Home English Tips   Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris

Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris

Jul 10, 2020

Sering kah kamu mengalami kendala saat mendapat tugas sekolah atau mengerjakan pekerjaan kantor berupa tulisan bahasa Inggris? Terkadang kendala paling besar adalah penyusunan kalimat dan susunan grammar. Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas mengenai tip menulis bahasa Inggris. Simak ya!

Baca Juga: Berbagai Manfaat Belajar Bahasa Inggris Lewat Komunitas

Rajin Membaca

Salah satu tips yang paling efektif adalah banyak membaca. Ketika kamu membaca, kamu akan banyak menemukan kosakata baru. Kemudian kamu akan belajar banyak mengenai struktur penulisan. Membaca pun tidak harus dalam bentuk buku, kamu bisa baca majalah atau pun sekedar brosur. Kamu juga bisa mencari berbagai bacaan di internet.

Jika kamu sedang mencari bahan bacaan, kamu bisa belajar lebih banyak bahasa Inggris di blog WSE ya!

Memahami Susunan Kalimat

Ketika kamu ingin menulis bahasa Inggris, akan lebih mudah jika kamu memahami susunan kalimat. Dengan memahami pola kalimat dalam bahasa Inggris yang benar, kamu akan lebih mudah menyusun paragraf. Misalnya memahami kata kerja, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Contoh:

Kata kerja tanpa objek (Subject + verb)

The girl cried (wanita itu menangis)

Kata kerja dengan objek (Subject + Verb + object)

Henry is having a meeting right now (Henry sedang rapat sekarang)

Kata kerja menggunakan pola (Subject+Verb+Adjective)

Jenny is happy (Jenny sedang bahagia)

Jika kamu memahami susunan kalimat seperti di atas, kamu dapat menggunakannya untuk menjelaskan cerita dengan lebih jelas.

menulis bahasa inggris

Berlatih Grammar

Walaupun dalam implementasi bahasa Inggris kamu tidak perlu belajar grammar. Namun, dalam menulis kamu sangat memerlukan grammar yang benar. Dengan begitu tulisan kamu akan mudah dibaca. Grammar pun sangat penting saat menulis karena saat menulis biasanya lebih formal dan ter-struktur.

Cek Spelling Sebelum dan Sesudah

Apa rasanya ketika kamu membaca sesuatu dalam bahasa Indonesia dan menemukan banyak typo? Sama seperti menulis bahasa Inggris, spelling atau typo akan merusak pengalaman membaca. Maka dari itu saat proses penulisan, selalu hindari kesalahan dalam penulisan kata. Terutama pada kata yang spelling-nya susah.

Ketika tulisan sudah jadi pun, selalu cek kembali apakah ada kesalahan dalam penulisan. Tahap ini dinamakan review stage. Di mana kamu membaca ulang tulisan kamu untuk menghindari banyaknya typo. 

Memakai Kamus Bahasa Inggris

Siapa yang masih punya kamus bahasa Inggris? Dari pada dianggurin, lebih baik kamu gunakan sebagai pedoman dalam penulisan kamu. Dengan menggunakan kamus bahasa Inggris, kamu jadi bisa mencari kata baru untuk dipakai. Atau kamu bisa juga mencari kata yang ingin kamu gunakan agar tahu lebih jelas apa artinya.

Baca Juga: Tips Lancar Komunikasi Bisnis dalam Bahasa Inggris

Minta Orang Lain Membaca Tulisan Kamu

Jika kamu mengenal seseorang yang jago bahasa Inggris, minta mereka untuk review tulisan kamu! Apalagi jika orang tersebut adalah native speaker atau guru bahasa Inggris. Dengan meminta mereka untuk membaca tulisan kamu, mereka akan memberi koreksi.

Sebagai orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu mereka, pastinya mereka lebih paham akan menulis bahasa Inggris. Seperti di Wall Street English, kamu akan bertemu native English trainer yang berpengalaman. Mereka akan siap untuk menjawab pertanyaan kamu hingga mengecek hasil tulisan kamu.

Gimana? Kamu sudah siap untuk menulis dalam bahasa Inggris? Selain menggunakan tips ini, kamu juga bisa bergabung ke Wall Street English! Kamu bisa meningkatkan tidak hanya kemampuan menulis namun bahasa Inggris kamu secara keseluruhan. Dengan dibimbing oleh native English trainer dan program-program yang menyenangkan, dijamin kamu tidak akan bosan!

Selain itu waktu belajar pun sangat fleksibel karena kamu bisa mengatur jadwal sendiri. Yuk, gabung sekarang juga di sini!

Baca juga artikel menarik lainnya

Bahasa Inggrisnya “yang”, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 28, 2020

Dalam bahasa Indonesia, “yang” adalah sebuah kata yang bisa dipakai dalam situasi apapun untuk merujuk…

Since vs For: Perbedaan dan Contoh Penggunaan Kalimatnya

Nov 26, 2020

Penggunaan for dan since dalam kalimat bahasa Inggris kadang membuat kita keliru. Dengan arti yang…

Adjective Order: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 26, 2020

Kata sifat merupakan salah satu materi bahasa Inggris dasar yang perlu kamu ketahui dan pelajari…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami