Home English Tips   9 Tips Menulis Pidato Bahasa Inggris a la Wall Street English

9 Tips Menulis Pidato Bahasa Inggris a la Wall Street English

Feb 20, 2018

Pasti sekali dalam hidup kamu pernah melakukan pidato, baik itu di depan kelas atau pun orasi di depan massa. Secara umum, Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato bahasa Inggris biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.

Baca Juga: Rumus Bahasa Inggris: 16 Tenses yang Perlu Kamu Pelajari

Disini akan dibahas cara menulis pidato dalam bahasa Inggris yang baik dan benar, dimulai dari menentukan tema hingga cara mengeksekusi pidato yang baik. Pidato juga bukan hanya sekedar berbicara banyak di depan umum, tetapi  Pidato juga bukan hanya sekedar berbicara banyak di depan umum, tetapi bagaimana kamu dapat menyampaikan pesan didalam pidato secara efektif kepada para pendengar.

Berikut ini adalah beberapa tips yang kamu bisa ikuti dalam menulis pidato bahasa Inggris yang baik dan mempersiapkan dirimu untuk berbicara di depan khalayak ramai.

#1 Identifikasi Siapa Pendengarmu

Karena yang paling penting dalam sebuah pidato bahasa inggris adalah pesan yang tersampaikan kepada pendengar, maka sangat penting untuk mengenali siapa pendengar tersebut. Cobalah pahami tingkat pemahaman mereka, wawasan, ketertarikan hingga latar belakang. Jika kamu berbicara di depan murid sekolah menengah atas, maka gunakanlah bahasa Inggris yang mudah dimengerti dan hindari kosakata yang sulit untuk dipahami oleh mereka.

#2 Tentukan Topik Yang Spesifik

Walaupun kamu akan menghabiskan waktu berbicara banyak, alangkah baiknya jika kamu dapat memilih topik yang sempit. Misalnya jika kamu sedang berada di sebuah konferensi mengenai polusi alam, maka buatlah naskah pidato bahasa Inggris dengan topik terkait. Usahakan untuk berbicara mengenai topik yang telah ditentukan dan jangan membahas hal-hal lain yang tidak ada di dalam topik untuk menjaga fokus dari pendengarmu.

#3 Berikan Uraian Ringkas Pada Setiap Poin

Dalam setiap pidato bahasa Inggris pasti akan terdapat struktur teks seperti pembukaan, isi dan penutup. Di dalamnya masih terdapat poin-pain lain yang membuat naskah pidato Anda menjadi tersusun rapi. Nah, di setiap perpindahan poin ke poin lainnya sebaiknya kamu menguraikannya terlebih dahulu. Misalnya sebelum kamu membahas mengenai pentingnya peran manusia dalam memberantas polusi, uraikan terlebih dahulu secara ringkas mengenai apa yang akan kamu sampaikan. Hal ini berguna untuk membuat pesan yang disampaikan terdengar berkali-kali oleh para pendengar.

Baca Juga: Yuk, Belajar Simple Present Tense (Pengertian, Rumus, dan Contohnya)

#4 Kuasai Panggung dan Perhatian Audiens

Pikirkanlah sebuah kalimat pembuka yang sejak awal akan langsung menarik perhatian para pendengar. Misalnya jika kamu sedang berpidato mengenai sebuah tempat atau situs bersejarah, katakanlah bahwa kamu sangat mencintai daerah dan masyarakat dari kawasan tersebut. Kebanyakan orang akan merasa terhargai, dan itu merupakan hal yang bagus! Karena mereka akan terus mendengarkan apa yang akan kamu sampaikan.

pidato bahasa Inggris

#5 Susunlah Naskah Pidato

Naskah pidato bahasa Inggris yang baik adalah naskah yang memiliki struktur sesuai dengan tujuan pidato. Jika kamu ingin membuat pidato bahasa Inggris yang bersifat informatif, maka susunlah kerangka naskah secara kronologis sehingga kamu dapat menyampaikan informasi secara beruntut dan jelas. Jika kamu ingin membuat pidato yang persuasif, maka uraikanlah masalah yang ada dan kemudian ajukan solusi yang kamu piker dapat menjadi pintu keluar untuk pokok permasalahan tersebut.

#6 Berikanlah Contoh, Data Statistik dan Bahan Bukti Lainnya

Dalam berpidato bahasa Inggris, kamu tidak bisa hanya sekedar memberikan solusi terhadap suatu masalah tanpa memiliki bukti. Ambillah beberapa contoh dari sejarah misalnya, atau dari peristiwa yang sedang terjadi. Kamu juga bisa mengambil beberapa kutipan dari para Ahli untuk memperkuat argument yang kamu bawa dalam pidatomu. Keakuratan data yang kamu berikan akan membuat pendengar menjadi semakin memegang teguh terhadap apa yang kamu sampaikan. Tapi jangan berlebihan ya! Naskah pidato mu tentu harus sebagian besar berisi ide orisinil dari dirimu sendiri.

#7 Buat Kesimpulan yang Kuat

Sebagai penutup pidato bahasa Inggris, kamu harus membuat sebuah kesimpulan dari apa yang telah disampaikan secara singkat, padat dan jelas. Cobalah berikan gambaran yang konkrit terhadap topik yang kamu pilih. Selain itu, kamu juga dapat mengajak para pendengar untuk melakukan suatu hal sesuai dengan isu yang dibahas.

#8 Buatlah Naskah Pidato yang “Enak Didengar”

Jika kamu sudah merampungkan naskah pidatomu, cobalah untuk mempraktikannya didepan cermin. Jika terdapat kalimat-kalimat yang terrasa kurang berkenan untuk didengar, perbaiki dan ulangi kembali. Kamu harus membuat naskah pidato yang membuat dirimu dan audiens merasa nyaman. Pada akhirnya, kamu ingin menjadi pembicara yang terlihat natural pada saat berbicara di depan umum.

Baca Juga: Personal Branding: Seberapa Pentingnya dalam Urusan Mencari Kerja?

#9 Berikan Waktu yang Cukup

Jika kamu telah diberikan satu rentang waktu tertentu, maka berlatihlah untuk berbicara sesuai dengan waktu yang diberikan. Usahakan agar semua pesan yang kamu ingin berikan dapat tersampaikan seluruhnya, namun perlu diingat untuk tidak berbicara terlalu banyak agar waktu yang tersedia dapat menjadi seefisien mungkin. Jika ternyata pidato mu melebihi durasi, maka buanglah beberapa poin yang kamu rasa tidak terlalu penting dan fokuskan dirimu di poin besar lainnya.

Itu dia 9 tips untuk menulis pidato dari Wall Street English. Yuk, ketahui kemampuan bahasa Inggris kamu dengan mengisi tes bahasa Inggris di bawah ini! Dengan mengetahui level bahasa Inggris kamu, akan mudah untuk mengetahui bagian mana yang harus kamu tingkatkan lagi!

Baca juga artikel menarik lainnya

Auxiliary Verb: Definisi dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

Sep 24, 2020

Dalam penggunaan kalimat bahasa Inggris, pastinya ada beberapa kalimat yang menggunakan imbuhan do, have, dan…

Hortatory Exposition: Definisi, Rumus, Struktur, dan Contohnya

Sep 23, 2020

Tak hanya buku saja yang memiliki genre, jenis tulisan atau teks dalam bahasa Inggris ternyata…

Tongue Twister dalam Bahasa Inggris: Cara Melatih Pronunciation

Sep 21, 2020

Pembelit lidah alias tongue twister bukanlah hal yang asing dalam kehidupan kita. Permainan ini biasanya…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami