Home Lifestyle   Makanan Khas di Seluruh Dunia. Mana yang Kamu Suka?

Makanan Khas di Seluruh Dunia. Mana yang Kamu Suka?

Jul 10, 2020

Siapa di antara kamu yang hobi kulineran? Di Indonesia saja sudah banyak sekali makanan khas dari seluruh daerah, bagaimana jika makanan-makanan khas dikumpulkan dari seluruh dunia? Yuk mari jalan-jalan dan melihat apa aja masakan khas di beberapa negara yang populer dan sering dicari oleh para turis!

Som Tam – Thailand

makanan khas

Sumber: BrassWok

Salah satu masakan khas Thailand yang patut dicoba karena rasanya yang unik adalah Som Tam alias rujak pepaya. Tak hanya berisi pepaya saja, Som Tam berisi kacang, minyak ikan, ebi, kacang, tomat, perasan air lemon, serta disiram air asam. Makan Som Tam pun biasanya juga dilengkapi dengan sticky rice atau ketan supaya lebih nikmat. Kalau kamu ke Thailand jangan lupa untuk cari rujak unik yang punya rasa asli Thailand.

Piri-Piri Chicken – Mozambique

makanan khas

Sumber: SPAIS

Masakan khas dari Afrika ini adalah piri-piri chicken yang kalau dilihat sekilas seperti ayam panggang dengan bumbu yang melimpah. Salah satu keistimewaan sajian ayam di Afrika adalah ayamnya yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan ayam biasa. Juga, bumbu yang digunakan untuk membuat sajian ayam biasanya sangat menyerap. Jadi, kamu bisa menikmati bumbunya sampai ke tulang. Piri-piri chicken merupakan ayam bakar yang dimasak dengan lemon, bawang putih, santan, dan juga bumbu piri-piri. Cita rasa dalam ayam ini ada sedikit asam yang dihasilkan dari buah lemon namun tetap gurih karena ayam yang sudah dimarinasi oleh santan.

Baca juga: Beberapa Situs Ini Sediakan Wisata Virtual, Yuk Coba!

Tortas – Mexico

makanan khas

Sumber: Tasting Table

Kalau biasanya Mexico terkenal dengan buritto atau tortila, ada satu masakan khas asal Mexico bernama Tortas. Tortas merupakan sanadwich tradisional yang dipotong secara horizontal dan diisi dengan kacang, alpukat, ham, queso, jalapeno, daging suir yang bisa berupa ayam atau babi. Dalam penyajiannya, ada 2 jenis roti yang digunakan, yaitu bolillos dan teleras.

Baklava – Turki

makanan khas

Sumber: SBS

Baklava merupakan makanan penutup dari Turki yang memiliki cita rasa manis. Sekilas Baklava terlihat seperti roti kacang biasa, namun yang membuat istimewa adalah roti yang sudah direndam terlebih dahulu dalam jangka waktu panjang di dalam sirup. Bisa kebayang kan betapa manisnya makanan ini? Awalnya resep Baklava dipercaya berasal dari Yunani. Namun, seiring berjalannya waktu akhirnya Baklava yang sudah dimodifikasi dan modern seperti ini dinyatakan berasal dari Turki.

Baca juga: Bersepeda Saat Pandemi: Apa Saja Manfaatnya dan Aturannya

Creme Brulee – Prancis

makanan khas

Sumber: Food Network

Masakan jenis ini mungkin sudah tidak asing di telinga karena sudah banyak restoran atau bakery yang menjualnya. Namun, biasanya yang dijual di toko atau restoran sudah dimodifikasi cita rasanya sesuai dengan negaranya. Nah, Creme Brulee yang otentik ternyata berasal dari Prancis. Creme Brulee merupakan makanna penutup tradisional yang dibuat dari telur, cream, gula, dan vanilla. Nah, jika sudah jadi, permukaan dari Creme Brulee akan disiram menggunakan brown sugar dan akan dibakar menggunakan blowtorch atau bisa juga didiamkan di bawah broiler. Permukaan Creme Brulee akan mengeras akibat gula yang dibakar tadi dan juga akan menghasilkan rasa pahit yang akan seimbang jika dimakan dengan egg custardnya.

Borscht – Ukraina

makanan khas

Sumber: Serious Eats

Dilansir dari Taste Atlas, masakan ini merupakan masakan yang paling terkenal di Ukraina. Borscht merupakan sajian sup yang dibuat dari daging atau kaldu tulang sapi, sayuran yang ditumis, serta dibumbui dengan fermentasi air buah beet. Sebenarnya banyak varian dari Borscht dengan perbedaan sayuran dan juga kaldu yang digunakan. Ada beberapa negara yang menyajikan sajian ini dengan kaldu ikan bukan dengan kaldu tulang sapi seperti yang biasa disajikan. Dikarenakan ada bumbu dari buah beet, kuah dari sup ini berwarna kemerahan dengan perpaduan rasa gurih dan manis. Sebenarnya, asal dari masakan ini masih diperdebatkan dan bukan berasal dari Ukarina. Resep otentik dan rasa yang asli juga masih dipertanyakan karena sudah banyak modifikasi yang dilakukan untuk menyesuaikan selera.

Baca juga: Manfaat Meditasi bagi Keseharian Kamu yang Sibuk

Nah, itu dia beberapa masakan khas dari berbagai negara yang bisa kamu coba. Kira-kira masakan dari negara mana yang menjadi favoritmu sampai sekarang? Makanan khas merupakan elemen penting dalam negara. Namun, ada elemen paling penting di saat kamu mengunjungi ke negara lain, yaitu bahasa. Bahasa merupakan salah satu hal yang paling penting untuk kelancaran interkasi dan komunikasi dengan warga lokal.

Kamu bisa memulai dengan belajar bahasa Inggris terlebih dahulu sebagai bahasa internasional. Di mana belajar bahasa Inggris yang sistemnya mudah dan fleksibel? Program WSE GO (Wall Street English Goes Online) bisa kamu jadikan alternatif. Atur tempat dan waktumu sendiri untuk belajar demi kenyamananmu. Tertarik?

Baca juga artikel menarik lainnya

200+ Kosa Kata Bahasa Inggris Paling Sering Dipakai + Artinya

Oct 21, 2020

Masih belum lancar dalam percakapan bahasa Inggris? Tidak apa-apa. Kamu bisa menggunakan metode menghafalkan beberapa…

Poem (Puisi) dalam Bahasa Inggris: Penjelasan dan Contohnya

Oct 20, 2020

Karya sastra dalam bahasa Inggris bisa dibilang cukup banyak dan memiliki jenisnya masing-masing. Seperti halnya…

Bahasa Inggrisnya “Dari”, Contoh, dan Penggunaan Kalimatnya

Oct 19, 2020

Jika dalam 2 artikel sebelummya kita sudah membahas mengenai bahasa Inggris dari “aku” dan “kamu,…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami