luar Negeri

Feb 22, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Menjalani kuliah di luar negeri tidaklah mudah dan murah, terdapat banyak hal yang harus kamu pertimbangkan. Hal utama yang tentu harus kamu pertimbangkan adalah memiliki jurusan kuliah di luar negeri yang harus sesuai dengan kemampuan dan niat kamu dalam meraih impian kamu di masa depan nanti. 

Tidak sedikit mahasiswa yang sudah memilih jurusan kuliah mereka, namun keluar di tengah jalan karena tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Nah, untuk menghindari hal tersebut di dalam artikel kali ini kita akan membahas tips memilih jurusan kuliah di luar negeri. 

Apa Keuntungan Belajar di Luar Negeri

Sebelum kamu mengetahui tips memilih jurusan kuliah di luar negeri, terlebih dahulu kamu harus mengetahui beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu memutuskan untuk kuliah di luar negeri. Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu nikmati seperti : 

  1. Kamu bisa mendapatkan koneksi yang lebih luas,
  2. Prospek dan Lingkungan Kerja yang lebih luas
  3. Dapat mempelajari budaya baru
  4. Mengembangkan Penguasaan Bahasa Asing
  5. Kesempatan menjadi Permanent Resident atau PR di Luar Negeri 
  6. Mendapatkan Pendidikan dengan kualitas Internasional

Tips dan Cara Memilih Jurusan Kuliah di Luar Negeri

Setelah kamu mengetahui beberapa keuntungan belajar di luar negeri, berikut merupakan tips memilih jurusan kuliah di luar negeri agar kamu tidak salah ambil jurusan dan menyia-nyiakan uang dalam jumlah besar yang sudah dikeluarkan! 

  1. Pahami Minat serta Passion

Jika kamu ingin menjalani kuliah di luar negeri di jurusan tertentu kamu harus terlebih dahulu mencari tahu minat serta passion kamu di dalam suatu bidang. Contohnya, jika kamu ingin mengambil jurusan IT kamu harus memiliki minat di dalam dunia digital, dan komputerisasi serta memiliki semangat dalam menjalaninya. 

  1. Melakukan Riset dalam Mencari Jurusan

Hal ini wajib dilakukan, mulai dari review dari alumni, mata kuliah yang ditawarkan, durasi kuliah, aktivitas yang ditawarkan dan lainnya. Kamu dapat membuat suatu daftar beberapa jurusan dan kampus yang kamu tuju sehingga kamu tidak terpaku di satu pilihan. Ingat, jurusan yang kamu pilih harus sesuai dengan preferensi kamu! 

  1. Pilih Universitas yang Sesuai

Banyak sekali pilihan universitas di luar negeri yang memiliki kualitas pendidikan terbaik. Hal ini harus kamu jadikan pertimbangan juga dalam memilih kampus di luar negeri. Hal lainnya yaitu fasilitas, akomodasi, hingga program yang ditawarkan setelah lulus, dan lainnya agar kamu tidak salah memilih Universitas.

  1. Perhatikan Biaya Kuliah

Menjalani pendidikan di luar negeri tidaklah murah, kamu harus menyiapkan uang yang tidak sedikit. Nah, untuk membantu hal tersebut kamu dapat mengikuti program beasiswa pemerintah maupun swasta agar biaya kuliah kamu tidaklah berat. Beberapa penyedia Beasiswa juga memiliki kerjasama dengan universitas di luar negeri sehingga kamu akan dipermudah untuk masuk ke universitas pilihan kamu. 

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan biaya hidup karena kamu akan menjalani kehidupan di luar negeri secara mandiri. Kamu dapat mengikuti part-time atau pekerjaan freelance yang ditawarkan disana untuk membantu meringankan pengeluaran pribadi. 

  1. Durasi Studi

Hal paling wajib yang juga harus kamu perhatikan adalah lama kamu akan menjalani studi. Sesuai dengan jenjang yang dipilih S1 memiliki durasi 4 tahunan, terdapat pula program Fast-Track yang akan membantu kamu menjalani kuliah S1 di durasi yang cukup singkat. Kemudian jenjang S2 yang memiliki durasi kurang lebih 1 sampai 2 tahun. 

Diatas merupakan tips dalam memilih jurusan kuliah di luar negeri, terdapat beberapa faktor yang juga harus kamu perhatikan agar kamu dapat menjalani kuliah di luar negeri dengan lebih nyaman. Hal utama yang juga harus kamu persiapkan adalah tes TOEFL/IELTS. Kamu dapat daftar sekarang di Wall Street agar dapat mempelajari bahasa Inggris sebelum menjalani kuliah di luar negeri. 

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP