Efektif dan Menyenangkan! Ini 5 Tips & Cara Belajar Bahasa Inggris dari Menonton Film

Jan 17, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Tidak hanya melalui buku, dan internet namun kamu juga dapat belajar bahasa Inggris dengan menonton film baik itu film di bioskop, serial televisi, dan lainnya. Belajar bahasa Inggris dengan menonton film tidaklah sulit kamu cukup menyiapkan waktu 1-2 jam untuk menonton dan kamu juga dapat menyediakan buku tulis untuk mencatat kosakata yang menurut kamu sulit. 

 

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas 5 cara belajar Bahasa Inggris dari menonton film. Namun sebelum masuk ke dalam pembahasan tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui manfaat menonton film dalam Bahasa Inggris. 

 

Manfaat Menonton Film dalam Bahasa Inggris

Kamu dapat menikmati beberapa manfaat yang dapat meningkatkan skill Bahasa Inggris kamu saat kamu menonton film dalam Bahasa Inggris. Manfaat yang bisa kamu dapatkan yaitu : 

 

  1. Skill Listening kamu akan meningkat dengan sangat cepat jika kamu menggunakan metode ini karena kamu akan terlatih untuk mendengarkan berbagai kosakata baru yang ada di film Bahasa Inggris

 

  1. Skill berbicara atau Conversation kamu juga akan meningkat, karena terdapat beragam dialog yang dibicarakan oleh sang karakter. Kamu dapat mengikuti sang karakter berbicara mulai dari intonasi, hingga kosakata. 

 

Cara Belajar Bahasa Inggris dari Nonton Film

 

1. Pilih Genre Film yang Mudah Dipahami

Meskipun memang sangat membantu kamu dalam belajar Bahasa Inggris, akan lebih baik lagi kamu memilih genre film yang mudah untuk dipahami dengan tidak banyak kosakata yang sulit seperti film genre Animation/Cartoon, Superheroes, Action, hingga Sci-fi

 

2. Perhatikan Aksen Bahasa Inggris yang Digunakan

Bahasa Inggris memiliki banyak aksen, yang paling utama adalah aksen US (United States) dan aksen English British. Kedua aksen ini memiliki perbedaan yang signifikan, kalau aksen Inggris US memiliki nada bicara yang lebih natural kalau English British memiliki nada bicara yang lebih dalam. 

3. Gunakan Subtitle yang Tepat

Jika kamu kesulitan untuk menonton film dengan Bahasa Inggris, maka kamu dapat menggunakan bantuan subtitle. Akan tetapi, kamu juga harus bijak dalam memilih subtitle karena banyak sekali subtitle yang terkadang salah mengartikan Bahasa Inggris. Lebih baik lagi kalau kamu menonton film di website streaming yang sudah resmi seperti Netflix, Disney+, dan lainnya. 

 

4. Catat Kosakata dari Film

Untuk membantu kamu belajar Bahasa Inggris dengan lebih mudah, kamu dapat menggunakan buku catatan untuk menulis berbagai kosakata yang menurut kamu sangat sulit untuk dihafalkan. Sehingga dapat dipelajari secara berulang sampai kamu mengerti.

 

5. Nonton Bareng Teman-teman

Menonton Film sangatlah seru jika bersama dengan teman-teman. Sehingga kamu bersama teman-teman dapat belajar bersama-sama tentang Bahasa Inggris dan dapat menikmati waktu bersantai bersama. Kamu juga dapat mengajak teman kamu yang memang mahir dalam Bahasa Inggris untuk membantu kamu belajar.

 

6. Tonton Ulang Film tanpa Subtitle 

Kamu juga dapat menonton film yang sudah kamu tonton tanpa menggunakan subtitle sehingga kamu dapat menghafalkan berbagai kosakata dari sang karakter atau peran. 

 

Nah seperti itulah beberapa cara belajar Bahasa Inggris dari menonton film. Cara ini dapat kamu lakukan dengan sangat mudah, dan aman. Jika kamu kesulitan untuk belajar Bahasa Inggris secara mandiri, kamu dapat langsung mendaftar ke Wallstreet di link ini.

 


More News

May 19, 2022
English Tips, Skill

Elevate Your Business Writing Skills

May 14, 2022
Business & Career, English Tips

Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi

May 13, 2022
English Tips

Sastra Inggris, Jurusan Perkuliahan Khusus Bahasa Inggris!

May 12, 2022
English Tips

Prospek Kerja Sastra Inggris, Ada Gaji yang Sangat Tinggi!

May 11, 2022
English Tips

4 Beasiswa dari Pemerintah, Cocok untuk Kuliah di Luar Negeri

May 10, 2022
English Tips

Ini Dia, Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP