Home Lifestyle   Tips Menghemat Pengeluaran untuk Mengumpulkan Dana Darurat

Tips Menghemat Pengeluaran untuk Mengumpulkan Dana Darurat

Sep 7, 2020

Salah satu hal yang paling sulit dilakukan, terutama di usia muda, adalah menghemat pengeluaran. Walaupun banyak yang masih belum menghemat pengeluaran di usia tua, di usia muda berhemat lebih sulit karena godaannya banyak dan tanggung jawab belum ada. Sementara di usia tua, tanggung jawab yang menumpuk mau tidak mau akan memaksa kita berhemat.

Menghemat pengeluaran penting karena kita harus mengumpulkan dana darurat. Dana darurat adalah dana yang hanya akan kita gunakan di situasi yang tidak terduga. Contohnya ketika masuk rumah sakit, kendaraan bermasalah, atau terkena PHK. Semuanya membutuhkan dana darurat supaya kondisi finansial tetap aman.

Berikut beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk menghemat pengeluaran demi mengumpulkan dana darurat.

Menghemat Pengeluaran dengan Mengurangi Nongkrong

Sebaiknya sih tidak usah nongkrong sama sekali kalau ingin hemat. Tapi bersosialisasi dengan teman adalah salah satu kebutuhan yang harus kita penuhi. Jadi, cobalah cari tempat nongkrong yang bersahabat dengan dompet.

Pesan Minum Tapi Jangan Pesan Makan

Kalau kebetulan kamu harus nongkrong di tempat yang agak pricey, hindari memesan makanan kalau ingin menghemat pengeluaran. Dengan begitu, kamu tetap ikut nongkrong, dan kamu tetap menambah pundi-pundi dana darurat.

Sebisa Mungkin, Hindari Kartu Kredit

Kartu kredit sebenarnya sangat menguntungkan jika digunakan dengan baik. Kamu bisa mendapatkan bonus yang jumlahnya lumayan. Tapi kalau tujuan kamu memang menghemat pengeluaran, dan kartu kredit rasanya akan mengganggu, sebaiknya dihindari saja.

menghemat pengeluaran 1

Selalu Evaluasi Niat Belanja

Maksudnya, selalu pikirkan kembali apakah barang yang ingin dibeli itu benar-benar dibutuhkan atau tidak. Atau cuma karena ingin saja? Mengevaluasi lagi niat belanja bisa menyelamatkan kamu dari penyesalan.

Tetapkan Anggaran Bulanan dan Jangan Melanggar

Mulai sekarang, tetapkan anggaran untuk semua pengeluaranmu. Tentukan berapa untuk makan, berapa untuk jajan, berapa untuk kiriman ke orang tua, dan berapa untuk dimasukkan ke dana darurat. Jadikan anggaran tersebut aturan yang harus kamu patuhi.

Menabung di Awal Bulan

Karena kamu sudah punya anggaran tetap, maka tidak masalah kan kalau kamu harus menabung di awal bulan? Ketika gajian tiba, langsung transfer beberapa persen ke rekening dana darurat. Kalau akhir bulan ada sisa, bisa juga dijadikan tambahan.

Analisa Pengeluaran Beberapa Bulan Terakhir

Kalau kamu rajin mencatat pengeluaran, maka ini akan sangat mudah untuk dilakukan. Tapi kalau tidak ada, mengandalkan ingatan saja juga tidak masalah. Cari tahu di mana kamu paling sering menghabiskan uang, lalu kurangi pengeluaranmu di sana.

Ganti Kebiasaan yang Mahal dengan yang Murah

Kalau kamu biasanya minum kopi 50.000-an untuk bisa survive menjalani hari di kantor, coba ganti kopi tersebut dengan yang lebih murah. Semua orang punya kebiasaan mahal masing-masing, jadi kamu harus cari tahu mana kebiasaan yang biayanya bisa dikurangi.

Cari tahu cara efektif untuk menghemat pengeluaran bersama Halofina. Agar bikin rencana bukan cuma wacana!

Baca juga artikel menarik lainnya

Adjective Clause: Definisi, Rumus, dan Contoh Penggunaannya

Sep 19, 2020

Pastinya kamu sudah familiar dengan istilah adjective kan? Adjective merupakan kata lain dari kata sifat…

Noun Phrase: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Sep 18, 2020

Seperti yang sudah kamu tahu, noun merupakan kata benda dalam bahasa Inggris. Namun, ada istilah…

Analytical Exposition – Definisi, Struktur, Rumus, dan Contohnya

Sep 17, 2020

Blog merupakan salah satu media yang digunakan oleh orang lain untuk mengutarakan opininya. Bahkan banyak…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami