10 Tips Memilih Universitas di Luar Negeri yang Tepat untuk Kamu

Jan 26, 2022
Share on facebook
Share on twitter
Kuliah di luar negeri merupakan impian bagi banyak orang, ada yang melihat dari sisi perekonomian suatu negara, kualitas pendidikan yang baik, lingkungan yang aman dan sehat hingga kesempatan kerja yang lebih luas. Tidak sedikit mahasiswa/i dari Indonesia yang mendaftarkan dirinya untuk ikut serta dalam studi di luar negeri.  Jika kamu ingin mengambil universitas di luar negeri, kamu dapat mengikuti 1- tips memilih Universitas di Luar Negeri ini, agar kamu tidak salah dalam mengambil jalur pendidikan di luar negeri. Sebelum itu, ada baiknya kamu mengetahui bagaimana cara mendapatkan beasiswa di luar negeri.

Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri

  • Prestasi Akademik

Kebanyakan dari Universitas di Luar Negeri akan melihat bagaimana prestasi akademik kamu selama di bangku sekolah, baik dari nilai, sikap hingga kontribusi ke organisasi sekolah seperti OSIS. Selama kamu masih menginjak bangku pendidikan tingkat SMA, alangkah baiknya kamu semakin meningkatkan prestasi akademik kamu dengan lebih maksimal, agar kamu bisa mendapatkan beasiswa dengan mudah. Cara yang dapat kamu lakukan yaitu mengikuti lomba akademik, hingga cerdas cermat dari sekolah. 
  • Pelajari Bahasa Asing

Cara yang wajib kamu ikuti yang mempelajari bahasa negara tujuan kamu, terutama bahasa Inggris. Mulai dari basic skill seperti Listening, Conversation, Reading, dan Writing harus kamu kuasai, tidak terkecuali TOEFL dan IELTS yang dibutuhkan sebagai dokumen wajib pelengkap beasiswa. Kamu dapat mengambil les Bahasa Inggris secara khusus yang menyediakan persiapan untuk kuliah di luar negeri. Salah satunya adalah Wall Street, kamu dapat mendaftar ke Wall Street disini untuk mengikuti les khusus bahasa Inggris yang berkualitas. 
  • Mencari Lembaga Penyedia Beasiswa dan Menghubungi lebih lanjut

Mencari beasiswa tidak dapat sembarangan, kamu harus terlebih dahulu melakukan riset terhadap beasiswa, salah satunya adalah lembaga penyedia beasiswa. Mulai dari jurusan yang dituju, penjurusan rekomendasi yang harus diambil, hingga biaya kuliah, akomodasi dan uang saku. Nantinya, kamu akan mendapatkan banyak sekali opsi lembaga penyedia beasiswa, dan harus kamu pilih mana yang cocok untuk kamu.
  • Persiapkan Dokumen-dokumen Penting

Terdapat beberapa dokumen pelengkap yang harus kamu sediakan seperti : 
  • Surat rekomendasi dari lembaga penyedia beasiswa. Kamu juga dapat meminta referensi dari guru di sekolah
  • Belajar membuat CV (Resume) semenarik mungkin
  • Motivation Letter
  • Essay
  • Hasil Tes IELTS/TOEFL
  • Fotocopy KTP
  • Foto berwarna 3×4
  • Passport
  • Ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
  • Daftar ke Lembaga Beasiswa

Jika semua cara sudah kamu ikuti dengan baik, serta dokumen-dokumen sudah kamu kumpulkan kamu dapat langsung melakukan pendaftaran ke Lembaga Penyedia Beasiswa yang sesuai dengan pilihan kamu.

Apakah Lulusan SMA bisa Studi di Luar Negeri

Pertanyaannya, sangatlah bisa! Saat ini, beberapa universitas diluar negeri sudah ada yang bisa mengambil ijazah dan raport dari sekolah dan kurikulum nasional. Selama nilai rapot kamu diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) maka, kamu dapat memenuhi syarat masuk universitas.  Selain itu, kamu dapat mengambil studi di luar negeri dengan menggunakan bantuan Foundation atau Diploma. Program ini merupakan program penyetaraan yang diadakan oleh universitas atau institusi untuk bisa masuk ke program Sarjana (S1/Undergraduate) yang ditujukan untuk pelajar internasional. Program Foundation dapat kamu ambil jika kamu sudah lulus kelas 11 maupun kelas 12.

10 Tips Memilih Universitas di Luar Negeri

Setelah kamu mengetahui cara mendapatkan beasiswa di luar negeri, sekarang kamu dapat mengetahui tips dalam memilih universitas di luar negeri agar kamu tidak salah dalam mengambil jalur pendidikan. 
  1. Kejar Program Studi yang Kamu Minati

  2. Tentukan Negara Tujuan yang Cocok dengan Kamu

  3. Ikuti Persyaratan Universitas dengan Baik seperti kelengkapan Dokumen, minimum nilai dan lainnya

  4. Lakukan Riset terhadap Kurikulum yang Ditawarkan Universitas

  5. Selalu Cekatan dalam mengambil peluang Beasiswa, karena slot yang sangat terbatas

  6. Riset terhadap Lingkungan Universitas negara tujuan, seperti lingkungan, masyarakat, hingga lokasi Universitas

  7. Cari Tahu tentang Ranking Universitas, semakin tinggi akan semakin bagus

  8. Jangan lupa untuk lihat dari Peluang Karir yang disediakan oleh pihak Universitas maupun pemerintah di negara tujuan

  9. Kuasai Bahasa Negara Tujuan dengan Baik, khususnya Bahasa Inggris

  10. Mencari tahu dengan lebih detail terhadap pengalaman siswa yang sudah atau sedang menjalani pendidikan di negara tujuan kamu

Nah, seperti itulah tips memilih universitas di luar negeri yang sesuai dan cocok untuk kamu. Kamu dapat mengikuti tips-tips diatas, agar kamu tidak salah dalam memilih pendidikan di luar negeri. Jangan lupa untuk menekankan pencarian beasiswa, karena kuliah di luar negeri tidaklah murah. 

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP