7 Layanan Terjemahan Bahasa Inggris Indonesia Paling Akurat

Dec 19, 2020

Di era yang serba digital dan modern ini, mungkin kamu sudah sangat jarang digunakan untuk menerjemahkan kata Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.

Sekarang ini pasti kita sangat berteman baik dengan situs-situs atau layanan penerjemah yang sangat mudah diakses. Dengan sekali ketik, kamu bisa tahu apa arti dari sebuah kata asing.

Tak hanya itu, bahkan sekarang hanya dengan difoto saja, kita bisa mengetahui apa maksud dari kata yang tidak kita mengerti. Apa saja sih situs atau layanan yang menyediakan layanan terjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia?

1. Google Translate

Bisa dikatakan Google Translate merupakan teman baik kita semua. Selain ada websitenya, Google Translate juga memiliki bentuk aplikasi yang bisa diunduh di smartphone berbasis iOS dan Android.

Tak hanya dalam bahasa Inggris, Google Translate juga memiliki hampir seluruh bahasa yang ada di dunia atau setidaknya total 109 bahasa yang tersedia, lho!

Layanan yang sudah berdiri sejak 2006 silam memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan kata lewat foto bahkan suara.

Pengguna tak perlu lagi mengetik kata yang ingin diterjemahkan, tinggal klik icon perekam suara dan Google akan otomatis merekam. Fitur ini biasanya digunakan oleh para traveller untuk berkomunikasi dengan masyarakat sekitar saat sedang mengunjungi luar negeri.

2. Bing Translator

Jika tadi adalah layanan yang dikembangkan oleh Google, berikutnya ada Bing Translator yang dikembangkan oleh Microsoft. Fitur Bing mampu menerjemahkan hingga 5.000 karakter, tersedia dalam 60 bahasa, dan dilengkapi dengan fitur pendeteksi otomatis.

Apa fungsinya pendekteksi otomatis? Fungsinya adalah untuk mempermudah pengguna dalam mengetahui bahasa asli teks sebelum diterjemahkan ke bahasa lain.

Bing Translator bisa diunduh ke dalam smartphone yang berbasis iOS dan juga Android. Ia juga bisa diakses menggunakan offline mode sehingga tak perlu kuota banyak untuk menggunaka aplikasi ini. Fitur ini juga bermanfaat jika kamu tidak memiliki jaringan yang baik saat sedang jalan-jalan.

Baca juga: Bentuk -ing: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaan Kalimatnya

3. Yandex Translate

Sudah pernah menggunakan situs ini? Atau malah belum familiar? Yandex Translate bisa kamu coba untuk menerjemahkan bahasa asing ke Bahasa Indonesia.

Sampai saat ini, Yandex Translate tersedia dalam 94 bahasa dan dapat menerjemahkan bahasa sampai batas maksimal 10.000 kata.

Yandex Translate juga dibekali dengan fitur menarik, seperti voice input, on screen keyboard dan auto spelling untuk memperbaiki tulisan yang typo. Hampir mirip dengan Google, Yandex juga bisa menerjemahkan bahasa asing lewat sebuah gambar.

4. iTranslate

iTranslate yang merupakan penyedia jasa penerjemah bahasa asal negara Austria yang didirikan sejak 2009 silam dan mampu menerjemahkan setidaknya 80 bahasa asing.

iTranlsate berbentuk aplikasi sehingga kamu bisa mengunduhnya di smartphone secara gratis. Tampilan yang dimiliki aplikasi ini cukup sederhana dan rapi sehingga tidak akan membingungkan para pengguna. iTranslate juga bisa digunakan dalam mode offline sehingga pengguna tidak perlu mengaksesnya dengan jaringan internet.

Baca juga: Kosa Kata Bahasa Inggris Anggota Keluarga Beserta Artinya

5. Oxford Dictionaries

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan kamus Oxford yang mungkin pada zaman dahulu selalu menemani kita lewat bentuk kamus dan selalu ada di tas sekolah.

Walaupun sekarang Oxford Dictionaries dalam bentuk cetak masih eksis, kini mereka berkembang mengikuti zaman dengan membuat versi digitalnya.

Dengan tampilan situs yang simple, pengguna dengan mudah mengakses dan mengetik kata yang ingin diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan sebaliknya.

Tak hanya diterjemahkan, Oxford juga akan memberikan deskripsi yang jelas mengenai kata yang dicari. Selain sebagai translator, layanan ini juga memiliki fitur-fitur tambahan seperti tips penulisan dan peribahasa.

6. Sederet

Jika dari tadi kita melihat situs translator dari luar negeri, kini Indonesia juga sudah mengembangkan situs layanan terjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia bernama Sederet.

Tak hanya sebatas sebagai translator, Sederet juga memiliki blog khusus yang berisi mengenai edukasi Bahasa Inggris mulai dari grammar, tips belajar, sampai juga tata cara dalam mengikuti TOEFL.

Sederet bisa dikatakan sebagai one stop solution untuk para penggunanya karena memiliki konten yang lengkap untuk mengembangkan skill Bahasa Inggris.

7. DeepL Translator

Masih belum familiar dengan situs layanan penerjemah bernama DeepL Translator? Situs ini bisa jadi salah satu alternatif jika kamu ingin menggunakan terjemahan Bahasa Inggris.

Situs ini bisa dikatakan satu level lebih tinggi dari situs-situs translator di atas karena DeepL bisa melakukan terjemahan dalam bentuk dokumen.

Pengguna hanya tinggal mengunggah dokumen dalam format .doc atau .ppt dan otomatis akan langsung diterjemahkan ke dalam bahasa yang dipilih.

Sampai saat ini DeepL baru bisa menerjemahkan ke dalam sembilan bahasa, di antaranya Bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Portugal, Italia, Belanda, Polandia, dan Rusia.

Baca juga: Contoh Undangan Pernikahan dalam Bahasa Inggris yang Unik

Itu dia 7 situs dan aplikasi layanan terjemahan bahasa Inggris atau bahasa lainnya yang bisa kamu coba. Walaupun dinilai akurat, kamu tak boleh lengah dengan mempercayai 100% terjemahan yang dilakukan oleh komputer.

Kamu tetap harus memeriksanya secara manual untuk menghindari kesalahan arti yang dapat berakibat fatal. Untuk bisa mengecek secara manual, kamu perlu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris lewat WSE GO (Wall Street English Goes Online) yang efisien dan mudah.

Kamu bisa memulai juga dengan mengetahui level Bahasa Inggris kamu. Yuk, isi kuis di bawah ini agar tahu tingkat kemampuan Bahasa Inggris kamu!

More News

Aug 7, 2023
Lifestyle

7 Tips Meningkatkan Profesionalisme Kerja

Aug 4, 2023
Lifestyle

Tips Public Speaking dalam Bahasa Inggris dengan Percaya Diri

Jul 31, 2023
Lifestyle

7 Alasan Mengapa Kamu Perlu Ikut Workshop Public Speaking

Jul 27, 2023
Lifestyle

Merayakan Pengembangan Diri Melalui Bahasa Inggris di National Conference Kami

Jul 12, 2023
Lifestyle

Dukungan Wall Street English Indonesia untuk Abang None Jakarta Timur 2023

Jul 6, 2023
Lifestyle

Apa Itu Elevator Pitch dan Apa Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari?

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • ✓ Valid number ✕ Invalid number
    Pastikan nomor telepon Anda tersambung dengan aplikasi WhatsApp
    ✓ Valid number ✕ Invalid number

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP