Home Lifestyle   Video Lucu di Internet Baik untuk Kesehatan? Apakah Betul?

Video Lucu di Internet Baik untuk Kesehatan? Apakah Betul?

Jul 7, 2020

Pernahkah kamu merasa sangat lelah baik fisik dan mental akibat banyaknya berita negatif yang kamu lihat di media? Jika iya, mungkin kamu bisa melakukan detoks sosmed yang kerap kali dilakukan oleh orang-orang. Detoks sosmed dipercaya ampuh untuk mengembalikan tenaga dan pikiran di dalam diri ita agar kita merasa lebih baik. Namun, jika kamu masih butuh sosial media baik untuk keperluan pekerjaan atau hal lainnya, kamu bisa melakukan filter mandiri dari konten yang ingin kamu lihat.

Baca juga: Manfaat Meditasi bagi Keseharian Kamu yang Sibuk

Jika kamu lelah dengan berita negatif, mungkin kamu bisa alihkan konten-konten tersebut ke hal yang lebih menyenangkan, seperti video lucu. Banyak sosial media atau akun khusus yang mendedikasikan kontennya untuk mengupload video-video lucu yang mengundang tawa. Apakah video lucu yang beredar memiliki manfaat secara ilmiah bagi kesehatan mental?

Manfaat Menonton Video Lucu

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rutin menonton video lucu. Di antaranya adalah:

Meningkatkan kesehatan mental

Video apa sih yang biasanya bisa membuat pikiranmu lebih segar? Video hewan yang bertingkah lucu? Ternyata ada sebuah studi yang diterbitkan oleh American Psychological Association (APA), menunjukkan bahwa hewan peliharaan dapat menjadi sumber dukungan sosial dan emosional bagi manusia. “Secara khusus, orang yang memiliki hewan peliharaan lebih percaya diri, bugar secara fisik, cenderung lebih tidak kesepian, lebih berhati-hati, berpengetahuan luas, tidak takut, dan cenderung lebih sibuk dibanding yang tidak memiliki binatang peliharaan,” jelas Allen R. McConnell, PhD, ketua penelitian dari Miami University di Ohio.

Nah, jika kamu tidak punya peliharaan di rumah, kamu bisa menggantikannya dengan mengamati tingkat para hewan lewat video. Dengan melihat tingkah laku mereka kamu juga tetap akan merasa bahagia dan akan mengurangi kadar stres. Pikiran dan mental yang bahagia akan mempengaruhi lingkungan dan pekerjaan yang kamu lakukan.

Berpikir positif

Mindset kita sangat dipengaruhi oleh apa yang kita lihat. Jika kamu melihat berita atau konten yang negatif, secara tidak sadar akan mempengaruhi cara berpikir kamu. Jangan sampai cara berpikir kamu menjadi negatif yang bisa merembet ke masalah kesehatan. Agar pikiranmu menjadi lebih jernih, video-video lucu ini bisa menjadi salah satu asupan penyemangat setiap hari. Tak melulu harus video hewan yang lucu, kamu bisa mencari video lucu sesuai dengan preferensimu.

Video lucu mempengaruhi mood

Selain mempengaruhi mindset, mood juga bisa berubah dari konten yang kita cerna. Pastinya kamu tidak mau kan merasa gloomy sepanjang hari akibat konten di internet yang negatif? Video-video yang lucu atau menginspirasi bermanfaat untuk menjaga kestabilan mood kamu. Perasaan tertekan dan cemas akan perlahan hilang berkat video-video lucu yang kamu tonton.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Stres Kerja yang Bisa Kamu Lakukan

Tertawa jadi terapi alami

video lucu

Pernahkah kamu menjadi lupa atas masalah dan situasi yang kamu hadapi setelah tertawa menonton video? Sebuah studi menyatakan bahwa tertawa merupakan obat alami untuk tubuh manusia. Tertawa juga bisa mempengaruhi kesehatan mental bahkan fisik seseorag lho! Zat norepinephrine, dopamine, dan serotonin yang ada di otak akan otomatis meningkat jika kita banyak-banyak tertawa. Zat-zat ini akan mempengaruhi mood serta kesehatan mental pada manusia. Ada beberapa manfaat dari tertawa yang baik untuk kesehatan. Di antaranya adalah:

  • Meningkatkan imun tubuh.
  • Menurunkan hormon stres.
  • Mengurangi rasa sakit.
  • Mencegah risiko sakit jantung.
  • Mengurangi rasa cemas.

Selain bermanfaat untuk diri sendiri, ternyata tertawa juga memiliki pengaruh baik terhadap lingkungan sosial kita. Apa saja itu?

  • Merekatkan hubungan sosial.
  • Meningkatkan hubungan kerjasama.
  • Mengurangi adanya konflik.
  • Mempromosikan keeratan hubungan satu dengan yang lain.

Baca juga: Bosan di Rumah? Simak 5 Cara di Bawah Ini untuk Mengatasinya

Selain menonton video yang lucu, banyak juga cara-cara lainnya untuk membuat kamu tertawa. Saling melempar candaan, melakukan hal-hal lucu bersama sahabat, bahkan sekadar makan bareng dengan teman terdekat pun bisa membuat perasaan jauh lebih bahagia. Ada juga sebagian orang yang merasa bahagia jika mereka mendapatkan ilmu baru alias belajar.

Beberapa orang melepas stres dengan mempelajari hal baru atau bahkan ikut kursus online. Jika kamu termasuk dari orang-orang tersebut, mungkin program WSE GO (Wall Street English Goes Online) bisa jadi salah satu solusinya. Kamu tetap bisa beristirahat di rumah sambil menyalurkan tenaga kamu dengan belajar bahasa Inggris.

Baca juga artikel menarik lainnya

5W+1H dalam Pertanyaan Bahasa Inggris, Bagaimana Penempatannya?

Aug 7, 2020

5W+1H merupakan singkatan dari who, where, when, what, why, dan how. Sama seperti dalam bahasa…

As If dan As Though: Bagaimana Cara Penggunaannya?

Aug 6, 2020

Sama seperti bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris pun ada beberapa kata sambung yang bisa digunakan…

20 Idiom Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

Aug 5, 2020

Sudah pernah mendengar istilah idiom? Idiom merupakan rangkaian kata berupa ungkapan yang kata-katanya tidak bisa…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami