Berbincang Seputar Adaptasi di Lingkungan Kerja Internasional bersama Wall Street English dan Purwadhika Digital School

Dec 29, 2022

Dalam kolaborasi bersama Purwadhika Digital School, Wall Street English Indonesia melangsungkan sebuah acara talk show spesial bertajuk “Adapting to International Company Culture and Environment” di Wall Street English BSD City. Acara yang berlangsung pada 20 Desember 2022 ini membahas tantangan dan strategi untuk beradaptasi dengan budaya dan lingkungan perusahaan internasional bersama panel yang terdiri dari alumni Purwadhika, Willy Bernardus serta perwakilan Wall Street English Indonesia, Michael Lie dan Tata Rachmat.

Sebagai seseorang yang memiliki profesi software engineer, Willy Bernardus diharuskan berhadapan dengan kolega maupun klien yang berasal dari negara lain, seperti India. Seperti apa strateginya dalam menjalin hubungan yang positif dengan rekan-rekan kerjanya tersebut? Willy mengatakan bahwa dia seringkali menggunakan humor agar suasana kerja lebih hangat. Pada sesi talk show Willy menuturkan, “Saya kadang memasang foto Shah Rukh Khan saat mempresentasikan software yang sedang saya bangun untuk membuat rekan kerja yang lain tertawa.”

Tata Rachmat membagikan pengalamannya meniti karier di Citibank Indonesia dan Singapura. Menurutnya, kebudayaan perusahaan dapat tetap terasa familiar dalam perusahaan multinasional seperti Citibank. Tata menekankan pentingnya berpikiran terbuka dalam mempelajari budaya dan kebiasaan baru. Dia juga merekomendasikan agar para pekerja yang memasuki lingkungan internasional tidak ragu-ragu untuk memulai komunikasi dengan para kolega dari negara berbeda, meski tata bahasanya belum sempurna. Namun, hal ini bukan berarti kita tidak perlu terus mengembangkan kemampuan bahasa Inggris untuk kesuksesan yang optimal.

Selanjutnya, Michael Lie menambahkan mengenai betapa krusialnya kemampuan berbahasa Inggris untuk dapat sukses di lingkungan kerja internasional. “Agar dapat bekerja dengan efektif di perusahaan internasional mana pun, kita perlu memastikan bahwa kemampuan bahasa Inggris kita terus #NaikLevel,” ungkapnya. Michael juga mengatakan bahwa dengan penguasaan bahasa Inggris, maka berbagai kesempatan untuk meningkatkan karier pun akan terbuka bagi kita. Menurut Michael, hal ini penting agar kita dapat memahami dan mempelajari bagaimana latar belakang orang-orang dalam tim kita sebab komunikasi yang baik akan menginspirasi kerja tim yang solid.

Secara keseluruhan, panel menekankan pentingnya berpikiran terbuka, sikap proaktif, dan fleksibilitas untuk bisa sukses dalam budaya perusahaan global. Mereka juga menyoroti pentingnya membangun komunikasi yang sehat di lingkungan kerja, serta membangun hubungan dan jaringan yang luas untuk menavigasi tantangan dan berkembang dalam lingkungan budaya baru. Ingin tahu langkah apa yang bisa kamu ambil untuk mulai meniti karier internasional? Bergabunglah dengan komunitas yang mendukung perkembangan dirimu melalui peningkatan kemampuan bahasa Inggris. Perluas jaringan dan tingkatkan kemampuan di total English environment bersama Wall Street English!

More News

Jan 28, 2023
Media Coverage, News

Grand Opening Wall Street English BSD City

Dec 29, 2022
Lifestyle

Community Showcase event: Responsibility in Creating Content bersama Kemal Palevi

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Solo Travelling!

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Wisata Budaya Terbaik di Dunia

Nov 30, 2022
Lifestyle

Suka Camping? Ini Dia, 5 Lokasi Kemah Paling Keren di Dunia!

Nov 30, 2022
Lifestyle

6 Tempat Wisata Terkenal dan Paling Populer di Filipina!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP