8 Tips dan Cara Mendapatkan Pekerjaan Setelah Lulus Sekolah atau Kuliah

Jan 30, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Seringkali media sosial banyak dipenuhi oleh keluhan orang-orang yang menganggap bahwa mencari pekerjaan itu sulit. Padahal, sangat banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja setiap harinya. Mungkin saja, pelamar kerja tidak memiliki kemampuan dan pengalaman yang memenuhi kriteria perusahaan. Ditambah lagi dengan banyaknya pelamar kerja, perusahaan harus melakukan eliminasi ketat supaya bisa mendapatkan yang terbaik.

 

Nah, daripada kamu membuang-buang waktu dengan berkeluh kesah. Sebaiknya kamu melakukan hal lain yang lebih bermanfaat ketika ingin mencari pekerjaan. Selain memiliki nilai yang baik, kamu juga harus menerapkan beberapa tips yang dapat memudahkan dalam mencari pekerjaan. Penasaran dengan tips-tipsnya? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

 

Tips Mendapatkan Pekerjaan dengan Mudah

Bagi kamu yang sudah mau lulus sekolah ataupun kuliah dan sedang ingin mencari pekerjaan, segera terapkan tips-tips di bawah ini untuk memberi kemudahan ketika mencari kerja. Jangan biarkan diri kamu merasakan sulitnya mencari kerja, karena tidak memenuhi kriteria yang dibutuhkan perusahaan. Yuk simak tips-tipsnya di bawah ini!

 

1. Rajin Mencari Informasi

Zaman sekarang, informasi soal pekerjaan sangat mudah ditemukan di banyak platform. Kamu bisa mencari informasi lowongan kerja melalui media sosial atau situs jobseeker yang ada di internet. Sebagian besar perusahaan pasti akan membuka lowongan kerja melalui situs jobseeker, bahkan beberapa perusahaan juga akan menyebarkannya melalui media sosial. Maka itu kamu harus rajin membuka situs jobseeker dan media sosial untuk mencari informasi lowongan pekerjaan.

 

2. Memperbanyak Pengalaman

Sebagian besar perusahaan memiliki syarat minimal pengalaman satu tahun di bidangnya, sehingga kamu harus memperbanyak pengalaman sebelum melamar pekerjaan. Kamu bisa memperbanyak pengalaman dengan mengikuti magang ketika kuliah. Selain memberi pengalaman, magang juga bisa memberikan uang jajan tambahan. Jangan lupa juga untuk mengikuti organisasi kampus yang dapat menambah pengalaman dalam bertanggung jawab dan menerima arahan. 

 

3. Memperluas Koneksi

Di dunia kerja, kemungkinan besar kamu akan lebih banyak diajak bekerja sama dengan orang-orang yang sudah dikenal. Mereka akan lebih mempercayai kamu dibanding mencari orang-orang baru yang belum dikenal. Apalagi mereka sudah mengetahui kemampuan dan reputasi yang kamu miliki. Maka itu kamu harus memperluas koneksi dengan orang-orang yang memiliki dampak besar di bidang pekerjaan yang kamu kuasai. Siapa tahu kamu bisa mendapat tawaran pekerjaan yang menarik dan sepadan.

 

4. Mau Melakukan Pekerjaan Apa Saja

Tips selanjutnya supaya mudah mendapat pekerjaan yaitu tidak memilih-milih pekerjaan. Namun kamu juga harus memiliki kemampuan di banyak bidang, sehingga kamu bisa melakukan pekerjaan apa saja. Jangan menolak tawaran pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang atau minat kamu. Jika kamu memang membutuhkan kerja, terima tawaran tersebut dan jalani setiap prosesnya.

 

5. Mempercantik CV dan Resume

Ketika melamar pekerjaan, perusahaan pasti membutuhkan CV dan resume kamu sebagai syarat utama. Perusahaan akan meninjau identitas dan kemampuan kamu melalui CV dan resume, sehingga kamu harus membuatnya terlihat meyakinkan dengan pengalaman dan kemampuan yang kamu miliki. Selain dipercantik dengan kemampuan dan pengalaman, kamu juga harus membuat CV dan resume terlihat menarik dan mudah dibaca. Berikan informasi yang padat dan singkat supaya HRD perusahaan tidak kesulitan untuk memahaminya.

 

6. Percaya Diri

Tidak ada salahnya untuk percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki. Anggaplah dirimu memiliki kemampuan lebih dibanding pelamar kerja lainnya, tentu kamu juga harus memiliki bekal kemampuan dan pengalaman yang banyak. Ketika proses interview, tunjukkan juga bahwa kamu optimis dan yakin dalam menjawab setiap pertanyaan. Agar perusahaan dapat melihat semangat besar dalam diri kamu untuk bergabung bersama mereka.

 

7. Jaga Reputasi Diri di Media Sosial

Media sosial memang merupakan tempat untuk berekspresi dan menyampaikan sesuatu secara bebas, namun kamu juga harus menjaga reputasi di media sosial. Perusahaan sangat tidak menyukai calon karyawan yang suka mengeluh soal pekerjaan di media sosial. Apalagi orang-orang yang suka hate speech atau menyebar berita hoax. Hati-hati dalam bermedia sosial, karena perusahaan akan mempertimbangkan kicauan kamu di internet.

 

8. Mengikuti Kursus

Tips terakhir yaitu mengikuti kursus untuk mengasah kemampuan di bidang-bidang pekerjaan yang sedang banyak dicari oleh perusahaan. Kamu bisa mengikuti kursus di bidang pelayanan, sales, marketing, teknologi informasi, atau pendidikan dan pengembangan. Selain itu, kamu juga harus mengasah kemampuan bahasa Inggris yang sudah menjadi salah satu syarat untuk bekerja di perusahaan.

 

 

Nah, tidak perlu bingung. Wall Street English bisa membantu kamu untuk menguasai bahasa Inggris dengan proses yang cepat. Dengan bantuan Native English Trainer berpengalaman, kamu akan terbiasa mendengar bahasa Inggris dari native speaker. Sehingga akan memudahkan apabila kamu ingin bercakap-cakap bahasa Inggris dengan orang asing.

 

 

Apalagi sekarang sudah banyak perusahaan Indonesia yang bekerja sama dengan perusahaan luar, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan bekerja sama dengan orang asing yang menggunakan bahasa Inggris. Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris juga akan memudahkan kamu dalam mencari pekerjaan di luar negeri untuk menambah banyak pengalaman.

 

 

Sangat menarik bukan? Makanya jangan sia-siakan waktu luang kamu dengan bermain. Sembari mencari pekerjaan, kamu bisa daftar sekarang dan bergabung bersama Wall Street English! Kamu juga bisa memperluas koneksi dengan member lainnya yang mungkin memiliki visi dan misi yang sama denganmu.

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP