• id

Tips Membaca Dan Menghafal Secara Cepat

Okt 1, 2019
English Tips

Dalam keseharian kita, seringkali kita membutuhkan kemampuan membaca dan menghafal yang baik, entah itu untuk ujian di kampus, materi presentasi di tempat kerja, proposal bisnis, dan lain sebagainya. Kunci dalam menghafal adalah dengan mengulangi proses membaca secara terus menerus, namun hal tersebut cukup menyita waktu dan terkadang kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukannya. Apalagi jika teks atau kata-kata yang perlu kita hafal ditulis dalam bahasa lain, seperti bahasa Inggris, misalnya. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kami akan memberikan tips dan trik supaya kamu dapat membaca dan menghafal secara cepat semua tulisan yang menggunakan bahasa Inggris.

Cara Membaca

Ada beberapa cara membaca yang baik yang mungkin seringkali kita gunakan tanpa kita sadari. Mereka adalah,

  • Skimming – sebaiknya digunakan ketika kamu telah mengetahui secara singkat tentang apa teks yang sedang kamu baca tanpa memperhatikan detailnya terlalu banyak. Teknik membaca yang satu ini cocok digunakan contohnya ketika kamu sedang membaca berita di koran atau portal berita online.
  • Scanning – digunakan saat kamu hendak mencari sebuah parameter tertentu (nama, kata, tempat, tanggal, dll.) di dalam sebuah teks. Contohnya ketika kamu sedang belanja di situs e-commerce atau membaca direktori alamat.
  • Reading for detail – digunakan saat kamu hendak mengetahui secara lengkap apa yang ada di dalam suatu teks hingga ke detil terkecil. Contohnya saat sedang membaca sebuah novel atau saat mempelajari sebuah resep masakan.

Jadi, saat kamu hendak membaca sesuatu dalam bahasa Inggris, perhatikan jenis bacaan yang sedang kamu baca dan sesuaikan dengan teknik membaca di atas untuk menghemat waktu dan membantu kamu agar dapat mengerti dengan lebih jelas.

Judul dan Sub-judul

Sebelum kamu membaca sebuah artikel, pastikan kamu membaca judul dan sub-judulnya terlebih dahulu. Judul sebuah artikel seperti sebuah marka jalan – mereka memberi tahu hal-hal penting dan kemana arah tujuanmu membaca. Dari judul sebuah artikel kamu dapat mengetahui secara garis besar isinya dan dapat memperkirakan apa saja kira-kira yang akan kamu temukan di dalamnya.

Baris Pertama Dalam Paragraf

Jika artikel yang kamu baca cukup panjang, cobalah untuk membaca secara cepat baris pertama dalam paragrafnya. Baris pertama umumnya berisi ide utama dari baris-baris berikutnya sehingga dapat membantu kamu mengerti tentang apa yang hendak disampaikan penulisnya. Hal ini amat berguna contohnya saat kamu sedang mengisi jawaban saat ujian dan tidak ingin membaca keseluruhan paragraf dengan seksama untuk menghemat waktu.

Batasi Kata Yang Kamu Cari Lewat Kamus

Saat kita menemukan kata yang tidak kita mengerti, seringkali kita tergoda untuk mencarinya di kamus. Tetapi hal tersebut sangat memakan waktu dan tidak terlalu banyak membantumu dalam memahami sebuah teks. Cobalah untuk melewati beberapa kata yang memang tidak kamu ketahui artinya namun keseluruhan kalimatnya masih dapat dimengerti. Untuk kata-kata yang tidak dimengerti dan seringkali muncul, sebaiknya kamu mencari tahu artinya menggunakan kamus. Kamu juga sebaiknya hanya menggunakan kamus berbahasa Inggris saja agar dapat melatih kemampuan berbahasa Inggrismu dengan lebih baik lagi.

Garis Bawahi Kata Yang Penting

Dalam setiap kalimat, tentu ada dua atau tiga kata yang penting, sementara sisanya tidak begitu penting. Jika kamu dapat mengenali kata-kata kunci tersebut, kamu dapat membaca dan memahami sebuah teks dengan jauh lebih cepat. Perlu latihan untuk melancarkan hal ini, tetapi ini merupakan kebiasaan yang baik. Kata-kata kunci tersebut umumnya berupa kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan. Kata sandang, preposisi dan sebagainya umumnya tidak terlalu penting dalam konteks kalimat secara keseluruhan. Dalam percakapan, kamu dapat menemukan kata kunci ini lebih mudah berdasarkan intonasi yang digunakan si pembicara. Biasanya, mereka akan menekankan kata yang penting dalam sebuah kalimat. Contohnya adalah sebagai berikut, dengan kata yang mengalami penekanan digarisbawahi,

The speaker will put a stress on the most important words.

Berlatih Sesering Mungkin

Tentu saja cara tercepat untuk melancarkan kemampuan membaca dan menghafal secara cepat adalah dengan berlatih sesering mungkin. Tetapi, sebaiknya kamu berlatih pada tingkat yang memang cocok dengan dirimu saat ini. Di Wall Street English, kami mendesain setiap materi pelajaran agar lebih sesuai dengan tingkatan masing-masing member kami agar mereka dapat memperoleh pemahaman lebih baik dan menguasai materi dengan lebih cepat. Metode yang kami gunakan menghindarkan kamu dari menemukan kata-kata yang sulit dipahami dan berada di luar kemampuanmu, sehingga mengurangi tingkat frustasimu dalam belajar.

Wall Street English juga menyediakan artikel yang dapat kamu baca pada bagian Practice di dasbormu. Artikel-artikel tersebut umumnya cukup pendek dan disertai kuis singkat pada bagian akhirnya untuk melatih pemahaman.

Dengan teknik dan tips di atas, semua orang dapat mempelajari bagaimana cara membaca dan menghafal secara cepat. Cobalah untuk melatih dirimu dengan membaca teks-teks berbahasa Inggris atau ikuti kuis singkat berikut ini.

Baca juga artikel menarik lainnya

Kesalahan Dalam Berbahasa Inggris: Malapropism

Di minggu lalu kita sudah mempelajari plesetan dalam bahasa Inggris yaitu Spoonerism, yang sejatinya adalah…

Weekly Grammar: Jenis-jenis Pronoun

Salah satu tantangan tersulit yang ditemui saat mempelajari sebuah bahasa, khususnya bagi para pemula, adalah…

How to Refer Your Friends to Get WSE Points

Hai Wallstreeters! Sudah tahu kan kalau kartu membership TADA kamu dapat digunakan untuk mengumpulkan WSE…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
Tes Inggris
Course Finder
WhatsApp Kami