7 Alasan Mengapa Bahasa Inggris Penting Bagi Para Pelajar

Dec 9, 2021
Share on facebook
Share on twitter
Kemampuan bahasa Inggris masyarakat Indonesia tergolong masih berada di bawah rata-rata dunia. Jika dibandingkan dengan negara lainnya, Indonesia berada di peringkat ke-14 dari 28 negara di Asia, dan peringkat ke-80 di dunia. Padahal, bahasa Inggris sudah sangat dekat dengan kita. Begitu dekatnya hingga banyak sekali kosa kata bahasa Inggris yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.   Sayangnya, banyak orang belum menyadari betapa pentingnya mempelajarbahasa Inggris. Padahal ada banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan dengan mudah apabila kita sudah lancar berbahasa Inggris, terlebih bagi kalian para pelajar yang berada di masa yang tepat untuk mempelajari dan menguasai bahasa Inggris. Nah, mengapa mempelajari bahasa Inggris sangat penting bagi pelajar? Berikut penjelasan lengkap yang perlu kamu ketahui!  

Mengapa Perlu Menguasai Bahasa Inggris?

Kita semua pasti tahu bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Dengan kata lain, bahasa Inggris menjadi bahasa penghubung antar satu negara dengan negara lainnya. Selain sebagai media komunikasi, bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa pengantar teknologi.    Di era globalisasi seperti sekarang, bahasa Inggris sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Kita dapat menemukan bahasa Inggris dalam berbagai bentuk di internet, mulai dari film, game, berbagai situs web, hingga konten YouTube. Bisa dikatakan bahasa Inggris sudah seharusnya menjadi bahasa kedua untuk dikuasai setelah bahasa Indonesia, karena lebih dari 1 miliar orang di dunia bisa berbahasa Inggris dan bahasa ini digunakan lebih dari 60 negara di dunia.  

Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Inggris Sejak Dini?

Mempelajari bahasa Inggris sangatlah penting, terutama dalam hal pendidikan. Melalui bahasa Inggris, kita dapat memperkenalkan keanekaragaman budaya dan bahasa kepada orang asing yang ingin mengetahui lebih dalam tentang Indonesia.   Selain itu, seiring berjalannya waktu belum tentu kita memiliki kesempatan untuk belajar bahasa Inggris di kemudian hari seperti ketika masih di usia anak-anak atau remaja. Berbagai urusan mulai dari pekerjaan, rumah tangga, dan lain sebagainya akan menyita waktu dan perhatian kita begitu menginjak usia dewasa. Hal ini tentu menjadikan kamu tidak lagi memiliki waktu luang untuk mempelajari bahasa Inggris dengan leluasa.    Apa saja sih yang membuat bahasa Inggris sangat penting untuk dipelajari, terlebih lagi bagi para pelajar? Supaya kamu semakin yakin untuk memulai mempelajari bahasa Inggris, yuk simak beberapa alasan pentingnya belajar bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui!  

7 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris bagi Pelajar

 

1. Bahasa Inggris Adalah Bahasa Internasional yang Diakui Seluruh Dunia

Berbagai organisasi internasional yang ada di dunia pasti menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, seperti UNICEF, WHO, IMF, World Bank, dan berbagai organisasi internasional lainnya. Selain itu, bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa ekonomi dan dalam berbagai berita internasional. Jika kamu sudah menguasai bahasa Inggris, kamu bisa mendapatkan banyak informasi dari seluruh dunia dengan mudah.   

2. Lebih Mudah Mendalami Proses Belajar 

Jika kamu sudah menguasai bahasa Inggris, proses belajar dapat lebih diperdalam. Kamu bisa mempelajari jurnal atau literatur dari berbagai lembaga internasional yang memiliki validitas tinggi. Nah kamu juga dapat lebih mudah mempelajari bagaimana cara kerja beberapa perusahaan besar di dunia, seperti Tesla, Google, Amazon, dan Facebook. Dengan demikian, kamu bisa mempelajari banyak hal dan menambah ilmu pengetahuan.  

3. Kesempatan untuk Kuliah di Luar Negeri Lebih Besar

Nah, bagi kamu yang berniat untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, jangan sampai kamu belum menguasai bahasa Inggris dengan baik. Apalagi jika kamu melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Sebaiknya kamu sudah menguasai bahasa Inggris beberapa tahun sebelumnya, karena kamu akan sibuk untuk mengejar nilai akademis terbaik supaya bisa diterima di perguruan tinggi luar negeri yang diimpikan.   

4. Mudah Ketika Ingin Bepergian ke Luar Negeri

Bepergian ke luar negeri sudah pasti menjadi keinginan banyak orang. Sangat disayangkan apabila kamu tidak bisa mengerti berbagai informasi yang ada di negara tujuan. Jika kamu sudah menguasai bahasa Inggris, kamu bisa berinteraksi dengan warga lokal dengan mudah. Ketika kamu mengunjungi suatu tempat bersejarah, kamu bisa memahami penjelasan dari tour guide tentang tempat tersebut. Selain itu, kamu akan lebih mudah berbicara dengan pihak keamanan apabila kamu mengalami kehilangan barang atau tertinggal dari rombongan.  

5. Membuka Peluang untuk Menghadiri Acara Internasional

Pasti banyak dari kalian yang tertarik untuk menghadiri berbagai acara internasional, seperti CinemaCon, bio & maritime conference, environmental seminars, dan berbagai acara lainnya. Nah, sudah pasti acara-acara tersebut menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar, sehingga pengetahuan bahasa Inggris kamu harus sangat baik supaya dapat mengerti berbagai informasi yang diberikan. Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan besar untuk mewakili Indonesia dalam acara-acara internasional yang diselenggarakan.  

6. Bekal yang Baik untuk Pelajar Menghadapi Dunia Kerja

Setelah melewati dunia pendidikan, kamu harus menyiapkan bekal untuk menghadapi dunia kerja. Tentunya bahasa Inggris adalah salah satu bekal yang harus disiapkan selain soft skills dan hard skills. Tidak sedikit perusahaan dalam negeri yang bekerja sama dengan perusahaan luar negeri, sehingga tidak menutup kemungkinan kamu akan berinteraksi dengan orang asing yang sudah pasti menggunakan bahasa Inggris. Kamu juga bisa lebih mudah memperluas koneksi pekerjaan dan menambah kesempatan untuk bekerja di luar negeri.   

7. Menang Berbagai Kompetisi Bergengsi

Apabila kamu adalah siswa yang berprestasi di sekolah dan sering mengikuti berbagai kompetisi lokal, kamu juga harus mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu kamu diminta untuk berkompetisi di kancah internasional. Bahasa Inggris tentunya menjadi bahasa wajib yang digunakan pada pertandingan internasional. Kamu juga memiliki kesempatan untuk menjalin persahabatan dan memperluas pengetahuan dengan lawan tanding dari negara lain.   Wall Street English memiliki Native English Trainers untuk membimbing kamu, sehingga kamu akan terbiasa mendengar bahasa Inggris dari native dan mempermudah proses belajar. Selain itu, Member Wall Street English juga akan mendapatkan sertifikat internasional yang dapat memberi kemudahan bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.   Tidak perlu bingung untuk memulai dari mana, karena setiap member akan mendapat bimbingan personal dari para ahli. Dengan demikian, kamu bisa berkonsultasi tentang masalah atau kesulitan yang kamu alami dan membuat kamu lebih percaya diri.   Nah, jadi semakin tertarik kan untuk mempelajari bahasa Inggris? Jangan ragu untuk mempelajarinya sejak dini, daftar sekarang untuk bergabung bersama Wall Street English karena kamu akan mendapatkan banyak benefit untuk masa depan di samping menguasai bahasa Inggris!

More News

Jun 20, 2022
English Tips

Tips Lengkap untuk Membuat Essay untuk Beasiswa!

Jun 17, 2022
Business & Career

Ingin Naik Jabatan di Perusahaan? Ikuti Tips Jitu Ini!

Jun 16, 2022
Business & Career

Hard Skills yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Jun 15, 2022
Business & Career

Cara Tepat untuk Mengembangkan Karir di Perusahaan!

Jun 14, 2022
Business & Career

Tips Lengkap untuk Kuliah sambil Kerja di Luar Negeri!

Jun 13, 2022
Business & Career

5 Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Eropa Nomor Satu!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP