Home Lifestyle   Manfaat Kursus Online dan Tips Memilih Kursus yang Tepat

Manfaat Kursus Online dan Tips Memilih Kursus yang Tepat

Jun 15, 2020

Di era globalisasi ini, kursus bukan lagi dikenal sebagai kegiatan belajar di kelas secara konvensional. Kursus sekarang ini berubah bentuk menjadi virtual atau online yang dianggap lebih efektif. Dengan mengikuti kursus online, kamu lebih bisa mengatur waktu sesuai dengan kesibukan dirimu. Namun, ada 1 hal yang selalu kita tanyakan dalam hati, bagaimana cara memilih kursus yang tepat? Bagaimana caranya kita tahu bahwa kursus online yang kita pilih merupakan kursus yang berkualitas?

Manfaat Kursus Online

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai cara memilih kursus yang tepat, mari simak terlebih dahulu apa saja sih manfaat beserta keuntungan dari mengikuti kursus online?

Banyaknya materi kursus yang bisa kamu pilih

Dengan memanfaatkan internet, kursus online menjadi sangat efektif untuk metode pembelajaran. Kamu tak perlu takut untuk kehabisan waktu karena macet di jalan, kamu hanya perlu koneksi internet yang stabil dan tempat nyaman untuk belajar. Kursus online tidak terbatas dalam 1 materi saja, lho! Banyak sekali materi yang ditawarkan, sehingga kamu bisa memilah-milah apa saja yang paling kamu butuhkan. Kamu juga dengan mudah untuk menakjutkan kursus dari 1 materi ke materi lainnya dalam waktu yang sangat singkat.

Baca juga: Bidang Pendidikan di Indonesia dan Dampaknya dari Covid-19

Biaya yang lebih murah

Pernahkah kamu menghitung berapa biaya yang kamu habiskan untuk mengikuti sebuah kursus? Belum lagi ditambah biaya ongkos untuk pergi ke tempat kursus. Pasti makin mahal kan? Dengan mengikuti kursus secara online, biasanya biaya yang ditawarkan jauh lebih murah. Padahal, materi yang ditawarkan tidak beda jauh bahkan bisa lebih update dibandingkan dengan kursus konvensional. Dengan begini, kamu bisa lebih irit 2 kali lipat dan bisa mengalokasikan dananya ke hal lain. Atau bisa juga dialokasikan untuk mengikuti kursus materi lainnya.

Jadwal yang fleksibel

Salah satu kelebihan kursus secara online adalah jadwal yang sangat fleksibel. Maka dari itu, kursus online sangat cocok bagi semua orang terutama kamu yang sibuk bekerja atau kuliah. Kamu bisa mengatur sendiri waktu yang bisa kamu gunakan untuk belajar agar tidak bentrok dengan kegiatan lain.

Belajar fokus dengan kursus online

Apakah kamu merupakan tipe orang yang susah konsentrasi? Apakah kamu juga orang yang gampang terdistraksi dengan hal-hal kecil? Nah, kursus virtual ini bisa kamu manfaatkan untuk melatih konsenstrasi. Mengapa begitu? Kamu bisa memilih sendiri tempat di mana kamu bisa belajar secara fokus tanpa gangguan. Kamu tak perlu berinteraksi juga dengan murid lain layaknya di dalam kursus konvensional.

Baca juga: Ini Dia 20 Universitas Terbaik di Dunia. Mana Pilihanmu?

Materi bisa diulang-ulang

Pernahkah kamu lupa apa saja materi yang sudah dipelajari sesaat setelah kursus? Lalu apa yang bisa kamu lakukan? Hanya membaca catatan yang sudah diberikan? Bagaimana jika kamu tak mencatat semua materi alias terlewat? Semua ini tidak akan kamu alami jika kamu mengikuti kursus secara online. Materi yang biasanya diberikan dalam bentuk video, pdf atau podcast bisa kamu simpan dan ulang-ulang sampai kamu paham.

Cara Memilih Kursus Online yang Tepat

kursus online

Sumber: Canva

Karena tidak adanya bentuk fisik yang bisa kita lihat, memilih kursus virtual ini bisa dikatakan membeli kucing dalam karung. Sukur-sukur jika mendapatkan materi dan teknik pengajaran yang baik, jika tidak? Dilansir dari Future Learn, ada beberapa langkah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam kursus virtual. Apa saja itu?

Tentukan dahulu kriterianya

Sebelum kamu ikut dalam sebuah kursus, kamu harus menenetukan duahulu kriteria apa saja yang ingin kamu dapatkan untuk diri kamu sendiri. Untuk menentukannya, kamu bisa menjawab dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apakah kamu mengikuti kursus untuk bersenang-senang atau untuk perkembangan karier di dunia kerja?
  • Berapa lama dalam seminggu waktu yang bisa kamu sisihkan untuk belajar?
  • Apakah kamu ingin memperdalam skill yang spesifik? Jika iya, apa saja itu?
  • Topik apa yang membuatmu tertarik untuk mempelajarinya?

Baca juga: Meeting Online: Bagaimana Cara Membuatnya Lebih Efektif?

Luangkan waktu untuk explore

Jangan terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan dalam mengikuti kursus. Kamu harus meluangkan waktu untuk explore sebanyak mungkin mengenai materi serta perusahaan yang mengadakan kursus. Pilihlah materi yang benar-benar ingin kamu pelajari, karena kursus membutuhkan komitmen tinggi untuk menyelesaikannya.

Pilih juga perusahaan yang memang terpercaya untuk mengadakan kursus secara online seperti Wall Street Indonesia. Dalam program WSE GO (Wall Street Goes Online), kamu bisa mendapatkan materi seputar bahasa Inggris sesuai dengan tingkatan yang kamu inginkan.

Dengan native speaker yang berpengalaman, kamu bisa dengan cepat mempertajam skill bahasa Inggris yang berguna untuk perkembangan karier. Gabung yuk sekarang dengan klik di sini.

Baca juga artikel menarik lainnya

Adjective Clause: Definisi, Rumus, dan Contoh Penggunaannya

Sep 19, 2020

Pastinya kamu sudah familiar dengan istilah adjective kan? Adjective merupakan kata lain dari kata sifat…

Noun Phrase: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Sep 18, 2020

Seperti yang sudah kamu tahu, noun merupakan kata benda dalam bahasa Inggris. Namun, ada istilah…

Analytical Exposition – Definisi, Struktur, Rumus, dan Contohnya

Sep 17, 2020

Blog merupakan salah satu media yang digunakan oleh orang lain untuk mengutarakan opininya. Bahkan banyak…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami