5 Tips Untuk Lulus Tes IELTS

Jun 10, 2019
Share on facebook
Share on twitter

Di era global seperti sekarang ini, kamu tentu pernah mendengar tentang tes IELTS. Apa sih IELTS itu? Tes IELTS merupakan sebuah standar ujian yang digunakan untuk mengukur kemampuan membaca, menulis, dan berbicara seseorang dalam bahasa Inggris. Jadi, mereka yang hendak berwisata, melanjutkan studi, ataupun mencari pekerjaan ke negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, pasti membutuhkan hasil tes IELTS yang bagus agar pengajuan visanya dikabulkan. Beberapa profesi dan bidang studi bahkan mensyaratkan nilai IELTS yang cukup tinggi bagi para pelamarnya. Selain itu, memiliki nilai IELTS yang bagus juga menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris dan menaikkan nilai jual kamu, entah sebagai pelamar pekerjaan ataupun pelajar. Namun, memperoleh nilai IELTS yang bagus tidaklah semudah itu, karena tes ini terkenal cukup sulit. Bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi tes IELTS atau berencana untuk mengambilnya di masa depan, simak tips berikut ini agar kamu memperoleh hasil yang maksimal dan lulus tes IELTS.

1. Datang Lebih Awal

Yanga pertama adalah usahakan untuk datang lebih awal ke lokasi ujian IELTS diadakan. Cari tahu rute yang harus kamu tempuh, transportasi umum yang tersedia, dan berapa lama waktu tempuh yang dibutuhkan. Dengan demikian, kamu akan memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri supaya dapat menghadapi ujian dengan lebih tenang dan santai. Selain itu, jika terjadi sesuatu yang di luar dugaan, misalkan ada barang yang tertinggal, kendaraan mogok, dan lain sebagainya, kamu akan memiliki waktu ekstra untuk mengatasinya.

2. Pelajari Pertanyaan Dengan Teliti dan Seksama

Sebelum kamu memulai mendengarkan rekaman, bacalah lembar soal dan pertanyaannya terlebih dahulu sehingga kamu memperoleh gambaran mengenai apa yang akan kamu dengar dalam rekaman tersebut. Perhatikan kata kunci dalam setiap pertanyaan sebelum mencari jawabannya dalam teks yang harus kamu baca. Dengan demikian, kamu akan menghemat waktu yang aImat berharga. Untuk lulus tes IELTS dengan nilai yang maksimal, periksa pertanyaannya dengan seksama sebelum kamu menjawab agar terhindar dari pertanyaan-pertanyaan yang menjebak.

3. Perhatikan Waktu Yang Tersisa

Banyak peserta tes IELTS yang terlalu terfokus dalam mengerjakan soal sehingga melupakan waktu. Tes IELTS memiliki batasan waktu sehingga kamu harus mengerjakan keseluruhan tes dengan cepat dan cermat. Jika kamu terlalu berhati-hati atau lamban, maka kamu berisiko kehabisan waktu sebelum berhasil menyelesaikan keseluruhan tes IELTS tersebut. Pantau selalu waktumu yang tersisa, dan jawablah pertanyaan yang mudah terlebih dahulu agar kamu tidak kehabisan waktu.

4. Cek Jawabanmu Kembali

Di akhir bagian listening, kamu akan diberi waktu untuk memindahkan jawabanmu ke lembar jawaban yang sudah disediakan. Jika kamu memiliki waktu, cek kembali jawabanmu untuk memastikan bahwa semuanya sudah terisi dengan baik dan benar. Dan untuk bagian writing, sisihkan waktu setidaknya 5 menit di akhir untuk membaca kembali jawabanmu untuk menghindarkan dirimu dari kesalahan-kesalahan kecil yang dapat kamu perbaiki. Ejaan dan grammar yang baik dapat mempengaruhi perolehan nilai akhirmu untuk lulus tes IELTS, sehingga kamu sebaiknya berhati-hati jika ingin mendapat nilai sempurna.

5. Berbicara Dengan Percaya Diri

Pada bagian akhir tes yaitu speaking, usahakan untuk berbicara sebanyak yang kamu bisa dan hindari memberikan jawaban yang singkat dan pendek. Kalaupun kamu melebihi batas waktu yang disediakan dan pengawas ujian mengakhiri pembicaraan, jangan khawatir karena hal itu bukanlah masalah yang serius. Pertanyaan yang dilemparkan kepadamu bertujuan memberimu kesempatan untuk memperlihatkan keahlian kamu dalam berbicara, jadi usahakanlah untuk mengembangkan argumen dan kata-katamu seluas mungkin.

Itu tadi merupakan tips-tips dari Wall Street English dalam menghadapi ujian IELTS dan memperoleh nilai yang optimal. Untuk meningkatkan kepercayaan diri dan memperlancar kemampuan kamu berbicara dalam bahasa Inggris agar dapat lulus tes IELTS dengan mudah, Wall Street English menyarankan agar kamu mengikuti komunitas atau acara yang mengharuskan kamu untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Dengan demikian, kamu akan mengetahui dimana letak kelemahan atau kesalahanmu saat berbicara dalam bahasa Inggris. Bagaimana, apakah persiapanmu menghadapi tes IELTS sudah semakin mantap setelah membaca artikel ini? Sebagai permulaan, bagaimana kalau kamu mengikuti tes gratis dari Wall Street English di sini.

Artikel menarik lainnya:

More News

Apr 20, 2021
English Tips

Antecedent: Pengertian, Contoh Kalimat, dan Penggunaannya

Apr 12, 2021
English Tips

Ellipsis: Pengertian, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Apr 9, 2021
Vocabulary

Istilah-istilah Ramadhan dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Apr 9, 2021
Vocabulary

Cara Penggunaan Interjection (Kata Seru) dalam Bahasa Inggris

Apr 6, 2021
Vocabulary

Determiner: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Apr 6, 2021
English Tips

Explanation Text: Definisi, Struktur, Contoh, Cara Penggunaan

Test Bahasa Inggrismu