Tips Sukses Meraih Beasiswa AAS 2023

Mar 20, 2023

Mendapatkan beasiswa AAS (Australia Awards Scholarships) adalah impian banyak orang yang ingin menempuh pendidikan tinggi di luar negeri. Beasiswa ini memungkinkan penerima untuk menempuh studi di universitas terkemuka di Australia dan mendapatkan pengalaman akademik dan profesional yang berharga. Namun, meraih beasiswa AAS tidaklah mudah, terutama mengingat persaingan yang ketat. Hal apa saja yang perlu diperhatikan? Simak panduan dan beberapa tips sukses berikut untuk meraih beasiswa AAS tahun 2023!

Apa Itu Beasiswa AAS (Australia Awards Scholarships)?
Australia Awards Scholarships (AAS) adalah beasiswa penuh yang diberikan oleh Pemerintah Australia kepada individu-individu berprestasi dari negara-negara mitra untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan lembaga pendidikan di Australia. Beasiswa AAS mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, asuransi kesehatan, biaya perjalanan, serta dukungan tambahan seperti program persiapan bahasa Inggris dan dukungan akademik dan sosial selama masa studi di Australia.
Beasiswa ini bertujuan untuk membantu para penerima beasiswa meningkatkan kemampuan untuk memajukan pembangunan di negara asal mereka. Oleh karena itu, penerima beasiswa AAS diharapkan kembali ke negara asal setelah menyelesaikan program studi di Australia.

Apa Saja yang Kamu Dapatkan dari Beasiswa AAS?
Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu jadi penerima beasiswa AAS. Berbagai keperluan studi kamu akan ditanggung, mulai dari kebutuhan selama pelatihan sebelum keberangkatan (Pre Departure Training), biaya visa, pemeriksaan medis, biaya kuliah dan biaya hidup di Australia, pengantar program akademik dan dukungan akademis tambahan, asuransi kesehatan selama periode beasiswa, tiket pesawat pulang pergi Indonesia-Australia, tiket reuni (khusus untuk mahasiswa program Master yang berdurasi minimal 2 tahun dan mahasiswa program PhD yang tidak membawa keluarga ke Australia, hingga tunjangan kerja lapangan (berlaku jika kerja lapangan merupakan komponen wajib dalam penelitian).

Selain itu, penerima beasiswa juga berkesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan tambahan, yakni On Award Enrichment untuk membangun hubungan dengan organisasi dan profesional yang menjadi bagian dari mitra Australia.

Tingkatkan Kesempatanmu Lolos Beasiswa AAS!
Berikut ini adalah tips untuk membantu kamu berhasil meraih beasiswa AAS.

1. Perhatikan batas waktu
Beasiswa Australia Awards punya deadline yang cukup panjang, yaitu 1 Mei 2023. Kamu bisa memanfaatkan waktu dua bulan ini untuk melengkapi persyaratan dan dokumen pendukung yang dibutuhkan, terutama hasil tes bahasa Inggris, salinan ijazah dan transkrip, dan referensi akademik. Kamu juga bisa memaksimalkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan mengikuti program Wall Street English yang sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Fokus pada motivasimu
Setiap pemohon harus menyediakan sebuah essay yang menjelaskan motivasi mereka dan mengapa mereka layak mendapatkan beasiswa. Pastikan bahwa essay yang kamu buat jelas dan persuasif, dan menunjukkan komitmen yang kuat terhadap studi dan karirmu.

3. Tahu kampus yang dituju
Perlu kamu ketahui, pengajuan beasiswa AAS akan dikirimkan ke kantor AAS sebagai pembiaya, bukan ke universitas di Australia yang ingin kamu tuju. Jadi, sembari kamu melengkapi persyaratan, coba cari informasi universitas dan jurusan atau fakultas yang cocok denganmu di sana. Jangan lupa juga untuk menentukan bidang mana yang ingin kamu pelajari.

4. Tenang dan percaya diri saat wawancara
Berusahalah untuk tenang sebelum wawancara dimulai, untuk memastikan kamu bisa mengerti dan menjawab pertanyaan panelis dengan baik. Pastikan kamu sudah mempelajari dan memahami berkas aplikasi beasiswa yang kamu kirimkan. Pastikan juga untuk melakukan kontak mata ke seluruh panelis yang ada untuk menunjukkan kepercayaan dirimu selama proses wawancara berlangsung.

5. Perluas jaringan dan pengalaman
Pelamar yang memiliki pengalaman kerja dan aktivitas sosial yang lebih banyak cenderung lebih unggul dalam proses seleksi. Karena masih ada waktu, ambil kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan di komunitas yang kamu senangi, misalnya bergabung di salah satu komunitas Wall Street English untuk menambah kepercayaan diri dan memperluas jaringan.

More News

May 8, 2023
Lifestyle

Panduan Mengajukan Working Holiday Visa Australia

May 4, 2023
Lifestyle

Resolusi Konflik: Menangani Percakapan yang Sulit serta Menjaga Hubungan Baik

Apr 28, 2023
Lifestyle

Kuasai Grammar Bahasa Inggris dengan Cepat dengan Tips & Trik Berikut!

Apr 19, 2023
Lifestyle

Apa Itu Letter of Acceptance (LoA) dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Apr 19, 2023
Lifestyle

Deretan Beasiswa Amerika Serikat untuk Pelajar Indonesia

Apr 10, 2023
Lifestyle

Keseruan Acara Ngabuburit Wall Street English Bersama Arcanum Hobbies

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • Pastikan nomer telfon yang anda masukan tersambung dengan whatsapp
  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP