Home News   Ini Dia 20 Universitas Terbaik di Dunia. Mana Pilihanmu?

Ini Dia 20 Universitas Terbaik di Dunia. Mana Pilihanmu?

Jun 4, 2020

Tak terasa musim pendaftaran perkuliahan sudah datang lagi. Siapa saja nih di antara kamu yang sudah menentukan di mana kamu akan melanjutkan jenjang pendidikan? Sudah tahu mau ambil jurusan apa? Sudah siap untuk mengikuti tes masuknya? Di antara yang sudah mantap dalam mengambil keputusan, ada juga beberapa orang yang mungkin masih galau untuk menentukan pilihannya, termasuk kamu.

Baca Juga: Presentasi Bahasa Inggris? Ikuti Tips Suksesnya di Bawah Ini Yuk!

Tawaran dari berbagai universitas memang sangat menggoda, apalagi jika kamu yang ingin mencoba untuk kuliah di luar negeri. Di bawah ini, Wall Street punya beberapa rekomendasi 20 universitas terbaik di dunia yang lokasinya di Asia maupun di luar Asia.

Universitas Terbaik di Luar Asia

Dilansir dari International Education Specialists, ada 10 daftar universitas terbaik di dunia versi tahun 2019 lalu. Di mana saja itu?

#1: University of Oxford, Inggris.

Sudah tidak heran bahwa Oxford measih mendapatkan peringkat pertama dalam universitas terbaik di dunia. Dengan tes masuk yang sangat ketat dan sulit, Oxford masih menjadi rebutan calon mahasiswa di seluruh dunia. Jika kamu ingin mencoba berkuliah di Oxford, ada 14 pilihan fakultas yang bisa kamu pertibangkan.

  • Fakultas Pertanian dan Kedokteran Hewan
  • Fakultas Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan
  • Fakultas Arsitektur Pembangunan
  • Fakultas Bisnis dan Manajemen
  • Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain
  • Fakultas Pendidikan dan Pelatihan
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Perawatan Diri dan Kebugaran Jasmani
  • Fakultas Kedokteran dan Kesehatan
  • Fakultas Humaniora
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Master of Business Administration (MBA)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Media

#2: University of Cambridge, Inggris.

Masih dari Inggris, University of Cambridge juga meraih nomor 2 sebagai universitas terbaik di dunia. Di bawah ini adalah beberapa fakultas pilihan yang ada di University of Cambridge yang bisa kamu timbang-timbang.

  • Fakultas Arsitektur dan Sejarah Seni
  • Fakultas Asia dan Studi Timur Tengah
  • Fakultas Classics
  • Fakultas Divinity
  • Fakultas Bahasa Inggris
  • Fakultas Modern dan Abad Bahasa
  • Fakultas Musik
  • Fakultas Filsafat
  • Fakultas Manusia, Ilmu Sosial, dan Politik (Hsp)
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Biologi
  • Fakultas Kedokteran Hewan

#3: Stanford University, Amerika Serikat.

Jika kamu tidak mau berkuliah di Inggris, kamu bisa memilih salah satu universitas terbaik di Amerika Serikat, yaitu Standford University. Berbeda dengan perguruan tinggi lain yang memiliki dua kampus atau lebih, Stanford University hanya memiliki satu kampus dengan 7 fakultas top, yaitu Fakultas Humaniora dan Sains, Fakultas Hukum, Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Bumi, Fakultas Pendidikan, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teknik.

#4: Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat.

Jika kamu sangat tertarik dalam dunia sains dan insinyur, MIT merupakan salah satu universitas yang bisa jadi pilihan. Jurusan Teknik dan Komputer menjadi program paling populer di jenjang S1. MIT memiliki alumni-alumni hebat dan sangat berpengaruh, beberapa di antaranya adalah astronot Buzz Aldrin, mantan Sekjen PBB Kofi Annan serta fisikawan Richard Feynman.

universitas terbaik di dunia

#5: California Institute of Technology (Caltech), Amerika Serikat.

California Institute of Technology atau biasa disebut sebagai Caltech merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang cukup tekenal di dunia. Perguruan tinggi yang terletak di Pasadena, California ini berfokus pada ilmu alam dan teknik ini sangat terkenal lho dalam bidang penelitian dan riset. Bahkan pada tahun 1934, Caltech terpilih menjadi anggota Asosiasi Universitas Amerika dan menjadi pendahulu Jet Propulsion Laboratory NASA.

Apa saja program yang ditawarkan oleh Caltech? Biology and Biological Engineering (BBE), Chemistry and Chemical Engineering (CCE), Enggineering and Applied Science, Geological and Planetary Sciences (GPS), Physics, Mathematics and Astronomy (PMA), dan Humanities and Sciences (HSS).

Baca Juga: Cara Membuat Essay Dalam Bahasa Inggris yang Baik

#6: Harvard University, Amerika Serikat.

Harvard University memilki 9 fakultas ternama, antara lain: Harvard Faculty of Arts and Sciences, Harvard Medical School, Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Bussiness School, Harvard Graduate School of Design, Harvard Graduate School of Education, Harvard School of Public Health dan Kennedy School of Government. Jika Harvard merupakan salah satu impian kamu untuk berkuliah, kamu bisa juga coba jalur beasiswa di Indonesia. Beberapa penyedia jalur beasiswa untuk ke Harvard adalah: Sampoerna Foundation, Rajawali Foundation, LPDP, dan juga World Bank Scholarships Program.

#7: Princeton University, Amerika Serikat.

Kampus yang terletak di Princeton, New Jersey, ini memiliki bidang terkenal yakni arsitektur, teknik, dan urusan internasional. Princeton juga merupakan salah satu universitas riset terkemuka di dunia dengan koneksi ke lebih dari 40 pemenang Nobel, 17 pemenang National Medal of Science, dan lima penerima National Humanities Medal. Fisikawan Richard Feynman dan Robert Hofstadter dan ahli kimia Richard Smalley dan Edwin McMillan adalah alumni terkemuka yang meraih penghargaan Nobel tersebut.

#8: Yale University, Amerika Serikat.

Yale University adalah universitas riset Ivy League swasta yang merupakan lembaga pendidikan tinggi tertua ketiga di AS. Yale juga merupakan universitas pertama di AS yang memberikan gelar PhD, pada tahun 1861. Universitas ini terdiri dari 14 sekolah, dan siswa mengikuti kurikulum seni liberal, yang mencakup humaniora dan seni, ilmu pengetahuan dan ilmu sosial sebelum memilih jurusan departemen. Di kampus ini ada mata kuliah unik yakni Psychology and The Good Life. Mata kuliah yang disebut juga sebagai Kelas Kebahagiaan ini menjadi kelas favorit di Yale yang menghadirkan 1.200 mahasiswa.

#9: Imperial College London, Inggris.

Kampus gitaris Queen Brian May ini memiliki sekitar 15.000 siswa dengan fokus pada empat bidang utama: Sains, Teknik, Kedokteran, dan Bisnis. Kampus utama yang terletak di Kensington selatan ini merupakan pusat penelitian biomedis utama dan pusat sains kesehatan akademis pertama di Britania Raya.

#10: University of Chicago, Amerika Serikat.

Nomor 10 universitas terbaik di dunia diraih oleh University of Chicago yang terletak di Amerika Serikat. Universitas ini sudah banyak memberikan gebrakan-gebrakan terbaru yang sangat berpengaruh di dunia. Beberapa contohnya adalah menemukan hubungan antara kanker dan genetika, membangun teori ekonomi revolusioner, dan mengembangkan alat untuk menghasilkan sekolah perkotaan yang andal dan andal. Lulusan dari kampus ini tak perlu khawatir. Sebab, universitas menawarkan 1,300 lowongan magang berbayar melalui layanan pengembangan karir.

Universitas Terbaik di Asia

Merasa terlalu jauh untuk pergi ke Amerika atau Inggris? Tidak usah khawatir! Banyak juga universitas terbaik di Asia yang bisa kamu kunjungi. Soal mutu jangan diragukan lagi, karena universitas-universitas ini memiliki kualitas yang mumpuni. Di mana saja universitas terbaik di Asia?

  1. Nanyang Technological University (NTU), Singapura
  2. National University of Singapore (NUS), Singapura
  3. Tsinghua University, China
  4. Peking University, China
  5. The University of Tokyo, Jepang
  6. The University of Hong Kong, Hong Kong SAR
  7. The Hong Kong University of Science and Technology, Hong Kong SAR
  8. Kyoto University, Jepang
  9. Seoul National University, Korea Selatan
  10. Fudan University China, China

Itu dia beberapa pilihan universitas terbaik di dunia baik di Asia maupun di luar Asia. Apakah kamu sudah menentukan pilihanmu? Apapun pilihanmu, salah satu persiapan wajib yang harus dilakukan adalah belajar bahasa asing khususnya bahasa Inggris. Apalagi jika kamu memilih untuk berkuliah di negara yang menggunakan bahasa Inggris. Sekarang ini, belajar bahasa Inggris semakin mudah dan efisien lho!

Salah satu caranya adalah dengan mengikuti program WSE GO (Wall Street English Goes Online) yang dapat disesuaikan dengan waktumu. Dengan native speaker berpengalaman, pengajaran akan lebih efektif. Mau tahu info lebih lanjut? Klik di sini

Baca juga artikel menarik lainnya

Adverb dalam Bahasa Inggris: Definisi, Fungsi, dan Contohnya

Sep 30, 2020

Apa yang kamu tahu mengenai adverb? Secara sederhana adverb digunakan untuk menjelaskan atau memberikan tambahan…

Dongeng Bahasa Inggris Singkat 3-5 Menit untuk Anak Terbaru

Sep 30, 2020

Tahukah moms bahwa dongeng bahasa Inggris merupakan cara termudah untuk mengenalkan bahasa Inggris kepada anak?…

Reported Speech: Pengertian dan Contoh dalam Bahasa Inggris

Sep 29, 2020

Masih ingat dengan kalimat langsung dalam bahasa Inggris? Kalimat langsung merupakan kalimat atau perkataan yang…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami