Home Lifestyle   Tips Menabung Untuk Mengatur Keuangan di Tengah Pandemi

Tips Menabung Untuk Mengatur Keuangan di Tengah Pandemi

Jun 5, 2020

Di saat pandemi seperti ini, mengatur keuangan sangat penting. Hal ini dikarenakan banyak yang terkena dampak seperti PHK ataupun pengurangan gaji. Kemudian di saat seperti ini, menabung sangat perlu untuk menyiapkan biaya yang tidak terduga. Nah, Wall Street akan berbagi tips menabung yang ampuh untuk kamu terapkan sebagai sistem menabung kamu!

Baca Juga: Meeting Online: Bagaimana Cara Membuatnya Lebih Efektif?

Prinsip Dalam Menabung

Sebelum kamu mengetahui tips menabung, kamu perlu mengetahui dulu prinsip dalam menabung. Terdapat 4 prinsip dalam menabung menurut Nerd Wallet. Keempat prinsip ini akan menjadi pedoman kamu saat menabung, berikut penjelasannya:

1. Mental Inventory

Jika kamu ingin mulai menabung, mulai untuk mendata keuangan kamu dan menyadari secara mental apakah pengeluaran kamu diperlukan?

Jadi selain menyadari secara matematika jumlah pengeluaran, kamu perlu bertanya kepada diri kamu saat melakukan pengeluaran. “Apakah ini berlebihan?”, “apakah pemasukkan cukup untuk membeli ini?”. Dengan menanamkan secara mental mengenai pengeluaran dan pemasukan, kamu akan lebih mindfull dalam mengeluarkan uang.

2. Manajemen Keuangan 

Ketika kamu memiliki pemasukan, apa hal yang kamu lakukan? Langsung membayar tagihan? Menabung? Atau habiskan saja? Nah, mempunyai manajemen keuangan merupakan prinsip yang penting.

Sehingga ketika kamu menerima pemasukan, kamu tahu hal-hal apa yang harus kamu dahului. Kamu pun juga bisa melacak pengeluaran kamu jika memiliki catatan jelas mengenai pengeluaran. Menerapkan prinsip manajemen keuangan juga membantu kamu menemukan cara menabung yang benar.

3. Buat Sebuah Kebiasaan

Prinsip yang ketiga ini melatih kamu untuk membangun sebuah kebiasaan untuk menabung. Ketika kamu sudah mempunyai ritme untuk menabung, jadikan hal itu sebuah kebiasaan. Jadikan menabung hal yang kamu lakukan pertama kali setiap kamu memiliki pemasukan setiap bulannya.

4. Konsisten

Banyak yang menjadikan nabung sebagai beban melalui cara menabung dengan jumlah yang terus meningkat. Nah, kamu harus memiliki prinsip konsisten ini. Teruskan dulu untuk menabung dengan jumlah yang sama dalam beberapa waktu. Jika kamu memiliki pemasukan yang meningkat, di saat itulah kamu mulai meningkatkan jumlah tabungan.

Tips Menabung

Tips Menabung yang Ampuh

#1 Rekam Pengeluaran

Memiliki catatan pengeluaran sangat penting! Tips menabung yang satu ini akan membantu kamu mengetahui apa saja yang menjadi pengeluaran kamu. Nah, dengan catatan tersebut kamu bisa mulai memisahkan pengeluaran mana yang harus menjadi prioritas.

Rekam pengeluaran juga dapat membantu kamu melacak kemana saja uang kamu pergi saat masuk akhir bulan.

#2 Tentukan Jumlah Tabungan

Ketika kamu sduah memiliki catatan pengeluaran, kamu pun bisa menentukan jumlah tabungan kamu. Pisahkan dulu kebutuhan-kebutuhan pokok kemudian lihat sisa uang yang kamu punya. Jumlah tabungan yang ideal adalah 10-15 % dari pemasukan kamu per bulan.

#3 Temukan Cara untuk Kurangi Pengeluaran

Jika tips menabung nomor 1 dan 2 sudah dilakukan, kamu akan melihat seberapa boros pengeluaran kamu. Nah, kamu harus mencari cara agar pengeluaran kamu berkurang. Kamu bisa memulai dengan mengurangi biaya-biaya yang tidak penting seperti subscription layanan yang tidak kamu pakai.

Misal, kamu berlangganan Netflix padahal kamu tidak menggunakannya setiap hari, ada baiknya kamu berhenti berlangganan saja. Kemudian kamu juga bisa mengurangi membeli makanan yang terlalu mahal dan berfokus untuk membeli kebutuhan rumah yang esensial.

#4 Tentukan Tujuan Menabung

Tentunya dalam menabung kamu pasti mempunyai tujuan. Kamu bisa membagi tabungan kamu untuk 2 hal yang berbeda, Short-Term Savings dan Long-Term Savings. Kedua tabungan ini dapat menjadi pembedan tujuan tabungan kamu.

Short-term Savings bisa dikategorikan untuk tabungan yang sifatnya jangka pendek. Seperti liburan atau membeli barang impian. Sementara Long-Term Savings dapat kamu gunakan untuk kategori tabungan yang jangka panjang, seperti tabungan pendidikan atau tabungan membeli rumah.

Dengan memiliki tujuan tabungan yang berbeda, kamu bisa menabung dengan fokus. Ketika kamu memiliki emergency case kamu bisa memakai tabungan Short-Term, tanpa mengganggu tabungan jangka panjang kamu.

#5 Tentukan Prioritas

Tips menabung yang satu ini sangat penting. Kamu harus memiliki prioritas agar dalam menabung kamu mempunyai fokus yang jelas. Jika prioritas kamu saat ini adalah melanjutkan sekolah, maka kamu harus fokus dalam tabungan sekolah kamu.

Mulai menabung secara konsisten untuk mimpi kamu itu. Untuk hal-hal yang bukan prioritas dapat dikesampingkan terlebih dahulu.

Berikut adalah tips menabung yang kami kumpulkan dari berbagai sumber. Semoga membantu kamu terlebih lagi dalam situasi pandemi yang mengharuskan kita berhemat. Lalu apa fokus dalam menabung kamu?

Baca Juga: Contoh Percakapan Bahasa Inggris Untuk Pemula

Apakah kamu ingin menabung untuk pendidikan bahasa Inggris? Gabung ke Wall Street Goes Online (WSE GO) dan dapatkan harga yang terjangkau untuk belajar bahasa Inggris di rumah! Kamu bisa belajar dengan program belajar yang asik dengan Native English Teacher yang handal! Klik di sini untuk daftar!

Baca juga artikel menarik lainnya

Reported Speech: Pengertian dan Contoh dalam Bahasa Inggris

Sep 29, 2020

Masih ingat dengan kalimat langsung dalam bahasa Inggris? Kalimat langsung merupakan kalimat atau perkataan yang…

News Item Text dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

Sep 25, 2020

Tahukah kamu bahwa ada 13 jenis teks dalam bahasa Inggris? Setiap tulisan atau narasi memiliki…

Whether dan If: Penggunaan, Perbedaan, dan Contoh Kalimat

Sep 25, 2020

Walaupun sama-sama digunakan dalam kalimat pengandaian, whether dan if ternyata tidak bisa digunakan secara sembarangan.…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami