Home Lifestyle   Cara Belajar Efektif di Rumah Selama Covid-19

Cara Belajar Efektif di Rumah Selama Covid-19

Apr 22, 2020

Karena situasi Covid-19 ini, sekolah dan kampus diwajibkan untuk melaksanakan proses belajar di rumah. Sementara belajar di rumah dan belajar di sekolah / kampus mempunyai suasana yang sangat berbeda. Pasti ada di antara kamu yang sering mengantuk atau ingin nonton Youtube / Netflix kan? Nah, berikut ini cara belajar efektif di rumah biar kamu tetap fokus!

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan dan Produktifitas Selama WFH

Belajar di Waktu yang Tepat

Setiap orang memiliki waktu produktif yang berbeda-beda. Ada yang sangat fokus saat pagi hari kemudian ada juga yang sangat fokus menjelang sore. Jadi ada baiknya kamu mengetahui di waktu mana yang kamu paling merasa produktif dan dapat fokus. Kemudian jadikan waktu tersebut sebagai waktu belajar kamu.

Terutama jika kamu sedang mempelajari mata pelajaran / mata kuliah yang memerlukan tingkat fokus yang tinggi. Mengerti waktu fokus kamu penting agar kamu cepat menguasai materi dengan mudah. Karena pada saat fokus tersebut otak kamu akan dengan mudah menyerap materi belajar.

Atur Area Belajar yang Nyaman

Nah, karena rumah tidak di desain khusus untuk belajar seperti sekolah / kampus, maka banyak banget kasus “ketiduran” karena belajar sambil rebahan. Jadi salah satu cara belajar efektif adalah dengan membuat area belajar yang nyaman.

Kamu bisa meletakkan meja belajar di area yang menurut kamu bisa menambah fokus. Bila belajar di kamar membuat kamu ingin tidur, mungkin kamu bisa atur ulang meja belajar di area ruang tamu. Jangan lupa untuk memastikan tempat duduk kamu membuat struktur tulang tetap lurus agar kamu tidak gampang pegal dan lelah saat belajar.

Jangan lupa juga atur penerangan area belajar, apakah perlu ditambah lampu belajar atau tidak. Kemudian selalu sediakan semua peralatan belajar seperti gadget yang dibutuhkan, buku dan charger di atas meja.

Cara Belajar Efektif di Rumah

Cara Belajar Efektif dengan Buat Jadwal Belajar

Perbedaan yang sangat terlihat antara belajar di sekolah / kampus dengan belajar di rumah adalah bel pemisah kelas! Karena tidak ada penanda untuk memisahkan jadwal ada baiknya untuk membuat jadwal kamu. Jadwal ini pun bukan sekedar jadwal pelajaran tapi juga jadwal kegiatan penunjang kamu selama belajar.

Jadi pastikan kamu menulis juga jadwal istirahat kamu untuk makan siang. Penting juga menjadwalkan 5-10 menit istirahat di antara pelajaran. Hal tersebut menjadi cara belajar efektif karena mencegah kamu untuk cepat bosan dan mengantuk.

Gunakan Waktu Istirahat

Ini penting banget! Terkadang kalau di rumah membuat kita jadi lupa waktu. Namun, memanfaatkan waktu istirahat sangat penting untuk re-charge diri kamu. Makan siang membuat otak dan energi kamu jadi segar kembali! Wall Street English punya daftar makanan yang bikin kamu makin fokus:

Ikan

Penting nih kamu makan ikan saat waktu istirahat. Kandungan B12 nya membuat sistem saraf tidak tegang kemudian daya ingat menjadi lebih segar!

Bayam

Siapa yang tidak suka bayam ayo ngaku! Ternyata bayam itu dapat berfungsi untuk menurunkan resiko dari penurunan fungsi kognitif dari otak. Jadi makan bayam setiap hari itu penting ya untuk menunjang cara belajar efektif kamu!

Buah Berry

Makan buah-buahan setiap hari memang penting tapi ternyata buah Berry mempunyai peran penting untuk fungsi otak. Jadi di dalam Stroberi, Blueberry dan Blackberry terdapat antioksidan yang tinggi untuk menurunkan tingkat stres. Jadi perbanyak makan Berry ya agar kamu nggak cepat jenuh belajar!

Selain makan siang, kamu juga dapat memanfaatkan waktu istirahat untuk rehat dari belajar. Di waktu istirahat kamu bisa ngobrol dengan keluarga atau power nap agar kamu siap lanjut belajar lagi.

Baca Juga: Belajar Online Bahasa Inggris Bersama Wall Street English

Itu dia cara belajar efektif di rumah yang bisa kamu coba! Kamu yang sedang di rumah aja ingin menambah kemampuan bahasa Inggris? Gabung dengan WSE GO (Wall Street English Goes Online), di sana kamu bisa belajar bahasa Inggris online bersama dengan Native English Teacher! Seru ya, nggak cuma belajar tapi kamu juga bisa ngobrol interaktif. Klik di sini untuk pelajari selengkapnya!

Baca juga artikel menarik lainnya

Bahasa Inggrisnya “yang”, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 28, 2020

Dalam bahasa Indonesia, “yang” adalah sebuah kata yang bisa dipakai dalam situasi apapun untuk merujuk…

Since vs For: Perbedaan dan Contoh Penggunaan Kalimatnya

Nov 26, 2020

Penggunaan for dan since dalam kalimat bahasa Inggris kadang membuat kita keliru. Dengan arti yang…

Adjective Order: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 26, 2020

Kata sifat merupakan salah satu materi bahasa Inggris dasar yang perlu kamu ketahui dan pelajari…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami