Home Lifestyle   Tips Liburan Ke Luar Negeri a la Wall Street English

Tips Liburan Ke Luar Negeri a la Wall Street English

Jan 2, 2018

Apakah kamu menyukai liburan? Well, Siapa yang tidak menyukai rekreasi? Berbelanja di pusat perbelanjaan di Dubai, melihat indahnya pemandangan malam dari Menara Eiffel Perancis, menjelajah dunia laut di Maldives. Hmm, Seru sekali!

Lalu, hal apa saja kah yang perlu kamu siapkan untuk dapat merasakan liburan ke luar negeri untuk mendapatkan kesan yang akan selalu diingat?

Berikut ini adalah tips liburan ke luar negeri untuk kamu para English learners!

  1. Pelajari 10 Kata/Kalimat Dasar dalam Bahasa Inggris

 Jangan kaget jika liburan kamu akan terasa lebih mudah dengan menguasai kalimat-kalimat dasar dalam bahasa Inggris seperti “Hello”, “Goodbye”, “Thank you”, “Yes”, “No”, “Please”, “Do you speak English?”, “Help”, “Where is…?” dan “I’m lost”. 10 kata dan kalimat diatas sudah cukup untuk membantu perjalanan kamu di luar negeri. Percaya atau tidak, kebanyakan orang terutama di lokasi wisata sudah setidaknya memahami makna dari kata dan kalimat tersebut. Jadi ingat terus, ya!

  1. Senyum!

Semuanya soal kesan pertama! Jika kamu merasa canggung untuk memulai percakapan, terutama jika kamu sedang berada di negara asing. Tersenyumlah! Selain untuk menurunkan kadar kecemasan, lawan bicara mu juga akan lebih terbuka dan menerima dengan senang hati. Dan ini dapat dilakukan di hamper semua negara di dunia, kecuali Rusia karena mereka memiliki pandangan bahwa tersenyum kepada orang asing bukan merupakan hal yang lazim.

Baca juga : 9 Alasan Untuk Mempelajari Bahasa Inggris

  1. Jangan Kaku Saat Berbicara

 Jika kamu memiliki kesulitan saat berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, gunakanlah gerakan tubuh untuk menekankan pesan yang kamu coba sampaikan. Gerakan seperti menunjukkan arah, memperagakan suatu monumen, ataupun meminta maaf ketika ada kesalahpahaman sangat berguna untuk mempermudah proses komunikasi.

  1. Bawa Buku Catatan Jika Memungkinkan

 Jadi gerakan tangan dan bahasa tubuh masih belum efektif? Nah! Coba tuliskan apa yang coba kamu utarakan kedalam sebuah tulisan ataupun gambar diatas kertas. Biasanya, dengan bantuan visual seseorang akan lebih mudah memahami maksud yang kamu coba sampaikan. Begitu juga sebailknya, kamu bisa meminta mereka untuk menuliskan rute ataupun peta menuju lokasi-lokasi tertentu dengan menggambarnya di buku catatanmu.

  1. Gunakan Aplikasi Penerjemah

 Jika kamu bepergian ke luar negeri, ada saatnya kamu menemui orang-orang yang bahkan sama sekali tidak memahami bahasa Inggris. Gunakanlah jasa penerjemah online untuk berkomunikasi dengan mereka. Cukup katakan apa yang ingin kamu sampaikan melalui mikrofon, maka aplikasi akan langsung menerjemahkannya untuk lawan bicaramu.

  1. Rencanakan Kedatanganmu dengan Penuh Persiapan

 Tahukah kamu bahwa kedatanganmu saat tiba di bandara negara asing merupakan saat yang sangat RENTAN. Saat kamu merasa ngantuk, jet-lagged, masih harus membawa barang bawaan yang berat pula. Tolak setiap ajakan dari orang asing yang merayu kamu untuk ikut dengan mereka! Persiapkanlah kedatangamu dengan baik sebelumnya, cari dan temukan transportasi yang aman dan dapat langsung membawamu ke tempat peristirahatan. Baiasanya tulisan dan rambu di bandara ditulis dalam bahasa Inggris dan mudah dimengerti.

  1. Tanyakan Kepada Orang Yang Dapat Dipercaya

Jika kamu kebingungan, bertanyalah kepada petugas keamanan ataupun pusat informasi yang ada di bandara. Hindari bertanya kepada orang yang belum kamu kenali untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan. Pusat informasi di setiap bandara bisanya fasih dalam menggunakan bahasa Inggris, dan inilah saatnya kamu menggunakan kemampuan bahasa Inggrismu untuk menyakan lokasi hotel, restoran, maupun tempat wisata lainnya.

  1. Jangan Tinggalkan Kunci/Kartu Hotel

Kunci/Kartu Hotel di luar negeri biasanya memiliki identitas khusus seperti tulisan ataupun simbol yang dibuat dalam tulisan lokal. Sehingga jika kamu tersesat ataupun kebingungan mencari arah pulang, cukup tunjukkan kartu hotelmu kepada supir taksi yang akan kamu naiki.

  1. Bawalah Peta Sebagai Penunjuk Arah

 Jika kamu merasa khawatir untuk menunjukkan peta melalui aplikasi ponsel, bawalah selalu peta kertas. Selain bisa digunakan untuk diri sendiri, jika kamu benar-benar tersesat, kamu dapat langsung bertanya kepada masyarakat lokal yang sudah familiar dengan daerah sekitar. Berilah tanda untuk setiap rute yang akan kamu tempuh, sehingga akan semakin mudah untuk kembali ke jalan pulang dengan mengikuti rute yang sama.

  1. Latihlah Bahasa Inggrismu

 Jika kamu ingin melatih kemampuan bahasa Inggrismu di negara asing. Tips terbaik adalah dengan mengunjungi universitas-universitas disana. Mahasiswa biasanya mau menghabiskan waktu untuk sekedar bercakap-cakap ataupun bertukar cerita. Disini kamu dapat mengasah kemampuan dan kepercayaan dirimu dalam berbahasa Inggris.

Ingin tahu kemampuan bahasa Inggrismu sebelum merencanakan untuk traveling?

Klik link dibawah ini untuk menguji kemampuan bahasa Inggrismu!

Tes Bahasa Inggris untuk Traveling

Summary
Article Name
Tips Liburan Ke Luar Negeri a la Wall Street English
Description
Baca ini dulu sebelum kamu liburan ke luar negeri!
Author
Publisher Name
Wall Street English
Publisher Logo

Baca juga artikel menarik lainnya

News Item Text dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

Sep 25, 2020

Tahukah kamu bahwa ada 13 jenis teks dalam bahasa Inggris? Setiap tulisan atau narasi memiliki…

Whether dan If: Penggunaan, Perbedaan, dan Contoh Kalimat

Sep 25, 2020

Walaupun sama-sama digunakan dalam kalimat pengandaian, whether dan if ternyata tidak bisa digunakan secara sembarangan.…

Prepositional Phrase: Definisi, Jenis, dan Contoh Penggunaan

Sep 25, 2020

Jika kita belajar membuat kalimat bahasa Indonesia, pasti kamu sudah tidak asing dengan struktur kalimat…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami