Ini Dia, Daftar Negara di Dunia yang Bebas Visa untuk Indonesia

Oct 7, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Liburan akhir tahun sudah mulai dekat, dan sudah banyak warga Indonesia berbondong-bondong mencari kegiatan liburan. Apalagi ke luar negeri yang sudah menjadi kegiatan masyarakat Indonesia di akhir tahun. Namun, untuk berwisata ke luar negeri tidaklah mudah, banyak sekali dokumen-dokumen penting yang harus dipersiapkan untuk proses administrasi yang resmi dan legal. 

Dokumen yang harus dipersiapkan yaitu identitas diri, paspor, visa dan beberapa dokumen penting lainnya. Visa adalah salah satu dokumen penting yang dibutuhkan untuk berkunjung ke suatu negara. Tergantung kemana tujuan negaranya, persyaratan visa berbeda-beda. Jika kamu sudah memiliki visa, maka kamu dapat mengunjungi negara tujuan dengan lancar. Terdapat beberapa kategori visa yang harus diketahui dan salah satunya adalah visa turis. Namun, terdapat beberapa negara yang bebas visa untuk paspor Indonesia, lho!

Pada artikel kali ini, kita akan membahas rekomendasi negara mana saja yang bebas visa untuk paspor Indonesia! Namun, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja kategori visa beserta fungsi-fungsinya. 

Jenis-jenis Visa Beserta Fungsinya

Visa Turis/Visa Kunjungan Wisata

Sesuai dengan namanya, Visa Turis merupakan visa yang diperuntukkan bagi seseorang yang ingin melakukan liburan atau wisata ke luar negeri. Memiliki visa ini, kamu akan diizinkan masuk ke negara tujuan. Namun, pembuatan Visa Turis tidaklah sebentar, membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi, jika ingin pergi liburan ke luar negeri, alangkah baiknya kamu mempersiapkan visa ini dari jauh hari karena permintaan akan pembuatan Visa ini sangatlah padat. 

Visa Kerja

Visa ini diperuntukkan bagi kamu yang akan bekerja dan menjadi karyawan di perusahaan luar negeri. Perlu diingat bahwa visa ini hanya dapat diperpanjang di negara asal dengan mengajukan ulang untuk pembuatannya. Visa ini terbagi sesuai dengan durasi kontrak kerja yaitu Visa Kerja Sementara, Semi-Permanen dan Permanen. 

Visa Bisnis

Visa ini diperuntukkan bagi pebisnis yang ingin bepergian ke luar negeri dalam waktu yang cukup lama. Cocok bagi kamu yang ingin memperluas bisnis ke luar negeri dan membutuhkan waktu yang lama dalam mengurus bisnis, pendirian perusahaan dan lainnya yang berhubungan dengan bisnis. 

Visa Kunjungan Bisnis

Berbeda dengan Visa Bisnis, Visa Kunjungan Bisnis adalah jenis visa yang diperuntukkan bagi para pebisnis untuk melakukan kunjungan mengenai dunia bisnis dengan waktu yang pendek contohnya seperti mengunjungi seminar, rapat, pameran, dan mengunjungi kantor pusat perusahaan multinasional. 

Visa Pelajar

Visa ini dikhususkan bagi siswa dan mahasiswa untuk melanjutkan studi belajar di luar negeri dan visa ini berlaku selama masa pendidikan di luar negeri begitu pula dengan libur sekolah. Pengajuannya cukup mudah, hanya tinggal memiliki surat izin bersekolah dari instansi pendidikan yang dituju baik sekolah maupun kuliah. 

Visa Pertukaran Pelajar

Berbeda dengan Visa Pelajar, visa ini hanya diperuntukkan bagi siswa dan mahasiswa yang berhasil menjalani program pertukaran pelajar dengan negara tertentu. Pembuatan visa ini dibantu oleh lembaga atau institusi pendidikan yang mengadakan program pertukaran pelajar. Kamu hanya tinggal menyiapkan beberapa dokumen-dokumen serta dana yang diwajibkan untuk pertukaran pelajar. 

Negara apa saja yang bebas Visa untuk Indonesia? 

Hingga tahun 2022, terdapat banyak sekali negara yang bebas Visa untuk paspor Indonesia. 

Negara di Asia yang Bebas Visa untuk Indonesia

  • Malaysia : Bebas Visa selama 90 Hari
  • Vietnam : Bebas Visa selama 30 hari
  • Myanmar : Bebas Visa selama 14 hari
  • Macau : Bebas Visa selama 30 hari
  • Thailand : Bebas Visa selama 30 hari 
  • Filipina : Bebas Visa selama 30 hari
  • Singapura : Bebas Visa selama 30 hari

Negara di Afrika yang Bebas Visa untuk Indonesia

  • Maroko : Bebas Visa selama 90 Hari
  • Madagascar : Visa on Arrival 90 hari
  • Senegal : Visa on Arrival, namun memerlukan International Certificate of Vaccination
  • Zimbabwe : Visa on Arrival 90 hari
  • Rwanda : Visa on Arrival 90 hari
  • Namibia : Bebas Visa selama 30 hari
  • Mozambique : Visa on Arrival 30 hari

Negara di Amerika yang Bebas Visa untuk Indonesia

  • Brazil : Bebas Visa selama 30 hari
  • Peru : Bebas Visa selama 183 hari
  • Ekuador : Bebas visa selama 90 hari  
  • Kolombia : Bebas visa selama 90 hari (dapat diperpanjang hingga 180 hari dalam kurun waktu 1 tahun)
  • Chile : Bebas visa 90 hari

Itulah beberapa daftar negara, yang dapat kamu jadikan sebagai pilihan untuk berlibur dengan syarat bebas Visa untuk paspor Indonesia selama jangka waktu tertentu. Selain dokumen seperti visa yang harus kamu siapkan, kamu juga perlu mempersiapkan kemampuan berkomunikasi dalam bentuk bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan warga lokal ketika sedang berwisata ke luar negeri. 

Dengan mempelajari bahasa Inggris, juga dapat menjadi sebuah investasi jangka panjang agar kamu dapat lebih percaya diri ketika sedang berada di luar negeri atau bertemu dengan kawan, dan rekan kerja dari luar negeri. Bahasa Inggris sangatlah wajib untuk dipelajari! Nah, Wall Street English hadir untuk membantu kamu belajar bahasa Inggris dari level yang paling rendah hingga level paling tinggi! Materi yang lengkap, waktu belajar yang fleksibel hingga native speaker terbaik dari berbagai negara semua tersedia di Wall Street English! 

More News

Nov 24, 2022
Lifestyle

5 Tempat Wisata di Vietnam, Memiliki Keindahan Alam yang Eksotis!

Nov 23, 2022
Lifestyle

10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Korea!

Nov 18, 2022
Lifestyle

Tips Hemat Liburan ke Jepang bagi Pemula

Nov 17, 2022
Lifestyle

Baru Pertama Kali ke Luar Negeri? Ini Dia Cara Jalan-jalan Ke Luar Negeri!

Nov 16, 2022
Lifestyle

Berwisata ke Australia, Jangan Lupa Kunjungi Kota Paling Bagus di Australia!

Nov 11, 2022
Lifestyle

Ingin Kemampuan Bahasa Inggris Lebih Meningkat? Yuk, ke Wall Street English!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP