Negara-negara Paling Diminati Untuk Kuliah Di Luar Negeri

Des 19, 2019

Banyak pelajar dan mahasiswa jaman sekarang yang memiliki cita-cita untuk kuliah di luar negeri. Selain dapat memperluas wawasan dan jaringan pertemanan, lulusan luar negeri umumnya memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada mahasiswa pada umumnya. Namun, banyaknya negara yang dapat kamu pilih sebagai tujuan kuliah kamu dapat membuat bingung. Untuk itu, kami menyediakan daftar negara-negara yang paling diminati untuk kuliah di luar negeri sebagai rekomendasi untuk menentukan pilihanmu.

Inggris

Negara yang satu ini memiliki kualitas pendidikan yang tidak diragukan lagi. Times Higher Education menyatakan bahwa tiga dari 10 universitas terbaik di dunia berada di Inggris, yaitu University of Cambridge, University of Oxford, dan Imperial College London. Lebih dari 2.000 mahasiswa dari seluruh penjuru dunia pergi untuk menuntut ilmu di kerajaan Inggris Raya setiap tahunnya, termasuk mereka yang berasal dari Indonesia. Umumnya, mahasiswa Indonesia memilih untuk kuliah di sini karena selain kualitasnya baik, juga karena budayanya yang menyenangkan. Namun satu hal yang sering menjadi kendala adalah biaya, karena biaya hidup dan perkuliahan di Inggris Raya terbilang cukup tinggi, bahkan bagi warga negara-negara Eropa sekalipun.

Jerman

Negara yang satu ini terkenal dengan jurusan teknik dan teknologinya. Kuliah di sini merupakan keputusan tepat bagi mereka yang memiliki minat untuk menjadi ilmuwan, insinyur, atau teknokrat. Kendala yang umumnya dijumpai ketika berkuliah di Jerman adalah masalah bahasa, namun mereka yang menguasai bahasa Inggris dengan baik biasanya dapat beradaptasi dan mempelajari bahasa Jerman dengan cepat. Hal ini dikarenakan Bahasa Inggris dan Jerman berasal dari rumpun bahasa yang sama yaitu Germanic. Untuk masalah biaya, para mahasiswa yang ingin kuliah di sini harus merogoh kocek agak dalam karena biayanya cukup tinggi, meskipun tidak semahal Inggris.

Australia

Berjarak sekitar 8 jam penerbangan dari Indonesia, Australia merupakan negara yang paling banyak diminati mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi. Tercatat, sekitar 8.000 hingga 10.000 mahasiswa Indonesia berangkat ke negeri ini untuk menuntut ilmu. Masalah kualitas, Australia memiliki beberapa universitas yang termasuk ke dalam universitas top di dunia seperti University of Sydney, University of Queensland, University of Melbourne, dan lain sebagainya. Dibandingkan negara-negara Eropa, biaya kuliah di Australia juga relatif lebih murah, dan jaraknya yang dekat dengan Indonesia menjadi pertimbangan bagi orang tua yang ingin mengunjungi anaknya yang sedang kuliah di luar negeri.

Amerika Serikat

Negara yang satu ini memiliki banyak sekali kampus dan universitas ternama yang selalu masuk ke dalam ranking universitas top dunia. Sebut saja Yale, Harvard, dan Standford yang namanya sudah dikenal di penjuru dunia. Masih ada juga Massachusetts Institute of Technology dan California Institute of Technology, dua universitas terkemuka yang merupakan tempat terbaik di seluruh dunia untuk mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi. Lulusan kampus-kampus ini umumnya dapat memegang jabatan yang cukup tinggi dan gaji yang jauh lebih besar ketika kembali ke Indonesia, karena kualitas pendidikan di sana sudah diakui di seluruh dunia. Biaya hidup yang mahal, jarak yang jauh, serta sulitnya mendapatkan visa untuk negeri Paman Sam tersebut merupakan persoalan yang sering menjadi kendala bagi mahasiswa asal Indonesia.

Taiwan

Taiwan merupakan salah satu negara Asia yang paling diminati oleh mahasiswa asal Indonesia. Kampus-kampus di negara ini memiliki banyak skema beasiswa untuk pelajar asing, karena pemerintah Taiwan memang menargetkan mahasiswa negara lain untuk kuliah di negaranya. Tak perlu khawatir untuk urusan bahasa, karena banyak jurusan berbahasa Inggris yang ditawarkan oleh universitas-universitas terkemuka di sana. Selain itu, biaya hidup dan perkuliahan di Taiwan juga cukup terjangkau bagi mahasiswa Indonesia, apalagi jika dibandingkan negara-negara barat.

Kanada

Terletak di sebelah utara Amerika Serikat, Kanada merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Keramahan warganya serta latar belakang mereka yang multietnis merupakan salah satu nilai plus bagi mahasiswa asing untuk kuliah di sini. Kualitas pendidikan mereka pun cukup baik, ditambah lagi negara Kanada sendiri termasuk ke dalam negara yang memiliki harapan hidup dan pendapatan perkapita yang tinggi. Selain itu, pemberian izin kerja full time selama 1 tahun setelah lulus juga menjadi pemanis yang memikat banyak pelajar asing yang ingin tinggal dan bekerja di luar negeri setelah mereka lulus.

Singapura

Untuk mereka yang ingin kuliah ke luar negeri tapi tidak ingin terlalu jauh, Singapura merupakan pilihan yang paling tepat. Beberapa nama seperti Nanyang Technological University dan National University of Singapore merupakan jaminan tingginya kualitas pendidikan di negara ini. Letaknya yang amat dekat dengan Indonesia juga menjadi nilai plus, karena pelajar di sini dapat pulang atau dikunjungi oleh orang tuanya dengan mudah. Selain itu, kemiripan budaya dan kuliner di Singapura dengan Indonesia juga salah satu hal yang disukai oleh para pelajar Indonesia yang sering kangen dengan masakan-masakan ala Indonesia.

 

Nah, tadi itu merupakan negara-negara paling diminati untuk kuliah di luar negeri bagi para pelajar Indonesia. Jika kamu bercita-cita untuk kuliah ke salah satu negara tersebut, maka selain menyiapkan biaya dan mencari beasiswa, kamu juga perlu untuk melatih bahasa yang diperlukan untuk tinggal di negara tersebut. Hampir semua negara-negara di atas menggunakan bahasa Inggris untuk kehidupan sehari-hari, dan mengikuti ujian seperti TOEFL atau IELTS merupakan persyaratan bagi hampir semua universitas di negara-negara tersebut. Untuk itu, tingkatkan kemampuan dirimu menjadi lebih baik lagi dengan belajar bahasa Inggris di tempat terbaik untuk mencapai mimpimu, yaitu Wall Street English! Jangan lupa untuk mengikuti tes singkat di bawah ini untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggrismu saat ini.

Summary
Negara-negara Paling Diminati Untuk Kuliah Di Luar Negeri
Article Name
Negara-negara Paling Diminati Untuk Kuliah Di Luar Negeri
Description
Bingung mau lanjut kuliah ke negara apa? Yuk lihat dulu di sini penjelasannya!
Author
Publisher Name
Wall Street English
Publisher Logo

Baca juga artikel menarik lainnya

5 Keuntungan Mengikuti Kursus Bahasa Inggris Online

Jul 7, 2020

Di zaman serba online ini, apapun bisa dilakukan hanya dengan menatap layar laptop. Terutama pada masa pandemi…

Video Lucu di Internet Baik untuk Kesehatan? Apakah Betul?

Jul 7, 2020

Pernahkah kamu merasa sangat lelah baik fisik dan mental akibat banyaknya berita negatif yang kamu…

Cara Mempersiapkan Rapat Menggunakan Bahasa Inggris Profesional

Jul 6, 2020

Tidak dapat dihindari lagi jika hampir semua perusahaan terlebih lagi perusahaan global menggunakan bahasa Inggris.…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami