Home English Tips   Apa Itu TOEFL? Cara Belajar, dan Contoh Soal Latihan Tesnya

Apa Itu TOEFL? Cara Belajar, dan Contoh Soal Latihan Tesnya

Des 2, 2020

Apakah kamu sedang dalam persiapan tes TOEFL? Apakah kamu sudah mempersiapkan semuanya demi mendapatkan nilai yang baik? Ataukah kamu baru mendengar istilah TOEFL? Ada beberapa cara belajar TOEFL yang bisa kamu coba di rumah agar mental lebih siap dan bisa mendapatkan hasil terbaik. Ini dia beberapa tips ala Wall Street English.

Apa Itu TOEFL?

Buat kamu yang baru mendengar tentang TOEFL, TOEFL adalah tes yang terstandarisasi untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris dari seseorang yang bahasa ibunya bukanlah Bahasa Inggris dan orang tersebut bertujuan untuk bekerja atau kuliah di negara yang menggunakan Vahasa Inggris sebagai bahasa resmi yang digunakan.

Tes TOEFL biasanya digunakan oleh institusi yang berasal dari negara Amerika Serikat atau Kanada, sehingga bahasa yang digunakan dalam tes adalah Bahasa Inggris Amerika atau American English.

TOEFL memiliki dua jenis tes, yaitu PBT (paper-based test) dan iBT (internet-based test). Skor atau nilai untuk ujian PBT berkisar antara 310 – 677 sedangkan untuk yang iBT berkisar antara 0 – 120.

Mengetahui Format Tes

Bisa dikatakan cara terbaik dalam menghadapi perang adalah mengetahui medannya agar kamu leluasa saat melakukannya. Kamu harus tahu kira-kira soal apa saja yang akan keluar saat tes. Kamu bisa melakukan research di internet atau juga melakukan latihan dari buku soal yang banyak dijual.

Tak cukup hanya latihan mengerjakan soal, kamu juga disarankan untuk melakukan simulasi tes agar bisa menguasai “medan perang”. Format paper based (PBT) dan internet based (iBT) ternyata sedikit memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya?

Baca juga: Level Bahasa Inggris, Bagaimana Cara Mengukur Kemampuanmu?

Internet-based test

  • Reading section: 60-80 menit  (36-56 pertanyaan)
  • Listening section: 60-90 menit (34-51 pertanyaan)
  • Short break: 10 menit
  • Speaking section: 20 menit (6 tugas)
  • Writing section: 50 menit (2 esai)

Paper-based test

  • Listening section: 30-40 menit (50 pertanyaan)
  • Writing section: 25 menit (40 pertanyaan)
  • Reading section: 55 menit (50 pertanyaan)
  • TWE test: 30 menit (Menulis 1 esai)

Mengetahui Alasan Kamu Mengikuti Tes TOEFL

Cara belajar TOEFL yang kedua adalah mengetahui terlebih dahulu apa alasan kamu mengikuti tes TOEFL. Dengan begitu kamu bisa tahu apa saja yang perlu kamu pelajari secara esktra.

Misalnya jika kamu mengikuti tes TOEFL untuk mendapat pekerjaan yang mungkin nantinya akan perlu lebih banyak urusan di telepon, pitching, dan presentasi.

Nah, kamu perlu mengasah speaking skill dan juga listening secara lebih dalam agar dalam tes nanti kamu bisa mendapatkan nilai yang ideal.

Lalu, bagaimana mengasah listening skill? Kamu bisa membiasakan telinga kamu dengan mendengarkan podcast berbahasa Inggris dan juga menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle. Usahakanlah kegiatan ini menjadi sebuah kebiasaan bukan hanya sekadar persiapan tes TOEFL.

Punya Target Nilai

Siapa sih yang tidak mau punya nilai yang bagus? Nah, supaya kamu makin getol dalam mengejar nilai, coba catat berapa target nilai yang ingin kamu raih. Sesudah memiliki target nilai, cobalah untuk tes simulasi secara online yang biasanya juga memiliki elemen penilaian.

Dengan beberapa kali melakukan latihan, kamu akan tahu sejauh mana sih kemampuan kamu? Apakah kamu bisa mendapatkan nilai target yang kamu inginkan? Tak hanya target nilai maksimum yang ingin kamu capai, kamu juga bisa mencatat nilai paling minimum yang kamu ingin dapatkan.

Dengan mencatat score minimal dan maksimal, kamu akan lebih siap dalam menghadapi tes dan berusaha semaksimal mungkin dalam pengerjaannya. Tapi ingat, target nilai tetap harus realistis ya.

Baca juga: Wall Street English dan Berbagai Program Belajarnya

Buatlah Rutinitas Belajar yang Ideal

Dilansir dari FluentU, ada satu hal yang tidak kalah penting dalam mempersiapkan tes TOEFL, yaitu membuat rutinitas belajar yang ideal.

Nah, dalam hal ini kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana sistem belajar yang paling tepat untuk diri kamu sendiri.

Latihan dan belajar tak bisa dilakukan hanya dalam 1-2 hari sebelum tes. Setidaknya, kamu perlu waktu minimal 3-6 bulan untuk sudah mempersiapkan diri. Ada beberapa tips untuk menciptakan ruang belajar yang ideal:

Temukanlah setidaknya tiga tempat ideal untuk belajar

Cari tahu di manakah tempat yang paling nyaman untuk kamu belajar. Bisa saja mungkin di perpustakaan, kamar tidur, atau bahkan di coffee shop.

Ada alasan mengapa kamu perlu menemukan setidaknya tiga tempat yang nyaman untuk belajar. Jika kamu sedang tidak termotivasi untuk belajar di satu tempat, kamu punya alternatif lain dan bisa pindah ke tempat lain. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak belajar, kan?

Membuat jadwal istirahat

Jika membuat jadwal menurutmu kurang penting, ternyata kamu salah besar. Selain membuat hidupmu akan menjadi lebih teratur, jadwal juga bermanfaat untuk membuat jadwal belajar persiapan TOEFL kamu semakin teratur.

Buatlah jadwal belajar sekaligus dengan jadwal istirahat dan makan siang. Dengan bantuan makan makanan bergizi secara teratur, konsentrasi dan fokus kamu dalam belajar akan terlatih dengan baik.

Jangan lupa juga untuk meletakkan botol air mineral saat kamu belajar. Dengan asupan air yang cukup, kamu tak akan mudah ngantuk saat belajar.

Baca juga: Ketahui Hal Ini Untuk Persiapan Tes Bahasa Inggris

Contoh Soal Latihan Tes TOEFL

Apakah kamu sudah melakukan latihan? Atau malah belum punya bayangan sama sekali seperti apa soal TOEFL? Di bawah ini ada beberapa contoh soal tes TOEFL yang bisa kamu pelajari agar persiapan kamu menjadi lebih matang.

Reading

Ada beberapa bagian dari soal TOEFL. Kali ini kita lihat contoh soal tes TOEFL di bagian reading.

Passage:

Please go to page 20 of “International Finance”, linked above, and read the first paragraph. This paragraph begins with the phrase “Countries interact…”

Example:

According to the author in the paragraph, what does the exchange rate measure?

  1. The difference between import and export
  2. The way to convert one currency into another currency
  3. The speed of exchange of goods between countries
  4. The rate of change in international trade

Passage:

Please refer to page 22 of “International Finance”, specifically to paragraphs 2, 3 and 4.

Example:

According to the text, which country relies on a single foreign currency to maintain its exchange value?

  1. USA
  2. Russia
  3. China
  4. Germany

Dua contoh soal di atas adalah contoh soal bagian reading. Dalam bagian ini kamu diharuskan untuk menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan teks atau paragraf yang sudah diberikan.

Kamu diharuskan untuk benar-benar membaca dengan teliti, karena ada dua bagian yang bernama factual information dan negative factual information.

Dalam bagian negative factual information biasanya diselipkan pertanyaan serta pilihan jawaban yang mengecoh dan bisa berakibat mengurangi poin kamu. Biasanya masing-masing bagian terdiri dari 3-6 pertanyaan.

Baca juga: Cari Tahu Lebih Lanjut Mengenai Apa Itu IELTS

Written Expression

Selain ada reading yang memiliki pertanyaan menjebak, bagian writing juga memiliki pertanyaan yang tak kalah menjebak. Soal di bawah ini adalah salah satu contoh yang memiliki empat frasa atau kata yang digaris bawahi.

Kamu perlu melakukan Identifikasi satukata bergaris bawah yang salah hingga perlu diubah untuk memperbaiki keseluruhan kalimat. Lihat contohnya di bawah ini:

  • Soal: The American (A) Declaration of Independence has been (B) signed on (C) July 4, 1776 (D) in Philadelphia, Pennsylvania.
    Jawaban: Kata yang perlu diperbaiki adalah (B) karena seharusnya menggunakan kata “was” untuk melengkapi kalimat pasif tersebut.
  • Soal: Cambodia’s (A) top court is to hear the case as early (B) the start (C) of next winter (D)
    Jawaban:Untuk komparasi, kata (B) kurang lengkap karena seharusnya menggunakan frasa “as early as”, bukan hanya “as early.”
  • Soal: Liberty of speech (A) is one of the (B) pillars of (C) Western democracy (D).
    Jawaban: Frasa “liberty of speech” kurang tepat karena yang benar adalah “freedom of speech” sehingga jawaban yang perlu diperbaiki adalah (A).

Baca juga: Penjelasan Lengkap Mengenai Grammar dan Istilah di Dalamnya

Structure

Seperti pada ujian Bahasa Inggris umumnya, soal structure juga akan keluar dalam TOEFL. Dalam structure kamu akan disuruh untuk mengisi kata yang tepat dalam kalimat yang tidak lengkap. Contoh:

Soal: Refugee migration is at ____ worldwide.

  1. an all-time high
  2. the all time high
  3. all times high
  4. the high all-time

Jawaban: Pilihan jawaban yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah (1). Dalam pilihan tersebut, terdapat article yang diikuti dengan kata sifat untuk kata benda “high”. Klausanya terpisah dengan klausa utama.

Soal: The Dallas Theater Center presents plays in two buildings, ____ was designed by the internationally renowned architect, Frank Lloyd Wright.

  1. which
  2. which one
  3. that which
  4. one of which

Jawaban: Frasa yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah “one of which” yang ada di pilihan jawaban (4) karena mengandung struktur kalimat yang lengkap.

Prose Summary

Dilansir dari FluentU, ada salah satu soal yang masih masuk dalam bagian reading bernama prose summary. Dalam soal ini kamu akan diberikan pertanyaan yang lebih mendalam mengenai bacaan yang disediakan.

Kamu akan diberikan enam pilihan jawaban panjang berdasarkan bacaan. Kamu akan disuruh untuk menganalisa garis besar dari sebuah bacaan dan disuruh memilih tiga jawaban yang tepat berkaitan dari bacaan tersebut.

Soal: The passage describes the basics of exchange rates and how they are used throughout the world. What are the main points of the passage?

  1. Countries rely on the exchange of currency to conduct trade and financial transactions across borders. Trade and investment are impossible without established currency exchange systems.
  2. The European Union maintains a fixed exchange rate between its member states, but a free-floating one in relation to every other country.
  3. The gold standard was a traditional way of pegging the currency to a commodity (gold) and basing the exchange rates on that.
  4. The Bretton Woods system allowed countries to maintain fixed currency rates and is still the norm today.
  5. Several types of currency systems are in use today, including free-floating, fixed, and composite currency fixed, among others.
  6. The IMF helps monitor currencies across the world, and every state’s central bank has to comply with its policies and Special Drawing Rights.

Baca juga: Konsentrasi Bisa Ditingkatkan dengan Cara-Cara Ampuh Berikut Ini!

Nah, itu dia beberapa contoh soal tes TOEFL yang bisa kamu pelajari di rumah sambil mempersiapkan diri. Selain belajar soal-soal tes TOEFL, kamu juga bisa ikut kursus online seperti program WSE GO (Wall Street English Goes Online) yang punya materi sesuai dengan kebutuhan kamu.

Ada Conversation Master Class dan juga Grammar Masterclass yang bisa kamu ikuti untuk menghadapi tes TOEFL. Ditangani langsung oleh para native trainers berpengalaman, kamu akan memiliki pengalaman luar biasa dalam belajar Bahasa Inggris.

Kamu bisa memulai juga dengan mengetaui level Bahasa Inggris kamu. Yuk, isi kuis di bawah ini agar tahu tingkat Bahasa Inggris kamu!

English Tips Feb 26, 2021

Infinitive: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Dalam mempelajari grammar, ada salah satu materi bernama infinitive yang memiliki karakterisitik unik dan bisa digunakan di berbagai kondisi. Materi ini ternyata juga banyak keluar di soal-soal tes TOEFL atau IELTS lho! Yuk, mari belajar…


English Tips Feb 23, 2021

Later dan Latter: Perbedaan, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Latter dan later merupakan kata yang sangat mirip jika diucapkan dan persamaan bunyi ini membuat banyak orang keliru saat ingin menggunakannya. Apalagi jika dalam listening, kedua kata ini sangat serupa dan membuat bingung. Padahal, dari…


Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami