15 Tips dan Cara Belajar Bahasa Inggris Cepat dan Lancar

Dec 22, 2021
Share on facebook
Share on twitter
Bahasa Inggris sudah sangat dekat dengan kita di kehidupan sehari-hari, bahkan bahasa Indonesia banyak menggunakan kata serapan dari bahasa Inggris yang sering digunakan sehari-hari. Banyaknya kata serapan bahasa Inggris yang digunakan dapat membuat kita lebih mudah untuk memahaminya. Sehingga tidak perlu beralasan bahwa belajar bahasa Inggris itu sulit dan rumit.    Nah, kali ini Wall Street English ingin memberi kalian cara yang mudah untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat dan lancar. Pokoknya cara ini sangat mudah dan dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari, sehingga kamu tidak akan merasa terbebani ketika belajar.  

Apa yang Harus Dipelajari Dalam Bahasa Inggris untuk Pemula?

Sebagai pemula, kamu harus mengetahui kosakata dalam bahasa Inggris terlebih dahulu. Terlebih lagi kosakata yang sering ditemukan dan digunakan pada kehidupan sehari-hari. Setelah menguasai banyak kosakata, kamu bisa belajar membaca dan mendengar sebuah kalimat bahasa Inggris lalu mengartikannya. Nah, setelah itu baru kamu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari dengan cara-cara yang akan dijelaskan pada artikel ini!  

Cara Belajar dan Melatih Bahasa Inggris yang Cepat dan Benar

Siapa bilang belajar bahasa Inggris itu sulit? Semuanya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah apabila kamu melakukannya dengan benar. Bahkan kamu bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan orang lain. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak cara belajar bahasa Inggris dengan cepat di bawah ini!  

1. Pelajari Kata-kata Dasar Bahasa Inggris

Tahap pertama yang harus kamu pelajari adalah menguasai kata-kata dasar dalam bahasa Inggris. Kamu bisa memulai dari mempelajari kata benda, kata sifat, dan kata kerja serta cara pengucapannya. Setelah itu kamu bisa mencoba menyusun kalimat yang sering digunakan sehari-hari, seperti perkenalan, meminta tolong, dan menanyakan kabar.  

2. Baca Artikel Berita Bahasa Inggris Setiap Hari

Membaca artikel berita memang sangat mengasyikan dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan. Nah, kalau kamu sudah terbiasa membaca artikel berita, biasakan juga untuk membaca artikel berita berbahasa Inggris. Selain dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kamu juga dapat mengetahui berita-berita internasional dari seluruh dunia untuk memperluas ilmu pengetahuan.  

3. Menonton Film Berbahasa Inggris Tanpa Menggunakan Subtitle

Ketika sedang bersantai pun kamu juga bisa belajar bahasa Inggris, yaitu dengan menonton film berbahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle. Apalagi jika kamu suka menonton film-film Hollywood, maka kamu akan terbiasa mendengar kata-kata bahasa Inggris dari native speaker yang kurang familiar di telinga kita sebagai orang Indonesia.  

4. Membaca Buku

Kalau kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris ke tingkat yang lebih tinggi, cobalah untuk membaca buku berbahasa Inggris. Jika kamu suka membaca novel, kamu bisa mempelajari banyak kosakata baru dari novel yang menggunakan bahasa Inggris. Biasanya, bahasa yang digunakan pada novel cenderung lebih sulit dengan kosakata yang jarang ditemukan sehari-hari.  

5. Menulis dalam Bahasa Inggris

Setelah belajar membaca dan mendengarkan, kamu juga harus belajar menulis dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mencoba merangkum film yang kamu tonton atau buku yang kamu baca, kemudian dituliskan kembali dengan bahasa Inggris. Setelah selesai menulis, periksa kembali ada berapa kesalahan arti atau cara penulisan dari kalimat yang kamu tulis.  

6. Mendengarkan Lagu dan Coba Tulis Kembali Liriknya

Nah, buat kamu yang sangat hobi mendengarkan lagu bahkan sampai menghafal liriknya, kamu harus mencoba cara asyik untuk belajar bahasa Inggris. Gunakan pendengaran kamu untuk menghafal lirik dari lagu yang didengar tanpa membaca liriknya di internet. Setelah mendengarkan lagu, tuliskan ulang lirik yang kamu dengar di buku catatan atau notes handphone. Nah, kamu bisa menilai sendiri berapa banyak kata yang benar dan yang salah dari hasil yang ditulis.  

7. Mendengarkan Podcast Bahasa Inggris

Saat ini podcast sedang melambung tinggi karena perkembangan zaman yang sudah digital dan membuat podcast mudah dinikmati di mana saja. Memang banyak podcaster di Indonesia yang memiliki konten-konten yang menarik. Namun, apakah kamu tidak tertarik untuk mendengar podcaster luar negeri? Kamu bisa mendapat wawasan baru dari negara luar dan juga mempelajari bahasa Inggris.  

8. Bermain Game Online

Siapa sangka, dari hanya bermain game online kamu juga dapat mempelajari banyak ilmu bahasa Inggris. Ketika kamu bermain game online, kamu akan bertemu dengan player lain dari luar negeri. Apalagi jika kamu bermain game online yang banyak menggunakan komunikasi lisan. Kamu dapat mempelajari aksen-aksen dari negara lain di Asia Tenggara, karena negara-negara di Asia Tenggara memiliki banyak aksen bahasa Inggris yang berbeda-beda.  

9. Latihan Bicara Bahasa Inggris di Depan Cermin

Banyak sekali orang yang tidak percaya diri untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Seperti takut ditertawakan karena masih terbata-bata, salah pengucapan, aksen yang kurang baik, dan beberapa faktor lainnya. Nah, kamu bisa melatihnya dengan berbicara di depan cermin untuk meningkatkan kepercayaan diri. Ulangi terus menerus kalimat dan kosakata yang sering digunakan sehari-hari, sehingga kamu tidak terbata-bata ketika berbicara langsung dengan orang lain.  

10. Cari Tahu Arti Kata/Kalimat yang Tidak Kamu Ketahui di Internet

Jangan lupa untuk selalu sedia Google Translate atau aplikasi translator lainnya di smartphone kamu, sehingga kamu bisa sigap ketika ingin mencari arti kata atau kalimat yang tidak dipahami. Jangan malu untuk melakukannya, karena ini adalah cara yang bagus untuk menambah kosakata yang belum kamu ketahui sebelumnya.  

11. Membaca Kamus untuk Menambah Vocabulary

Tidak cukup apabila hanya mempelajari kosakata dasar yang sering ditemukan sehari-hari, karena kamu bisa saja kesulitan apabila menemukan kosakata yang sangat jarang dari sebuah artikel, jurnal, atau penelitian. Perluas ilmu bahasa Inggris kamu dengan membaca kamus berisi kosakata yang lengkap. Jika kamu ingin lebih spesifik, kamu bisa mempelajari kosakata dari bahasa kedokteran, bahasa ekonomi, bahasa sastra, dan sebagainya.  

12. Chatting dengan Teman Menggunakan Bahasa Inggris

Cara terbaik supaya ilmu bahasa Inggris kamu tidak luntur adalah mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari-hari. Ajak teman-teman atau sahabat terdekat kamu untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Kamu bisa memulainya dari chatting, kemudian kamu bisa membuat sebuah diskusi seru menggunakan bahasa Inggris.  

13. Konsisten Berlatih Setiap Hari

Setelah kamu terbiasa melakukan cara-cara di atas, pastikan kamu selalu konsisten melakukannya setiap hari supaya kemampuan kamu terus meningkat. Usahakan jangan sampai ada satu haripun yang terlewat untuk berlatih, apabila kamu serius ingin mempelajari bahasa Inggris dengan cepat.  

14. Tetapkan Target atau Tujuan Kamu Belajar Bahasa Inggris

Setiap ada proses yang dijalani, pasti selalu ada target atau tujuan yang harus dicapai. Nah, kamu harus menetapkan target supaya untuk mengetahui sejauh apa progres yang sudah dicapai. Jika target kamu ingin melanjutkan pendidikan atau pekerjaan di luar negeri, maka kamu harus belajar lebih giat agar bisa bersaing dengan orang-orang dari negara lain.   

15. Kursus Bahasa Inggris

Sifat orang tidak semuanya sama, pasti banyak orang yang tidak bisa mengaplikasikan cara-cara di atas karena beberapa faktor. Banyak juga orang yang butuh dibimbing dan diberi target oleh orang lain untuk mencapai sesuatu. Jika kamu merasakan hal yang sama, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris untuk mencapai tujuan yang diinginkan.   Bagaimana, tidak sulit kan untuk belajar bahasa Inggris jika mengikuti cara-cara di atas? Asal kamu niat untuk melakukannya, tidak perlu memakan waktu lama hingga kamu menguasai bahasa Inggris dengan lancar. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris ke tingkat yang lebih tinggi, Wall Street English bisa membantu kamu untuk mewujudkannya. Apalagi untuk kamu yang perlu bimbingan dan pengawasan orang lain supaya lebih giat belajar.   Kamu akan dibimbing langsung oleh Native English Trainers, supaya kamu terbiasa mendengar bahasa Inggris dari native speaker untuk mempercepat proses belajar. Di Wall Street English, kamu juga akan mendapatkan sertifikat internasional untuk memudahkan kamu melanjutkan pendidikan atau pekerjaan di luar negeri.   Jangan lewatkan kesempatan ini dan segera bergabung bersama Wall Street English! Selain belajar bahasa Inggris, dijamin kamu akan mendapat banyak benefit untuk masa depan. Yuk daftar sekarang!  

More News

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Solo Travelling!

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Wisata Budaya Terbaik di Dunia

Nov 25, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Pemandangan Alam Terindah!

Nov 24, 2022
Lifestyle

5 Tempat Wisata di Vietnam, Memiliki Keindahan Alam yang Eksotis!

Nov 23, 2022
Lifestyle

10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Korea!

Nov 18, 2022
Lifestyle

Tips Hemat Liburan ke Jepang bagi Pemula

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP