Home Lifestyle   Sejarah Bahasa Inggris jadi Bahasa Internasional

Sejarah Bahasa Inggris jadi Bahasa Internasional

Jul 29, 2020

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi di seluruh dunia. Bahkan ada beberapa negara yang menjadikan bahasa Inggris menjadi bahasa resmi atau bahasa utama. Nah, apakah kamu sudah tahu asal-usul sejarah bahasa Inggris menjadi bahasa internasional? Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), bahasa Inggris yang berasal dari negara Inggris merupakan bahasa yang dominan disebagian negara di dunia.

Baca juga: 5 Tokoh Dunia yang Ceritanya Akan Menginspirasi Kamu

Amerika Serikat, Kanada, Australia, Irlandia, Selandia Baru dan berbagai negara kepulauan di di Laut Karibia dan Samudera Pasific, bahasa Inggris menjadi bahasa yang dominan dan resmi. Ada juga negara-negara di benua Asia dan Afrika, seperti India, Filipina dan Singapura. Diperkirakan ada sepertiga populasi dunia atau sekitar dua miliar orang menggunakan bahasa Inggris. Status itu menjadikannya bahasa Inggris pada posisi lingua franca global.

Sejarah Bahasa Inggris

Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional memiliki sejarah yang panjang. Sejak zaman Romawi Kuno diperlukan satu bahasa yang bisa dimengerti banyak orang, sehingga orang-orang dari berbagai negara bisa mengerti saat berkomunikasi. Nah bahasa tersebut disebut sebagai lingua franca. Lingua franca adalah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antar orang-orang yang berasal dari berbagai latar belakang. Pada awalnya di setiap wilayah memiliki lingua franca yang berbeda-beda. Kemudian disepakati bersama bahwa bahasa Inggris sebagai bahasa bersama.

Bahasa Inggris merupakan bahasa tertua di dunia dan muncul sekitar 8 Masehi. Bahasa Inggris pun mengalami perkembangan yang pesat sehingga menjadi bahasa internasional. Dikutip Wonderpolis, para sejarawan melacak asal-usul bahasa Inggris sampai tiga suku Jerman, yaitu: Angles, Saxon, dan Rami yang menginvasi Britania Raya pada abad ke-5.

Padahal, orang-orang yang tinggal di Inggris pada waktu itu berbicara bahasa Celtic bukan bahasa Inggris. Para penjajah akhirnya mendorong orang-orang tersebut ke utara dan barat yang sekaran bernama Wales, Skotlandia, dan Irlandia. Angles yang menyerang berasal dari “Englaland” dan bahasa yang dipergunakan disebut “Englisc”. Nah dari situlah Englisc menjadi bahasa Inggris sekarang ini yang digunakan untuk berkomunikasi.

Dampak Perang Dunia Pertama

Bahasa Inggris bukanlah bahasa yang umum digunakan pada tahun 1900. Saat itu para ilmuwan menggunakan bahasa Jerman untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Setelah Perang Dunia pertama, ilmuwan Belgia, Prancis dan Inggris memboikot ilmuwan Jerman dan Austria. Mereka tidak diperbolehkan menghadiri berbagai konferensi dan tidak dapat mempublikasikan karyanya dalam jurnal Eropa Barat. Akibatnya, terbentuk 2 komunitas sains dengan bahasa Jerman dan komunitas di Eropa Barat berbahasa Inggris dan Prancis.

Pada tahun 1917 saat Amerika Serikat melakukan perang, terbentuk juga gelombang anti Jerman. Akibatnya, penggunaan bahasa Jerman saat itu dianggap kriminal bahkan di dalam 23 negara. Pada waktu itu masyarakat tidak boleh berbicara bahasa Jerman di depan umum, siaran radio atau mengajarkan kepada anak-anak. Akibatnya banyak ilmuwan yang kurang memahami bahasa-bahasa asing dan membuat sains di Amerika mulai mengambil alih dunia. Istilah-istilah ilmiah pada zaman itu juga langsung dibuat dalam versi bahasa Inggris.

Baca juga: 30 Quotes Bahasa Inggris Inspiratif untuk Penyemangat Kamu Hari Ini

Status Bahasa

Bahasa Inggris adalah bahasa pertama di Amerika Serikat, Antigua dan Barbuda, Australia, Bahama, Barbados, Bermuda, Britania Raya, Guyana, Jamaika, Saint Kitts dan Nevis, Selandia Baru dan Trinidad dan Tobago.

Selain itu bahasa Inggris juga merupakan salah satu bahasa resmi di organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Komite Olimpiade Internasional. Tak hanya itu, bahasa Inggris juga merupakan bahasa resmi di berbagai negara, seperti di Afrika Selatan, Belize, Filipina, Hong Kong, Irlandia, Kanada, Nigeria, Singapura, dan lainnya. Di dunia, bahasa Inggris merupakan bahasa kedua dipelajari setelah bahasa ibu. Bahasa Inggris bisa menyebar karena pengaruh politik dan imperialisme Inggris dan selanjutnya Britania Raya di dunia.

Alasan Lain Menjadikan Bahasa Inggris menjadi Bahasa Internasional

Salah satu alasan bahasa Inggris menjadi bahasa internasional adalah mudah dipelajari. Selain itu kosakata yang dimiliki dalam bahasa Inggris juga terus berkembang seiring berjalannya waktu. Tak heran jika penambahan kosa kata bahasa Inggris bisa mencapai 8.500 kata per tahunnya. Bisa dikatakan bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling update bahkan jika dilihat pada zaman sekarang banyak idiom bahkan bahasa slang yang terus berkembang. Maka dari itu, bahasa Inggris akhirnya ditetapkan menjadi bahasa internasional karena memiliki tata bahasa yang paling mudah dibandingkan dengan bahasa lainnya.

Baca juga: Prospek Kerja Untuk Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris

Apakah sampai sini kamu sudah cukup jelas dalam perkembangan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional? Apa lagi yang ingin kau ketahui dalam bahasa Inggris? Penggunaan kata? Grammar? Vocabulary? Semuanya bisa kamu dapatkan dengan mudah di WSE GO (Wall Street English Goes Online)

Baca juga artikel menarik lainnya

Adverb dalam Bahasa Inggris: Definisi, Fungsi, dan Contohnya

Sep 30, 2020

Apa yang kamu tahu mengenai adverb? Secara sederhana adverb digunakan untuk menjelaskan atau memberikan tambahan…

Dongeng Bahasa Inggris Singkat 3-5 Menit untuk Anak Terbaru

Sep 30, 2020

Tahukah moms bahwa dongeng bahasa Inggris merupakan cara termudah untuk mengenalkan bahasa Inggris kepada anak?…

Reported Speech: Pengertian dan Contoh dalam Bahasa Inggris

Sep 29, 2020

Masih ingat dengan kalimat langsung dalam bahasa Inggris? Kalimat langsung merupakan kalimat atau perkataan yang…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami