Pentingnya Kelancaran Berbahasa Inggris

Jul 23, 2019

Siapa yang tidak ingin lancar berbahasa Inggris? Semua orang menginginkannya, tetapi tidak semua orang mengetahui bagaimana cara untuk meraihnya dengan efektif dan efisien. Di Wall Street English sendiri, berbahasa Inggris dengan lancar dan percaya diri merupakan tujuan utama dari sebagian besar member kami. Oleh karena itu, tim riset WSE melakukan penelitian lebih lanjut mengenai kelancaran dalam berbahasa Inggris, khususnya peran para trainer dalam membantu member kami menjadi lebih lancar berbahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Maksud Dan Tujuan

Penelitian singkat ini dilakukan oleh tim riset WSE terhadap sampel yang diambil dari para staff dan member WSE sendiri. Berikut ini beberapa pertanyaan yang diharapkan dapat terjawab melalui hasil penelitian ini:

  1. Seperti apa tingkat kelancaran berbahasa Inggris yang diraih member WSE?
  2. Apakah para tenaga pengajar berpikir bahwa lancar berbahasa Inggris merupakan sesuatu yang berguna bagi para member?
  3. Apakah para trainer cukup percaya diri dengan nilai kelancaran berbahasa Inggris yang mereka berikan kepada para member?
  4. Apakah para trainer memperhitungkan tingkat kelancaran berbahasa Inggris para member berdasarkan level mereka saat memberikan nilai tersebut?

Penelitian Awal

Semua member WSE, mulai dari tingkat beginner hingga advanced, diwajibkan untuk mengambil kelas Encounter di akhir unit pembelajaran online mereka. Pertama-tama, kami menganalisa nilai kelancaran dalam jumlah besar (rata-rata 10,700 nilai per tingkat) yang tersebar ke dalam sekitar 80 kelas Encounter untuk melihat pola yang ada. Kemudian, kami menyebarkan kuesioner untuk para trainer yang terlibat dalam kelas Encounter di Itali dan China untuk mengetahui pendapat mereka tentang pertanyaan-pertanyaan di atas dan bagaimana saran mereka untuk meningkatkan kelancaran berbahasa Inggris para member mereka.

Dari penelitian awal tersebut, kami memperoleh hasil bahwa tingkat kelancaran berbahasa Inggris para member WSE cukup tinggi, yaitu 3.16/4 atau 79%. Meski demikian, tingkat kelancaran berbahasa Inggris mereka cenderung meningkat seiring dengan tingkatan pembelajaran mereka: mulai dari 75% untuk para member tingkat Survival, hingga 83% untuk mereka yang berada di tingkat Mastery. Hal ini berarti para tenaga pengajar kami cenderung memberikan nilai yang absolut ketimbang nilai yang memperlihatkan perbandingan tingkat kelancaran berbahasa Inggris mereka dengan standar berdasarkan tingkat mereka saat ini.

Figure 1.0

Hasil Penelitian Terhadap Para Trainer

Dari hasil penelitian terhadap para trainer, kami mendapatkan 5 hal berikut ini:

  1. Para trainer beranggapan bahwa skor kelancaran berbahasa Inggris berguna bagi para member: sebanyak 87% setuju.
  2. 93% dari para trainer beranggapan bahwa mereka dapat menilai kelancaran para membernya dengan baik. Hal ini berdampak positif, meskipun hasil analisa skor kelancaran mengisyaratkan bahwa kami perlu membantu para trainer dalam memberikan penilaian berdasarkan tingkatan para member.
  3. 84% dari para trainer beranggapan bahwa tingkat kelancaran dan keakuratan bahasa Inggris merupakan dua hal yang berbeda (i.e. seseorang bisa saja akurat tetapi tidak lancar, atau lancar tetapi tidak akurat dalam berbahasa Inggris).
  4. Kami juga menanyakan: Apakah tingkat kelancaran berkembang seiring dengan kemampuan berbahasa Inggris? (Dengan kata lain, apakah member pada tingkat yang lebih tinggi lebih lancar dibandingkan dengan pemula?). Hanya 10% dari trainer kami yang tidak setuju. Hal ini menjelaskan mengapa skor kelancaran berbanding lurus dengan tingkat pembelajaran, seperti contoh diatas.
  5. Kami juga bertanya pada para trainer kami: Apakah kamu pernah memberikan skor kelancaran berbahasa Inggris yang tinggi kepada member tingkat pemula? 19% dari para trainer berkata tidak pernah – serupa dengan 16% yang menyatakan bahwa kelancaran dan keakuratan memiliki korelasi yang erat (poin 3).

Saat kami menanyakan kepara para trainer mengenai saran apa yang dapat mereka berikan kepada para member untuk meningkatkan kemampuan pelafalan mereka, ada beberapa ide menarik yang mereka kemukakan:

  • Berbicara langsung, tanpa terlalu banyak berpikir untuk menghindari kesalahan.
  • Jangan menerjemahkan ke dalam bahasa Inggris terlebih dahulu sebelum berbicara.
  • Berlatih berbicara sebanyak mungkin, dengan penutur asli jika memungkinkan. Jika tidak, kamu dapat berbicara dengan bahasa Inggris di rumah bersama keluarga, dengan teman, atau di komunitas tertentu.

Kesimpulan

Jadi, apa yang dapat kita simpulkan dari semua ini? Berikut ini beberapa hal yang dapat kita ambil faedahnya:

  • Dalam melatih trainer, kita perlu membantu mereka khususnya trainer baru untuk mengerti apa yang diharapkan dari para member dengan tingkat yang berbeda-beda dalam hal kelancaran. Hal ini akan membantu para member untuk mendapatkan gambaran yang akurat mengenai perkembangan mereka terhadap tujuan mereka.
  • Kami akan meningkatkan instruksi kepada para trainer untuk memudahkan mereka menilai tingkat kelancaran berbahasa Inggris para member.
  • Kami akan terus meningkatkan sarana yang kami berikan kepada para trainer sehingga mereka dapat memberikan saran yang relevan dan personal mengenai bagaimana cara mereka untuk meningkatkan kelancaran berbahasa Inggris mereka.

Oleh karena itu, kelancaran merupakan hal yang penting dalam mempelajari bahasa Inggris dan kami di WSE akan selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk mendukung para member kami mampu mencapai tingkat kelancaran berbahasa Inggris yang baik.

More News

Aug 7, 2023
Lifestyle

7 Tips Meningkatkan Profesionalisme Kerja

Aug 4, 2023
Lifestyle

Tips Public Speaking dalam Bahasa Inggris dengan Percaya Diri

Jul 31, 2023
Lifestyle

7 Alasan Mengapa Kamu Perlu Ikut Workshop Public Speaking

Jul 27, 2023
Lifestyle

Merayakan Pengembangan Diri Melalui Bahasa Inggris di National Conference Kami

Jul 12, 2023
Lifestyle

Dukungan Wall Street English Indonesia untuk Abang None Jakarta Timur 2023

Jul 6, 2023
Lifestyle

Apa Itu Elevator Pitch dan Apa Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari?

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • ✓ Valid number ✕ Invalid number
    Pastikan nomor telepon Anda tersambung dengan aplikasi WhatsApp
    ✓ Valid number ✕ Invalid number

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP