Tips Lengkap untuk Membuat Essay untuk Beasiswa!

Jun 20, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Ketika kamu ingin melamar beasiswa untuk kuliah di dalam negeri atau luar negeri, terdapat beberapa dokumen penting yang harus disediakan. Salah satunya adalah Essay. Essay merupakan sebuah karangan yang berisi sudut pandang sang penulis terhadap suatu permasalahan. Essay memiliki kombinasi tulisan fakta dan opini dan sifatnya bisa informal maupun formal. Biasanya, essay memiliki jumlah kata 500 – 1000. 

Essay memiliki sebutan lainnya seperti Motivation Letter, Personal Statement, dan lainnya. Dokumen ini biasanya digunakan oleh lembaga pemberi beasiswa untuk apakah kalian sudah sesuai dan tepat untuk mendapatkan beasiswa. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai tips untuk pembuatan essay agar kamu bisa mendapatkan beasiswa pilihan kamu. Namun, kita ketahui terlebih dahulu apa itu beasiswa beserta dengan manfaatnya. 

Apa itu Beasiswa? 

Beasiswa merupakan tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar. Beasiswa digunakan oleh pelajar atau mahasiswa untuk masuk ke perguruan tinggi (universitas) baik di dalam negeri atau luar negeri. Tergantung dari beasiswanya, kamu bisa mendapatkan bantuan fasilitas lainnya khususnya jika kamu kuliah di luar negeri seperti tiket pesawat, tunjangan biaya hidup, akomodasi, hingga kebutuhan pendidikan seperti buku dan lainnya. 

Manfaat Memiliki Beasiswa

Manfaat yang dapat kamu nikmati ketika kamu memiliki beasiswa yaitu : 

  • Kamu dapat menikmati keringanan biaya sekolah maupun kuliah. Apalagi jika kamu melanjutkan pendidikan di luar negeri
  • Menjadi kebanggaan sendiri karena merupakan sebuah prestasi terbaik. Kamu bisa memasukkan prestasi ini ke dalam CV/Portfolio pada saat melamar kerja
  • Bisa mendapatkan relasi dengan sesama penerima beasiswa. Relasi yang kamu dapatkan akan sangat berguna di dunia kerja nantinya. 
  • Mendapatkan beasiswa bisa membuat kamu menjadi lebih semangat untuk menjalani kuliah. 
  • Prospek karir di masa depan akan sangat meningkat. Perusahaan akan lebih banyak melirik kamu jika memiliki prestasi beasiswa. 

Tips Cara Membuat Essay untuk Beasiswa

Berikut ini merupakan cara bagaimana kamu bisa membuat Essay yang menarik agar kamu bisa mendapatkan beasiswa pilihanmu.

Tentukan Dulu Tema dan Pembahasan

Tema atau pembahasan sangat wajib untuk ditentukan, misalkan tema nya adalah Motivation Letter atau Personal Statement untuk beasiswa. Masukkan alasan kamu kenapa kamu ingin mengambil beasiswa tersebut, tujuan kamu, kontribusi kamu nantinya di masa depan, hingga mengapa lembaga beasiswa harus membiayai kebutuhan pendidikan kamu nantinya. 

Jangan lupa untuk membuat pula poin-poin pembahasan setelah kamu menentukan tema dari essaynya. 

Lakukan Riset Lebih Mendalam

Kamu harus mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh lembaga pemberi beasiswa. Lakukan riset lebih rinci dan mendalam lagi sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran mengenai kriteria apa saja yang dibutuhkan oleh penyelenggara beasiswa dan hal ini dapat mempermudah kamu untuk membuat essay. 

Jelaskan Tujuan, Visi, dan Misi Kamu

Penyelenggara beasiswa ingin mengetahui tujuan, visi dan misi kamu setelah kamu mendapatkan beasiswa dari penyelenggara. Jelaskan secara rinci agar kesempatan kamu untuk mendapatkan beasiswa. Ingat, visi dan misi serta tujuan harus juga kamu jalankan agar penyelenggara beasiswa bisa melihat bahwa kamu serius terhadap goals kamu di masa depan.

Tulis Essay dengan Jelas

Gunakan teknik penulisan essay yang baik, seperti penulisan formal yang jelas, tidak menggunakan kalimat bertele-tele atau kata-kata yang disingkat. Gunakan pula bahasa yang tidak berbelit-belit baik itu bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris. Ingat! Jika ingin diterima oleh beasiswa, buat essay dengan struktur bahasa dan kalimat yang baik. Semakin rapi tulisanmu akan semakin tinggi kesempatan penyelenggara beasiswa menerima kamu. 

Cari Referensi Sebanyak Mungkin

Di internet, sudah banyak sekali contoh-contoh essay untuk penulisan beasiswa yang bisa kamu lihat. Mulai dari struktur kalimat, penggunaan bahasa Indonesia atau Inggris yang baik dan benar, pembuka, penutup, hingga tujuan kamu. 

Itulah beberapa tips singkat mengenai cara membuat essay untuk beasiswa yang baik dan benar. Khususnya bagi kamu yang sedang mencari beasiswa di luar negeri, penulisan essay sudah pastinya harus menggunakan bahasa Inggris. Bagi kamu yang ingin memperlancar penulisan bahasa Inggris, kamu dapat mendaftarkan diri di Wall Street English untuk belajar bagaimana cara menulis bahasa Inggris dengan baik dan benar. 

Kamu dapat menikmati program terbaik dari Wall Street English, ditambah dengan materi yang komprehensif, detail, lengkap, dan berkualitas yang akan membantu kamu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Yuk, daftar sekarang di Wall Street English!

More News

Aug 10, 2022
Business & Career

Cara Ampuh Meyakinkan Investor untuk Bekerja Sama!

Aug 9, 2022
Business & Career

Syarat Lengkap Menjadi Manajer di Perusahaan!

Aug 5, 2022
Business & Career

Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Karir di Perusahaan, Wajib Diperhatikan!

Aug 5, 2022
Business & Career

Kualifikasi Apa yang Harus Dimiliki Pegawai agar Bisa Naik Jabatan?

Aug 4, 2022
Business & Career

Strategi Jitu untuk Mengembangkan Karir bagi Karyawan!

Aug 3, 2022
Lifestyle, Media Coverage

Komunitas Bahasa Inggris Terbaik di Indonesia Hadir di Kelapa Gading!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP