Kolaborasi WSE X Ensipedia Hadirkan Webinar Bertajuk “Cara Berbahasa Inggris yang Baik”

Jan 21, 2022
Share on facebook
Share on twitter

ENSIPEDIA.ID, Jember – Berdasarkan survei tahun 2021, Indonesia dikategorikan sebagai negara dengan kemampuan bahasa Inggris yang rendah dengan menduduki peringkat 80 dari 112 negara.

Pada survei tersebut, Indonesia memperoleh skor 466 poin. Artinya, Indonesia tidaklah lebih baik dalam berbahasa Inggris dibandingkan dengan Ethiopia (491 poin), Pakistan (491 poin), Bangladesh (490 poin), maupun Vietnam dengan skor 486 poin.

Lantas, apa yang menghalangi orang Indonesia untuk bisa berbahasa Inggris dengan baik? Bagaimana cara nya agar bisa belajar berbahasa Inggris dengan efektif dan cepat? Pentingkah berbicara dengan grammar yang sempurna? Simak penjelasannya di bawah ini.

Semua pertanyaan tersebut terjawab pada webinar “Cara Berbahasa Inggris dengan Baik” yang diselenggarakan oleh Wall Street English x Ensipedia. Webinar ini menghadirkan Allan Santiago, center manager dan native trainer dari Wall Street English yang menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas secara tuntas, sekaligus membagikan pengetahuannya dengan cara yang fun dan engaging!

Kesalahan dalam Metode Belajar

Menurut paparan Allan Santiago, mayoritas dari kita belajar bahasa Inggris di sekolah dengan cara menyerap sebanyak-banyaknya ilmu, seperti spons, yang artinya bersifat pasif. Sedangkan untuk dapat berbahasa Inggris dengan baik diperlukan metode belajar yang aktif bukan pasif.

Untuk dapat berbahasa Inggris yang baik juga diperlukan adanya rasa percaya diri pada kemampuan diri kita sendiri. Kemampuan yang dimaksudkan dalam hal ini adalah kemampuan untuk berbahasa Inggris yang baik.

Rasa percaya diri bukanlah suatu hal yang dapat muncul secara tiba-tiba. Mayoritas orang takut untuk menjadi percaya diri dalam melakukan sesuatu dipengaruhi oleh berbagai faktor:

1. Takut dianggap gagal

2. Cemas terhadap diri sendiri dan kemungkinan yang akan terjadi

3. Takut akan reaksi dari orang sekitar

4. Ketakutan akan kegagalan dan pada akhirnya dianggap sebagai orang yang gagal atau bodoh.

Persamaan dari beberapa faktor yang menghalangi sifat percaya diri adalah semuanya berasal dari diri kita sendiri. Allan membagikan sebuah quote yang menggambarkan hal ini :

“The highest mountain you have to climb, is the mountain inside yourself” (“Gunung tertinggi yang harus kamu daki, adalah gunung di dalam dirimu sendiri”)

Cara Belajar Bahasa Inggris yang Efektif dan Cepat

Lantas, bagaimana mengatasi hal tersebut? Berikut tips-tips mengatasinya menurut Allan Santiago:

1. Tentukan tujuanmu. Dengan menentukan tujuan, aktivitas melatih kemampuan, atau apapun itu, maka kita akan memiliki arah dan mendekatkan kita pada tujuan tersebut. Misalnya, kita ingin mahir berbahasa Inggris karena memiliki tujuan untuk bersekolah ke luar negeri atau mendapatkan pekerjaan di perusahaan multinasional. Dengan mahir dalam berbahasa Inggris, maka tujuan tersebut akan semakin dekat dengan apa yang diharapkan

2. Membuat sistem belajar beserta kerangkanya. Misalnya, memutuskan untuk belajar dengan cara bergabung bersama komunitas berbahasa inggris, atau bergabung dengan lembaga kursus bahasa Inggris. Dengan membuat design dan kerangka, maka cara belajarnya akan semakin konkret sehingga hasil belajarnya terlihat. Untuk mengetahui seberapa jauh Anda sudah berkembang dan apa saja yang perlu dilatih dan ditingkatkan, maka dianjurkan untuk membuat sebuah sistem feedback atau umpan balik. Tips yang diberikan Allan untuk hal ini adalah:

• Carilah orang yang ekspert atau ahli di bidangnya.

• Carilah orang yang dekat dengan Anda dan bersedia memberikan feedback yang jujur.

3. Pelajari bagaimana Anda belajar. Dengan mengetahui cara paling efektif bagi diri kita sendiri untuk belajar, maka proses belajar akan lebih menyenangkan dan hasil belajar bisa terlihat lebih cepat.

Jika tips-tips di atas sudah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah dengan latihan, latihan dan latihan

Bolehkah Berbicara Bahasa Inggris Dengan Kemampuan Grammar Terbatas?

Menurut Allan Santiago, jika belum lancar dalam berbahasa Inggris dengan kemampuan grammar yang terbatas, maka diperbolehkan karena tidak peduli apakah bahasa Inggris yang kita ucapkan tersebut memiliki grammar yang tepat, yang terpenting adalah bisa memahami apa yang saling diucapkan.

Allan Santiago berpesan:

“Make the mistake, cause then the more mistakes you make the more failure you have been through, means the more you learn” (“Lakukan kesalahan, karena semakin banyak kesalahan yang Anda buat, semakin banyak kegagalan yang Anda alami, berarti semakin banyak Anda belajar”).

Benefit Mengikuti Webinar WSE x Ensipedia

Berikut adalah beberapa keuntungan yang didapatkan oleh peserta webinar WSE x Ensipedia yang dilaksanakan beberapa hari yang lalu:

1. Tes Penempatan Gratis dengan Standard GSE (Skala Inggris Global)

2. Konsultasi Gratis dengan Konsultan Personal WSE Terbaik*

3. Kelas Percobaan Gratis setelah Konsultasi dengan Pelatih Lokal/Asli.

*Tersedia secara daring

*Semua keuntungan bernilai Rp.1.500.000

 

Source: https://ensipedia.id/edukasi/kolaborasi-wse-x-ensipedia-hadirkan-webinar-bertajuk-cara-berbahasa-inggris-yang-baik/

 

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP