Home English Tips   Bagaimana Cara Mudah untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris?

Bagaimana Cara Mudah untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris?

Jun 3, 2020

Kosakata dalam bahasa Inggris memang sangat banyak dan beragam. Keragaman ini seringkali membuat kita mundur duluan untuk belajar bahasa Inggris karena takut menghafal kata-kata tersebut. Padalah, jika dilakukan dengan cara yang santai dan mudah, belajar bahasa Inggris tidak sesulit itu. Agar pengetahuan kosakata bahasa Inggris mu semakin luas, Wall Street English punya beberapa cara yang bisa kamu coba mulai dari sekarang.

Tips Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris

Apa saja yang bisa kamu lakukan untuk dapat memperkaya kosakata bahasa Inggris?

Banyak membaca artikel ber-bahasa Inggris

Dengan rajin membaca bacaan bahasa Inggris, secara otomatis pengetahuan kosakata pasti akan semakin luas. Bagaimana jika kamu tidak memiliki minat dalam membaca? Paksakan. Paksa dengan mencari beberapa tulisan sesuai dengan seleramu. Kamu bisa cari beberapa sumber dan bandingkan satu sama lain. Carilah juga tulisan yang tingkatannya sesuai dengan kemampuanmu, dari basic sampai expert. Kamu juga bisa membandingkan beberapa aspek penting dalam sebuah tulisan, seperti: alur, kata-kata yang digunakan, sampai juga warna tulisan.

Dengan menyesuaikan tulisan dengan selera, minat baca otomatis akan juga meningkat. Sehingga nantinya kamu bisa naik level dengan membaca tulisan-tulisan lainnya yang akan membuat pengetahuanmu semakin berkembang. Tak hanya artikel, kamu juga bisa mencari novel sampai koran sebagai referensi.

Baca juga: Ingin Lancar Ber-bahasa Inggris? Ikuti Tips agar Percaya Diri Menggunakan Bahasa Inggris!

Gunakan kamus atau thesaurus untuk memperluas kosakata bahasa Inggris

Setelah kamu sudah punya niat membaca yang tinggi, jangan lupa untuk ambil kamus. Kamu bisa mencari tahu kata-kata yang tidak dimengerti lewat kamus baik online maupun fisik. Biasakan untuk mencari tahu arti dari kata yang ada di dalam sebuah tulisan. Jika kosakata yang kamu ketahui semakin luas tapi kamu tidak tahu artinya, bisa dikatakan hal itu sia-sia. Selain mencari arti kata, kamu juga bisa mencari persamaan kata kewat thesaurus. Beberapa kosakata bahasa Inggris memiliki arti yang sama, sehingga kamu bisa menggunakan kosakata yang berbeda dalam berbicara atau menulis.

Main game

Ada lagi cara seru dalam memperluas pengetahuan kosakata bahasa Inggris, yaitu lewat bermain game atau boardgame. Dengan bermain video game, belajar tidak akan terasa karena fokus dengan alur game. Secara tidak sadar juga kamu akan terus membaca dan mencoba memahami apa yang ada di dalam game. Tak hanya video game atau game online saja, bermain boardgame juga bisa memperluas pengetahuan kosakata bahasa Inggris, lho! Permainan seperti Scrabble, Taboo, Dabble, dan Boogle bisa kamu jadikan referensi untuk bermain bersama teman-teman.

Baca juga: Video Game dan Manfaatnya dalam Belajar Bahasa Inggris

Bergabung dengan forum internasional

Pernah mencoba ikut forum internasional yang isinya menggunakan bahasa Inggris? Jika belum, mungkin sudah saatnya kamu mencoba hal ini. Banyak sekali forum dengan berbagai macam bahasan yang bisa kamu ikuti sesuai dengan preferensimu. Selain menambah koneksi, pengetahuan kosakata bahasa Inggris juga bisa semakin luas. Salah satu komunitas atau forum yang saat ini sedang berkembang dan besar adalah forum game Animal Crossing yang membernya berasal dari seluruh dunia. Selain kosakata, kamu juga bisa belajar idiom dan juga slang dalam bahasa Inggris. Dengan member yang mayoritas anak muda, kamu bisa belajar makin banyak agar selalu up-to-date.

Membuat flash card untuk memperluas kosakata

Siapa bilang flash card bahasa Inggris hanya untuk anak kecil? Kamu juga bisa nih untuk menggunakan flash card untuk menambah pengetahuan atas kosakata bahasa Inggris. Caranya bagaimana? Caranya adalah dengan mempelajari minimal 1 kata baru setiap harinya dan tulis dalam flash card buatanmu. Jika memungkinkan, catat juga dengan artinya agar kamu semakin mudah menghafalnya. Bacalah setiap hari dan lihatlah hasilnya dalam seminggu. Pasti tidak terasa kosakata yang kamu pelajari sudah banyak dan menggunung.

Baca juga: Apa Itu Idiom Bahasa Inggris? Bagaimana Cara Menggunakannya?

Ikut kelas online

Belajar bahasa Inggris di tengah pandemi bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Salah satunya adalah dengan mengikuti kelas online WSE GO (Wall Street English Goes Online). Dalam program ini, kamu bisa menyesuaikan waktu belajar sesuai dengan kesibukanmu. Dengan native speaker yang berpengalaman, kamu bisa melakukan percakapan langsung dengan ahlinya agar metode belajar semakin efektif. Ingin tahu info lebih lanjut mengenai program ini? Klik di sini.

Baca juga artikel menarik lainnya

Adjective Clause: Definisi, Rumus, dan Contoh Penggunaannya

Sep 19, 2020

Pastinya kamu sudah familiar dengan istilah adjective kan? Adjective merupakan kata lain dari kata sifat…

Noun Phrase: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Sep 18, 2020

Seperti yang sudah kamu tahu, noun merupakan kata benda dalam bahasa Inggris. Namun, ada istilah…

Analytical Exposition – Definisi, Struktur, Rumus, dan Contohnya

Sep 17, 2020

Blog merupakan salah satu media yang digunakan oleh orang lain untuk mengutarakan opininya. Bahkan banyak…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami