Home English Tips   Bagaimana Cara Mudah Meningkatkan Skill Listening Bahasa Inggris?

Bagaimana Cara Mudah Meningkatkan Skill Listening Bahasa Inggris?

Jun 9, 2020

Kemampuan bahasa Inggris dapat ditingkatkan dari berbagai aspek dan salah satunya adalah listening. Kemampuan listening bahasa Inggris sangat penting untuk ditingkatkan untuk mengasah kepekaan mendengar vocabulary bahasa Inggris. Semakin peka kemampuan mendengar kamu, akan berbanding lurus dengan kemampuan speaking kamu.

Kamu akan lebih cepat meneyerap kata-kata bahkan percakapan dan juga tahu bagaimana pengucapan yang baik dan benar. Nah, agar listening kamu semakin jago kamu bisa melatihnya dengan melakukan hal-hal di bawah ini.

Cara Meningkatkan Kemampuan Listening Bahasa Inggris

Ada beberapa hal-hal sederhana yang bisa kamu jadikan sebuah kebiasaan demi mengasah kemampuan listening. Di antaranya adalah:

Mendengarkan lagu bahasa Inggris

Sebagian dari kamu mungkin pernah mendapatkan metode serupa dalam pelajaran bahasa Inggris di sekolah. Nah, sekarang waktunya kamu mengulang kembali cara ini di rumah. Siapkan lagu favorit kamu dan jangan lupa telaah dengan baik apa saja liriknya. Jika kamu sudah mengamati dengan baik, tulis lirik lagu di notes smartphone atau juga bisa di selembar kertas. Kamu bisa menggunakan cara pause-play-pause sehingga akan memudahkan kamu dalam menulis lirik.

Jika sudah selesai, kamu bisa mencocokannya dengan lirik yang sesungguhnya. Cari dan tandai berapa kali kamu membuat kesalahan. Semakin dikit kesalahanmu, semakin tinggi juga kemampuan listening bahasa Inggris kamu.

Baca juga: Mendengarkan Musik Dapat Meningkatkan Bahasa Inggris? Ini Alasannya!

Nonton Netflix tanpa subtitle

Siapa sih yang tidak suka nonton series? Daripada cuma nonton aja, mending sekalian sambil latihan skill listening dengan nonton film. Kamu bisa coba mulai dengan series yang memiliki cerita sederhana dan juga percakapan enteng. Lalu, cobalah nonton tanpa menggunakan subtitle sekalipun.

Dengan cara ini kamu akan lebih mudah mengidentifikasi kata-kata atau istilah bahasa Inggris yang masih asing di telingamu. Kamu bisa langsung ambil kamus dan cari tahu arti dari kata yang kamu kurang mengerti. Vocabulary bertambah, listening semakin tajam!

Mendengarkan podcast bahasa Inggris

Kalau kamu bosan dengerin lagu, coba beralih ke podcast yang berbahasa Inggris. Carilah podcast yang topiknya paling menarik dan seru untuk kamu dengarkan. Semakin kamu tertarik dengan topiknya, akan semakin semangat kamu mendengarkannya.

Kamu tak perlu mencari waktu khusus untuk mendengarkan podcast, kamu bisa mendengarkannya sambil olahraga, mencuci, makan, bahkan mengerjakan deadline. Ada beberapa rekomendasi podcast yang bisa kamu jadikan referensi. Di antaranya adalah:

  • BBC Radio 4 (memiliki ratusan podcast yang dapat diakses, seperti Drama of The Week, Comedy of the Week, dan The Archers Omnibus)
  • TEDTalks Audio (bermoto “Ideas worth spreading” dengan pembicaraan sekitar 3-18 menit dan berbagai topik yang bervariasi)
  • Business English Pod (cocok banget untuk kamu yang mau masuk dunia kerja. Podcast ini memiliki tips-tips yang berhubungan dengan karier dan dunia profesional lainnya)

Baca juga: Video Game dan Manfaatnya dalam Belajar Bahasa Inggris

Untuk hasil yang lebih maksimal, cobalah belajar untuk mendengarkan podcast yang pembicaranya sama selama seminggu bertutut-turut. Jika kamu mengalami kesulitan dalam mendengar 1-2 kata di tengah-tengah, kamu bisa pause dan ulang untuk didengarkan kembali. Dalam beberapa hari dijamin telinga kamu akan lebih sensitif dalam mendengarkan percakapan atau monolog bahasa Inggris. Bandingkan dengan hari pertama yang mungkin kamu masih dalam tahap meraba-raba.

Memanfaatkan “white noises” untuk mempertajam sense listening bahasa Inggris

listening bahasa inggris

Sumber: Canva

White noise mungkin bisa didefinisikan menjadi beberapa arti di kamus. Namun, kita melihat white noise sebagai definisi background musik saat kita melakukan sesuatu. Cobalah biasakan untuk menyalakan televisi, musik, atau podcast dalam bahasa Inggris saat kamu sedang berkegiatan. Tujuannya bukan untuk didengarkan secara serius, namun untuk membiasakan diri dalam percakapan atau kata-kata bahasa Inggris.

Dapat dikatakan cara ini adalah cara passive listening yang bertujuan agar telinga bisa beradaptasi dengan cepat. Mungkin kamu akan berpikir bahwa memasang “suara” di tengah-tengah kegiatan tak akan menghasilkan apa-apa dan tak akan mendapatkan pelajaran apapun. Nyatanya, otak akan meregistrasi semua suara yang ada terjadi di balik itu. Suara-suara ini bukan hanya mengisi kekosongan, namun tetap membuat otak bekerja dua kali.

Baca juga: Bagaimana Cara Mudah untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Inggris?

Berbicara langsung dengan native speaker

Memang cara paling cepat untuk melatih skill listening bahasa Inggris langsung dengan para native speaker. Kamu bisa tahu apa yang seharusnya dicuapkan secara benar. Bagaimana menemukan native speaker berpengalaman yang bisa mengasah skill bahasa Inggris? Gampang! Kamu bisa ikutan program WSE GO (Wall Street English Goes Online). Program online ini bisa menyesuaikan waktu kamu untuk belajar, jadi cocok untuk kamu yang punya kegiatan sangat padat. Mau tahu info lebih lanjut mengenai program ini? Klik di sini!

Baca juga artikel menarik lainnya

Whether dan If: Penggunaan, Perbedaan, dan Contoh Kalimatnya

Sep 25, 2020

Walaupun sama-sama digunakan dalam kalimat pengandaian, whether dan if ternyata tidak bisa digunakan secara sembarangan.…

Prepositional Phrase: Definisi, Jenis, dan Contoh Penggunaannya

Sep 25, 2020

Jika kita belajar membuat kalimat bahasa Indonesia, pasti kamu sudah tidak asing dengan struktur kalimat…

Auxiliary Verb: Definisi dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

Sep 24, 2020

Dalam penggunaan kalimat bahasa Inggris, pastinya ada beberapa kalimat yang menggunakan imbuhan do, have, dan…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami