Home Lifestyle   7 Cara Mengatasi Stres Kerja yang Bisa Kamu Lakukan

7 Cara Mengatasi Stres Kerja yang Bisa Kamu Lakukan

Jun 28, 2020

Burnout mungkin bisa jadi istilah yang pas untuk kelelahan bekerja yang malah bisa jadi pemicu stres. Stres kerja ini bisa dipicu dari berbagai hal seperti lingkungan kerja yang tidak mendukung, pekerjaan yang terlalu banyak, bahkan work-life-balance yang kacau. Jika kamu sudah merasakan tanda-tanda seperti emosi yang tidak terkontrol, susah fokus, cepat lelah, pusing, menarik diri dari pergaulan, bahkan gangguan pada lambung, bisa dipastikan kamu mengalami stres. Bagaimana jika kamu terserang stres? Simak beberapa cara mengatasi stres kerja yang bisa kamu lakukan di bawah ini.

Beberapa Cara Atasi Stres Kerja

Dilansir dari Very Well Mind, ada beberapa cara yang bisa menjauhkan diri kamu dari stres kerja. Apa saja itu?

Hindari konflik

Drama dan politik kantor secara tidak langsun bisa menjadi salah satu pemicu stres kerja. Drama yang kerap terjadi bisa berpengaruh pada kesehatan mental dan juga fisik. Hindari diri kamu dari konflik, drama, atau politik kantor yang sedang terjadi. Bagaimana caranya? Caranya dengan menjauh dari kolega yang suka membuat gosip. Bahkan kamu juga wajib menjauhkan diri dari teman 1 tim yang tidak bisa diajak bekerjasama. Rekan kantor seperti ini yang kadang membuat emosi kita tertahan dan akhirnya menyebabkan stres.

Jangan malu bertanya atau memberikan opini

Tahukan kamu? Salah satu penyebab terbesar stres bekerja adalah menerka-nerka kemauan atasan atau klien. Maka dari itu, jangan sungkan untuk bertanya apa kemauan mereka demi bekerja yang lebih efektif. Tak hanya itu, kamu juga berhak memberikan masukan serta opini dan jika ada sesuatu yang disanggah kamu juga berhak menyampaikannya. Namun, yang perlu diingat kamu tetap harus menyampaikannya dengan sopan dan profesional.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Kecerdasan Emosional dan Pentingnya dalam Pekerjaan

Menggunakan waktu dengan efisien

Stres kerja bisa terjadi akibat kurangnya perencanaan serta strategi saat bekerja. Di saat kamu tidak memiliki perencanaan atau jadwal, kamu tidak tahu mana prioritas pekerjaan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Biasanya jika hal itu terjadi kamu akan berusaha menyelesaikan semuanya sekaligus. Lalu, pada akhirnya tidak ada pekerjaan yang hasilnya maksimal bahkan bisa saja pekerjaan semuanya tidak selesai. Yuk mulai sekarang atur waktu serta jadwal di dalam planner ataupun to-do-list demi bisa bekerja lebih efektif. Waktu bekerja dan waktu personal harus diatur sebaik mungkin, lho!

Buatlah meja kerja senyaman mungkin

cara mengatasi stres

Sumber: Canva

Salah satu cara mengatasi stres kerja adalah dengan membuat tempat kerja senyaman mungkin. Tak hanya di kantor, saat WFH pun kamu tetap perlu membuat environment yang nyaman saat bekerja. Ketidaknyamanan seperti kursi yang keras, meja yang berantakan, atau ruangan yang panas bisa memicu stres. Kamu bisa mulai untuk menata meja kerja dan membuang hal-hal yang tidak perlu untuk menghindari terlalu banyak barang di meja. Juga, mulailah untuk duduk di kursi yang nyaman sehingga punggung tidak merasa sakit yang dapat memicu stres.

Baca juga: 5 Skill yang Dibutuhkan Untuk Mendaftar Lowongan Pekerjaan Impian

Lupakan multitasking

Saat melakukan multitasking, kamu akan merasa produktif karena banyak kegiatan yang dilakukan secara bersamaan. Namun sebenarnya hal ini sangat memperlambat pace kerja kamu dan membuat otak bekerja secara ekstra. Maka dari itu, kamu akan sering merasa kelelahan dan tidak fokus akibat multitasking. Yuk lupakan multitasking dan mulai untuk fokus satu per satu agar fisik dan mental tidak lelah.

Mendengarkan lagu kesukaan

Salah satu hal yang bisa membuat kamu semangat adalah mendengarkan lagu kesukaan. Cobalah untuk menyediakan beberapa waktu untuk membuat playlist dan masukkan lagu-lagu yang bisa membangkitkan semangat kamu. Beberapa lagu lama yang sudah lama tidak kamu dengar juga ampuh untuk memberikan perasaaan bahagia karena otak flashback ke waktu-waktu yang menyenangkan.

Baca juga: Gali Lebih Dalam Mengenai Pengertian Kepemimpinan dan Tipe-Tipenya

Cari rutinitas baru

Rutinitas yang sama dan dilakukan setiap hari dapat membuat kita kelelahan mental dan dapat memicu stres. Hal ini dikarenakan kita merasa pekerjaan kita sangat monoton dan membuat jenuh. Untuk mengatasinya kamu bisa mulai untuk mencari rutinitas baru sebagai ‘penyegar’ keseharian. Salah satu halnya adalah dengan belajar bahasa asing di sela-sela kesibukan. Cara mengatasi stres seperti ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasamu dan sangat berguna dalam pekerjaan.

Belajar bahasa Inggris sekarang ini juga bukan hal yang merepotkan seperti les konvensional yang harus pergi ke tempat les. Kamu bisa ikut kursus online yang jamnya bisa kamu sesuaikan seperti program WSE GO (Wall Street English Goes Online). Tanpa ongkos dan tanpa menghabiskan waktu di jalan, kamu bisa langsung belajar dengan koneksi internet yang stabil.

Baca juga artikel menarik lainnya

News Item Text dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

Sep 25, 2020

Tahukah kamu bahwa ada 13 jenis teks dalam bahasa Inggris? Setiap tulisan atau narasi memiliki…

Whether dan If: Penggunaan, Perbedaan, dan Contoh Kalimat

Sep 25, 2020

Walaupun sama-sama digunakan dalam kalimat pengandaian, whether dan if ternyata tidak bisa digunakan secara sembarangan.…

Prepositional Phrase: Definisi, Jenis, dan Contoh Penggunaan

Sep 25, 2020

Jika kita belajar membuat kalimat bahasa Indonesia, pasti kamu sudah tidak asing dengan struktur kalimat…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami