Cara Mengetahui Kita Cocok di Jurusan apa

Feb 23, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Di dunia pendidikan, banyak sekali jurusan yang menggoda untuk dijalankan, universitas yang bagus dengan akreditasi terbaik, dan faktor lainnya yang membuat kamu semakin bingung untuk menentukan jurusan kuliah kamu. 

Dalam artikel kali ini, kita akan membaca mengenai cara mengetahui kita cocok di jurusan apa, agar pada saat mengambil jalur pendidikan di universitas dalam negeri atau luar negeri kita tidak menyesal dan dapat mencapai impian kita. Sebelum itu, yuk kita ketahui jurusan yang mempunyai peluang kerja yang besar. 

Jurusan Apa yang Mempunyai Peluang Kerja Besar? 

Setelah lulus dari perkuliahan, tujuan kamu selanjutnya adalah mencari pekerjaan. Nah, dibawah ini merupakan daftar jurusan yang memiliki peluang kerja besar! 

  1. Sastra Inggris

Jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang memiliki banyak peluang kerja. Pekerjaan yang bisa kamu dapatkan setelah lulus dari jurusan ini adalah penulis, penerjemah, bahkan menjadi dosen pengajar. 

  1. Ilmu Komunikasi

Terdapat beberapa contoh pekerjaan yang bisa kamu dapatkan setelah lulus dari jurusan ini mulai dari public speaker, MC sebagai Event Organizer, penulis berita, content creator, penulis skrip, hingga produser TV!

  1. Teknik Informatika

Jurusan yang sangat diminati oleh banyak orang ini, dapat membantu kamu juga dalam mencari pekerjaan nantinya karena dari jurusan ini lahir Web Developer, UI/UX Designer, Software Developer, Project Manager, Game Developer dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan dunia teknologi.

Cara Mengetahui Jurusan Kuliah yang Cocok Untukmu

Kamu harus mempertimbangkan dengan lebih matang sebelum memilih jurusan kuliah yang sesuai dan cocok untuk kamu karena akan mempengaruhi masa depan kamu nantinya. Dibawah ini merupakan tips & trik cara mengetahui jurusan kuliah yang cocok untuk kamu. 

  1. Cari Sesuai Kepribadian

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah kepribadian kamu. Memilih jurusan kuliah juga tergantung dari kepribadian yang kamu miliki. Jika kamu memiliki kepribadian seperti mampu bersikap realistis, memiliki jiwa pemimpin, memiliki jiwa seni dan kreatif, mudah bersosialisasi, mengikuti perkembangan bisnis dengan baik kamu dapat memilih jurusan dengan mudah. 

Contoh jika kamu seorang yang mampu berpikir kreatif, kamu dapat mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual. 

  1. Sesuaikan dengan Passion

Kamu juga harus memperhatikan minat serta passion kamu di bidang apa. Contohnya seperti jika kamu gemar berbicara di depan banyak orang dan memiliki tingkat percaya diri yang tinggi kamu dapat mengambil jurusan Ilmu Komunikasi yang nantinya kamu bisa bekerja sebagai MC, hingga Public Speaker.

  1. Ikut Tes Psikologi

Tes ini dapat membantu kamu menganalisa minat, kepribadian, kelebihan serta kekurangan kamu, hingga skala kemampuan kamu dalam bidang seni maupun sosial. Kamu dapat mengikuti tes kepribadian gratis yang ada di internet seperti “What Should I Major In Quiz” dari Loyola dan “College Major Personality Quiz” dari ThoughtCo. 

  1. Pertimbangkan Prospek Kerja

Setelah lulus, kamu harus mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah yang kamu ambil. Jangan hanya karena lingkungan pekerjaan yang nyaman, gaji yang tinggi atau sekadar mengikuti kemauan dari teman maupun orang tua, kamu juga harus menyesuaikan pekerjaan kamu dengan jurusan yang kamu ambil agar kamu dapat bekerja dengan lebih nyaman. 

  1. Minta Pendapat khususnya dari Senior dan Orang Tua

Senior di kampus kamu, maupun dari orang tua kamu sendiri mereka sudah pernah merasakan pula dilema yang harus dihadapi ketika ingin mengambil jurusan di dunia kuliah. Nah, kamu dapat minta langsung pendapat dari mereka agar kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai jurusan apa yang harus kamu ambil. 

  1. Pilih Universitas Terbaik

Pertimbangan lainnya yang harus kamu pikirkan adalah memiliki universitas. Kamu dapat mencari berbagai universitas dengan akreditasi terbaik, taraf pendidikan yang tinggi, lingkungan yang sesuai, hingga fasilitas yang lengkap agar kamu dapat lebih nyaman menjalani perkuliahan kamu nanti. 

  1. Pertimbangkan Biaya

Menjalani kuliah tidaklah murah kamu juga harus mempersiapkan dana yang cukup besar. Apalagi jika kamu mempertimbangkan kuliah di luar negeri yang dimana kamu juga harus memikirkan biaya kehidupan sehari-hari. Kamu dapat mengambil jalur beasiswa untuk menjalani kuliah dengan biaya yang lebih ringan. 

  1. Persiapkan Pilihan Lainnya

Jangan hanya terpaku terhadap satu jurusan atau satu universitas, namun kamu juga harus mempersiapkan opsi pilihan lainnya agar kamu tidak kebingungan jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti tidak diterima di jurusan yang kamu pilih. Namun, dalam memilih juga masih harus sesuai dengan minat kamu!

  1. Jangan Ikut-ikutan!

Hal ini seringkali terjadi di dunia perkuliahan, kebanyakan dari mahasiswa baru lebih memilih untuk mengikuti temannya memasuki jurusan tertentu karena takut tidak memiliki teman baru. Kamu harus memilih yang sesuai dengan minat dan kemauan kamu. Jangan khawatir karena nantinya kamu bisa mendapatkan teman-teman baru!

  1. Berjuang dengan Sepenuh Hati

Jangan berjuang setengah-setengah dalam menjalani kuliah di jurusan yang telah kamu pilih. Dalam mendapatkan impian kamu, kamu harus berjuang dengan sepenuh hati agar kamu bisa mencapai apa yang kamu ingin dapatkan. Begitu pula di kuliah, kamu dapat mengikuti organisasi dan belajar dengan lebih tekun untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Seperti itulah beberapa tips agar kamu dapat mengetahui jurusan mana yang cocok dengan diri kamu. Apalagi jika kamu ingin kuliah di luar negeri, kamu juga harus mempertimbangkan kelancaran bahasa Inggris kamu agar dapat diterima dengan mudah. Kamu dapat mengikuti course dari Wall Street agar bisa lebih lancar dalam berbahasa Inggris. Yuk, daftar sekarang!

More News

May 19, 2022
English Tips, Skill

Elevate Your Business Writing Skills

May 14, 2022
Business & Career, English Tips

Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi

May 13, 2022
English Tips

Sastra Inggris, Jurusan Perkuliahan Khusus Bahasa Inggris!

May 12, 2022
English Tips

Prospek Kerja Sastra Inggris, Ada Gaji yang Sangat Tinggi!

May 11, 2022
English Tips

4 Beasiswa dari Pemerintah, Cocok untuk Kuliah di Luar Negeri

May 10, 2022
English Tips

Ini Dia, Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP