Home Lifestyle   Kuliah di Luar Negeri: 6 Hal yang Wajib Kamu Ketahui!

Kuliah di Luar Negeri: 6 Hal yang Wajib Kamu Ketahui!

Apr 6, 2018

Siapa sih yang tidak mau kuliah di luar negeri?

Selain bisa belajar di universitas kelas dunia, kamu juga bisa mempelajari langsung kebudayaan negara yang kamu kunjungi dan menjadi bagian dari masyarakat global.

Nah, it’s official! You got accepted! And soon you’ll be studying abroad!

Tetapi, baca dulu yuk 7 hal yang perlu kamu ketahui dan persiapkan sebelum berangkat memulai langkah kehidupan barumu untuk kuliah di luar negeri!

 

Persiapkan Visa dan Paspormu!

Untuk kuliah di luar negeri, selain paspor kamu juga membutuhkan visa jenis study. Pastikan juga bahwa paspormu masih memiliki masa berlaku yang lama. Kamu tidak ingin kan jika harus bolak-balik ke negara asal hanya untuk mengurusi paspor? Untuk pengurusan kedua dokumen ini kamu bisa langsung membuatnya di kantor imigrasi dan kedutaan besar negara yang kamu akan kunjungi.

 

Tentukan Tempat Tinggalmu Disana!

Kalau kamu masih bingung akan tinggal dimana, jangan nekat datang lho! Apalagi kamu akan tinggal di negara asing untuk kurun waktu yang lama. Apakah kamu akan tinggal di asrama? Atau tinggal sendiri? Untungnya banyak universitas yang menawarkan fasilitas housing bagi para pelajar internasional. Jadi, kalau kamu ingin tinggal bersama mahasiswa lainnya maka pilihlah untuk tinggal di dormitory. Jika kamu lebih menyukai untuk tinggal sendiri, cari informasi mengenai kelompok atau komunitas masyarakat pendatang ya. They’re very helpful!

 

 [maxbutton id=”4″ url=”https://wallstreetenglish.co.id/englishtest/study/?utm_source=blog&utm_medium=article&utm_campaign=%5BSEO%5D%20Kuliah%20di%20Luar%20Negeri%3A%206%20Hal%20yang%20Wajib%20Kamu%20Ketahui!” ] 

 

Siapkan Pakaian Khusus!

Tidak semua negara memiliki dua musim seperti Indonesia, negara-negara subtropis yang memiliki 4 musim menjadi destinasi yang paling banyak diminati oleh para pelajar internasional. Nah, oleh karena itu kamu harus siapkan pula pakaian-pakaian khusus yang akan dikenakan di setiap musimnya. Misalnya sediakan jaket, mantel, dan sarung tangan untuk persiapan musim dingin.

 

Lakukan Riset Terhadap Kebudayaan Lokal

Karena kamu merupakan seorang pendatang di negara orang lain, tidak ada salahnya untuk mempelajari terlebih dahulu seluk beluk budaya dan kebiasaan yang terdapat di daerah yang akan kamu tinggali. Cari tahu pula mengenai hal-hal sederhana yang mungkin sering kamu lakukan di Indonesia, tetapi dianggap tidak sopan di luar negeri. After all, we have to respect each other.

 

Persiapan Mental

Tinggal di luar negeri untuk waktu yang lama terkadang bisa menjadi tekanan mental yang luar biasa. Tidak sedikit pula kalanya kamu akan merasa kesepian, jauh dari rumah, keluarga, teman dan masih banyak lainnya. Itu merupakan hal yang normal kok! Jadi, jangan jadikan hal tersebut sampai mempengaruhi proses pendidikan mu, ya! Kamu dapat saling bertukar pikiran dengan siswa internasional lainnya untuk berbagi pengalaman, dan setidaknya mengeluarkan segala keluh kesahmu.

 

Persiapkan Kemampuan Bahasa Inggrismu!

Hmm, mau pergi ke negara manapun, bahasa Inggris itu wajib banget untuk kamu kuasai. Selain karena telah diakui sebagai bahasa internasional, dengan menguasai bahasa Inggris kamu tidak perlu lagi merasa khawatir jika bepergian kemanapun. Pelajari beberapa frasa yang berguna seperti cara menanyakan arah, ucapan salam, hingga permintaan tolong. Nah, lebih baik lagi jika kamu sudah siap dengan kemampuan bahasa Inggrismu sehingga kamu dapat menjadi percaya diri saat kuliah di luar negeri. Mau tahu seperti apa kursus bahasa Inggris yang cocok untuk kamu? Klik link berikut ini!

Mengapa memilih Wall Street English 

 

Baca juga artikel menarik lainnya

OK Boomer, Baby Boomer: Pengertian dan Kenapa Bisa Viral?

Dec 3, 2020

Setiap generasi pastinya memiliki sebutannya masing-masing, seperti: Millenials, Gen X, Gen Z, dan juga Baby…

Apa Itu TOEFL? Cara Belajar, dan Contoh Soal Latihan Tesnya

Dec 2, 2020

Apakah kamu sedang dalam persiapan tes TOEFL? Apakah kamu sudah mempersiapkan semuanya demi mendapatkan nilai…

Bahasa Inggrisnya “Senang”, Contoh dan Cara Penggunaannya

Dec 1, 2020

Happy merupakan bahasa Inggrisnya “senang” yang sering kita dengar. Penggunaan happy selalu berulang-ulang sampai kadang…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami