Kebutuhan yang Wajib Dibawa Saat ke Luar Negeri

Oct 5, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Tidak terasa, waktu liburan sudah dekat. Banyak sekali rencana yang ingin dilakukan ketika liburan sudah mulai tiba. Namun, terkadang kita terlalu sibuk memikirkan ingin pergi kemana, dan destinasi wisata yang ingin dikunjungi sampai kita lupa untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan sebelum berangkat liburan. Apalagi, jika kamu pergi liburan ke luar negeri. Terdapat banyak sekali kebutuhan yang harus dipersiapkan, mulai dari dokumen yang wajib dibawa hingga barang-barang yang juga wajib dipersiapkan. 

Di dalam artikel kali ini, kita akan membahas apa saja yang diperlukan saat ke luar negeri baik itu dokumen ataupun barang-barang wajib. 

Dokumen apa yang diperlukan saat ke Luar Negeri? 

Identitas Diri

Identitas diri adalah dokumen yang wajib dibawa kemanapun kamu pergi, baik pergi keluar negeri, maupun ke dalam negeri. Identitas diri seperti KTP berfungsi untuk memastikan nama, serta dari mana kamu berasal. Serta, dengan memiliki identitas diri maka kamu dapat dipastikan bahwa kamu berasal dari negara asal secara legal. Pastikan kamu membawa identitas diri seperti KTP, Kartu Pelajar, Kartu Mahasiswa dalam bentuk fisik, ataupun digital. 

Paspor

Paspor adalah dokumen wajib yang dimiliki ketika kamu melakukan perjalanan ke luar negeri. Jika belum memiliki paspor dan ingin bepergian ke luar negeri alangkah baiknya kamu mempersiapkan dokumen tersebut. Baik dari keaslian data, jumlah halaman, tanda tangan asli dan lainnya. 

Pembuatan paspor tidak membutuhkan waktu yang lama, dan pengajuan untuk pembuatan paspor kamu dapat langsung mengunjungi kantor Imigrasi terdekat di tempat kamu tinggal. 

Visa Perjalanan

Dokumen penting lainnya yang wajib dimiliki adalah visa perjalanan. Sebagian besar negara mewajibkan wisatawan memiliki visa perjalanan. Banyak sekali aturan visa yang beredar dan dapat membuat bingung. Alangkah baiknya, tetapkan negara tujuan dahulu dan kemudian mencari tahu mengenai regulasi atau aturan dari visa perjalanan. 

Jadi, kamu tidak terlalu repot nantinya pada saat pembuatan visa untuk negara tujuan berlibur kamu. Namun, pembuatan visa harus dilakukan jauh-jauh hari bahkan berbulan-bulan sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri. 

Tiket Perjalanan

Tiket perjalanan juga wajib dipersiapkan. Baik menggunakan transportasi darat, laut dan udara, kemudian berbagai tiket wisata yang akan dikunjungi, hingga booking penginapan. Sebelum berangkat berlibur alangkah baiknya kembali melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan tiket. Apalagi, jika kamu memesan tiket secara online. Hal tersebut harus benar-benar diperhatikan agar tiket yang dipesan tidak terhapus atau hilang dari handphone kamu. 

Jadwal Perjalanan (Itinerary)

Kemudian, jadwal perjalanan yang lebih rinci juga wajib untuk dimiliki agar dapat mempermudah kamu dalam melakukan wisata di negara tujuan. Mulai dari tempat yang akan dikunjungi, penginapan, hingga akomodasi yang akan digunakan. Menggunakan jadwal perjalanan sangatlah cocok bagi kamu yang baru pertama kali melakukan traveling ke luar negeri atau ke luar kota. 

Barang Apa saja yang diperlukan saat ke luar negeri? 

Setelah semua dokumen sudah dipersiapkan, sekarang terdapat beberapa barang yang wajib digunakan pada saat melakukan traveling ke luar negeri. Apa saja barang-barang tersebut? 

Koper

Pakaian yang cukup harus dibawa ketika melakukan perjalanan ke luar negeri. Mulai dari atasan, bawahan, dalaman, pakaian luar seperti jaket dan lainnya. Namun, tidak mungkin kamu menggunakan tas biasa hanya untuk membawa pakaian dalam jumlah banyak. Kamu wajib membawa dan menggunakan koper untuk membawa pakaian dalam jumlah banyak. 

Selain pakaian, koper juga dapat digunakan untuk membawa barang-barang lainnya seperti peralatan elektronik, peralatan kesehatan, obat-obatan, makanan, minuman, oleh-oleh dan masih banyak lagi. Namun ketika membawa barang-barang kamu harus ingat, jangan sampai melebihi kapasitas bagasi yang diperlukan agar tidak dikenakan biaya tambahan. 

Travel Bag

Peralatan selanjutnya yang wajib kamu bawa adalah Travel Bag. Tas jinjing dengan model yang besar ini dapat memuat berbagai peralatan yang dibutuhkan, contohnya seperti peralatan pribadi (elektronik, dompet), kemudian cemilan ringan, obat-obatan, pakaian ganti jika dibutuhkan dan perlengkapan lainnya. Namun, sebelum menggunakan travel bag pastikan pula bahwa travel bag tersebut memiliki bahan yang kuat, ringan serta multifungsi. 

Bantal Leher

Perjalanan yang jauh menggunakan transportasi apapun pasti akan melelahkan. Terdapat satu aksesoris yang wajib kamu gunakan yaitu bantal leher. Bantal leher, sesuai dengan namanya berguna untuk mengatasi masalah leher dan cocok digunakan ketika kamu ingin beristirahat di dalam pesawat, dan kereta api. Selain itu, bantal leher juga memiliki penutup kepala agar istirahat dapat lebih nyaman. 

Perlengkapan P3K

Disaat traveling, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Baik itu penyakit maupun kecelakaan kecil. Maka dari itu, memiliki perlengkapan P3K adalah hal yang wajib agar bisa mencegah penyakit, dan mengobati berbagai luka kecil. Kamu juga dapat membawa aneka vitamin dalam bentuk pil atau sirup untuk menjaga daya tahan tubuh ketika bepergian. 

Travel Charger / Powerbank

Barang berikutnya yang wajib kamu bawa ketika traveling keluar negeri adalah travel charger dan powerbank. Kedua barang ini wajib digunakan untuk mengisi baterai dari handphone kamu agar selalu menyala setiap saat. Untuk powerbank, gunakan powerbank yang aman ketika berada di dalam pesawat. 

Itulah beberapa dokumen penting serta peralatan yang wajib dibawa dan digunakan ketika bepergian ke luar negeri. Salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan ketika bepergian ke luar negeri adalah kamu harus mampu memahami bahasa Inggris setidaknya di level yang dasar agar saat berkomunikasi di luar negeri menjadi lebih mudah. 

Jika kamu tidak sama sekali memahami bahasa Inggris, akan sangat sulit berkomunikasi dengan warga lokal. Bahkan, penipuan pun bisa terjadi jika kamu masih kesulitan berbahasa Inggris. Maka dari itu, belajar bahasa Inggris kini adalah hal yang wajib. Kamu dapat mendaftarkan diri ke Wall Street English untuk belajar bahasa Inggris dari segi percakapan sehari-hari! Materi yang mudah dipelajari, waktu yang lebih fleksibel hingga native speaker dari berbagai negara! 

More News

Nov 24, 2022
Lifestyle

5 Tempat Wisata di Vietnam, Memiliki Keindahan Alam yang Eksotis!

Nov 23, 2022
Lifestyle

10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Korea!

Nov 18, 2022
Lifestyle

Tips Hemat Liburan ke Jepang bagi Pemula

Nov 17, 2022
Lifestyle

Baru Pertama Kali ke Luar Negeri? Ini Dia Cara Jalan-jalan Ke Luar Negeri!

Nov 16, 2022
Lifestyle

Berwisata ke Australia, Jangan Lupa Kunjungi Kota Paling Bagus di Australia!

Nov 11, 2022
Lifestyle

Ingin Kemampuan Bahasa Inggris Lebih Meningkat? Yuk, ke Wall Street English!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP