Home Lifestyle   Tips Menjaga Kebersihan Untuk Mencegah Penularan Covid-19

Tips Menjaga Kebersihan Untuk Mencegah Penularan Covid-19

Jun 13, 2020

Dalam masa pandem Covid-19 ini, WHO mengatakan untuk mencegah penularannya adalah dengan menjaga kebersihan. WHO menghimbau beberapa protokol kebersihan yang harus dilakukan sebagai pencegahan penyebaran virus. Apa saja sih cara menjaga kebersihan yang wajib kamu tahu? Simak di artikel di bawah ini.

Baca Juga: Apa Itu New Normal dan Panduannya Untuk Menjalaninya

Rajin Mencuci Tangan

Telapak tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering menyentuh permukaan, tangan kita terdapat banyak bakteri dan virus yang menempel. Maka dari itu mencuci tangan secara rutin sangat dianjurkan. Mencuci tangan pun sangat dihimbau untuk dilakukan dengan air mengalir dan menggunakan sabun.

Namun, jika tidak ada air di sekitar kamu, bisa menggunakan hand sanitizer. Makanya saat ini kamu wajib banget untuk membawa hand sanitizer kemana pun! Tapi jangan lupa juga untuk segera mencuci tangan dengan air dan sabun saat berada di tempat yang memiliki air.

Menerapkan Physical Distancing

WHO sudah menghimbau untuk melakukan physical distancing dari awal pandemi ini ditetapkan. Gunanya adalah untuk mencegah virus tersebar dari droplets atau yang menempel pada orang lain. Physical distancing ini berarti menjaga jarak dengan orang lain sejauh 1 meter.

Jarak 1 meter ini harus dilakukan terutama jika sedang dalam antrian, di ruang kerja dan di dalam kendaraan umum.

menjaga kebersihan

Menghindari Menyentuh Area Wajah

Jika dulu sebelum pandemi kamu masih bisa leluasa untuk menyentuh area wajah, sekarang kamu harus merubah kebiasaan itu. Seperti yang sudah dikatakan di atas, tangan merupakan bagian tubuh yang banyak bakteri dan virus menempel. Nah, bayangkan jika kamu menggosok mata atau menyentuh mulut dengan tangan, maka virus akan lebih cepat masuk ke dalam tubuh.

Jadi untuk menjaga kebersihan tubuh, walaupun sudah membersihkan tangan, hindari menyentuh muka ya!

Menerapkan Etika Bersin dan Batuk

Himbauan menjaga kebersihan yang satu ini sangat penting. Mengingat penyebaran virus ini dari droplet atau cairan yang keluar dari mulut dan hidung. Saat bersin dan batuk, kamu mengeluarkan banyak droplet yang akan menyebar bakteri dan virus ke berbagai permukaan. Maka sangat penting untuk mempunyai etika jika kamu mau bersin atau batuk.

Etika itu adalah menutup mulut dengan tisu / masker atau tangan ketika kamu ingin bersin dan batuk. Jika kamu sedang di tempat umum, pergi agak menjauh dari keramaian dan menutup mulut saat bersin. Pelu diingat juga, walaupun kamu sedang sendirian dan berada di tempat sepi, menutup mulut saat bersin masih penting untuk dilakukan.

Membersikan Barang Dengan Alkohol

Selain kamu harus menjaga kebersihan diri, kamu juga harus menjaga kebersihan barang-barang kamu. Apalagi barang-barang yang selalu kamu sentuh seperti HP, laptop, dompet dan kartu ATM / kartu e-money lainnya. Kamu cukup menyemprotkan barang-barang kamu dengan alkohol secara berkala atau sehabis digunakan.

Memakai Masker

Yang terakhir ini jangan sampai dilupakan setiap kamu berkegiatan di luar rumah. Tidak hanya ini menjaga kebersihan diri kamu tapi juga menjaga kebersihan untuk orang lain. Banyak orang yang terjangkit virus tanpa keluhan apapun, akhirnya memakai masker sangat penting. Karena mencegah droplet tersebar ke ruang-ruang publik saat kamu berbicara atau bersin.

Dengan memakai masker, kamu berkontribusi dalam pencegahan penyebaran virus untuk orang-orang di sekitar kamu.

Berikut itu cara menjaga kebersihan yang dihimbau oleh WHO untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Jangan lupa untuk selalu menerapkannya ya! Dengan menerapkan hal-hal tersebut kamu bisa menjaga diri kamu sendiri dan orang-orang di sekitar kamu.

Baca Juga: Weekly Grammar: Perbedaan Shall dan Will dalam Future Tense

Dengan beberapa hal baru yang harus kamu terapkan di kehidupan sehari-sehari ini jangan sampai mengurangi niat kamu untuk meningatkan kemampuan. Kamu bisa bergabung dengan WSE GO (Wall Street English Goes Online) dan kamu bisa belajar bahasa Inggris secara online. Walaupun kamu tidak perlu datang ke tempat, kamu tetap akan bisa belajar dengan menyenangkan bersama native english teacher. 

Program belajarnya pun sangat menyenangkan jadi nggak perlu khawatir kamu akan bosan! Yuk gabung sekarang juga di sini!

Baca juga artikel menarik lainnya

Contoh Undangan Pernikahan dalam Bahasa Inggris yang Unik

Dec 5, 2020

Undangan pernikahan memang perlu dipikirkan secara matang. Mulai dari konsep, design, jenis tulisan, bahkan juga…

Even Though: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaan

Dec 4, 2020

Dalam bahasa Inggris kita mengenal kata sambung sebagai pemisah antar kata atau kalimat. Banyak sekali…

OK Boomer, Baby Boomer: Pengertian dan Kenapa Bisa Viral?

Dec 3, 2020

Setiap generasi pastinya memiliki sebutannya masing-masing seperti: Millenials, Gen X, Gen Z, dan juga Baby…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami