Home Lifestyle   4 Tanda Untuk Tahu Proses Belajar Kamu Sudah Meningkat

4 Tanda Untuk Tahu Proses Belajar Kamu Sudah Meningkat

Jul 2, 2020

Mungkin banyak dari kamu yang sudah belajar dengan giat tapi belum tahu apakah proses dalam belajar sudah meningkat? Sebagai anak muda pun, kamu pasti ingin langsung melihat peningkatan dari hasil belajar. Padahal dalam belajar sesuatu, proses itu tidak melulu langsung 100% terlihat. Terdapat tahapan-tahapan yang harus kamu lewati.

Ketahui yuk apa saja cara untuk mengetahui kalau pembelajaran kamu sudah memiliki proses.

Baca Juga: Kecerdasan Intelektual: Definisi dan Peran Dalam Kehidupan Sehari-hari

Mulai Cuek Mendengar Opini Orang Lain

Ketika kamu mulai belajar sesuatu, pasti kamu banyak mendengar opini orang lain. Terlebih lagi ketika opini tersebut berisikan kritik terhadap kemampuan kamu. Walaupun menerima kritik itu bagus tapi opini orang lain selalu menjadi batu penghalang. Opini orang lain membuat kamu sering berpikir “mungkin dia benar, aku terlalu lambat dan tidak bagus dalam bahasa Inggris”.

Padahal ketika memulai proses belajar kamu harus menghargai setiap proses kecil yang terjadi. Terlepas dari opini orang lain, kamu tidak boleh patah semangat.

Nah, satu hal yang akan terlihat ketika pembelajaran kamu sudah membuahkan hasil adalah ketika kamu mulai cuek. Dalam artian kamu sudah mulai mengerti kecepatan belajar kamu dan sudah tidak mendengarkan omongan orang lain. Kamu akan fokus dengan proses kamu sendiri.

Tidak Membandingkan Diri

Ketika kamu fokus dengan proses belajar kamu sendiri, kamu akan berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Hal ini merupakan suatu tanda bahwa kamu sudah memulai sebuah keberhasilan, karena akhirnya kam fokus dengan diri dan kemampuan kamu sendiri.

Jika kamu secara tulus bahagia untuk pencapaian orang lain, kamu bisa memanfaatkan keadaan tersebut sebagai inspirasi. Dengan menjadikan keberhasilan orang lain sebagai inspirasi, kamu bisa termotivasi untuk belajar lebih lagi.

Ada Sesuatu yang Bisa Direview

Kamu bisa mengethaui proses belajar kamu ketika ada sesuatu yang bisa kamu review dan tingkatkan kembali. Contohnya dalam belajar bahasa Inggris, kamu merasa kemampuan speaking kamu masih kurang. Kemudian kamu melakukan review untuk mengetahui apa yang kurang dari pembelajaran kamu.

Dari sana kamu bisa mengetahui di bagian mana kamu harus meningkatkan proses belajar kamu. Walaupun melakukan review dan memperbaiki sesuatu terdengar seperti  “a step back”, tenang saja, semua proses memang butuh waktu.

Tidak Takut Gagal

Ketika kamu sudah tidak lagi takut mengalami kegagalan, di situ lah kamu benar-benar berproses. Karena dengan mengalami kegagalan membuat kamu mempunyai ruang untuk meningkatkan lagi kemampuan kamu.  Mengalami kegagalan pun membuat kamu jadi terbiasa untuk melihat kekurangan kamu dan bangkit kembali.

Jadi terkadang untuk melihat proses memang butuh untuk gagal dulu. Untuk itu jangan takut gagal ya! Yang terpenting selalu mencoba belajar terlebih dahulu.

Baca Juga: Weekly Grammar: Kenali Perbedaan Antara Berbagai Past Tense

Itu dia 4 tanda-tanda agar kamu sudah memiliki proses dalam pebelajaran kamu. Intinya dalam menilai suatu proses memang tidak selalu akan terlihat sempurna. Bahkan proses kecil dan bertahap pun tetap merupakan sebuah pencapaian. Jadi jika sekarang kamu sedang mencoba belajar sesuatu, semangat ya!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kemampuan dalam bahasa Inggris bisa bergabung ke Wall Street English Goes Online (WSE GO). Di sana kamu bisa belajar bahasa Inggris bersama native English teacher dengan program belajar interaktif dan tidak membosankan! Yuk gabung sekarang di sini!

Baca juga artikel menarik lainnya

News Item Text dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

Sep 25, 2020

Tahukah kamu bahwa ada 13 jenis teks dalam bahasa Inggris? Setiap tulisan atau narasi memiliki…

Whether dan If: Penggunaan, Perbedaan, dan Contoh Kalimat

Sep 25, 2020

Walaupun sama-sama digunakan dalam kalimat pengandaian, whether dan if ternyata tidak bisa digunakan secara sembarangan.…

Prepositional Phrase: Definisi, Jenis, dan Contoh Penggunaan

Sep 25, 2020

Jika kita belajar membuat kalimat bahasa Indonesia, pasti kamu sudah tidak asing dengan struktur kalimat…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami