Home English Tips   5 Tips Menulis Artikel Bahasa Inggris

5 Tips Menulis Artikel Bahasa Inggris

Mar 15, 2018

Sebelum mulai membahas mengenai tips dan cara menulis artikel bahasa Inggris yang baik, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai apa yang dimaksud dengan sebuah artikel? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya. Pastinya kamu pernah menulis artikel, baik untuk tugas di sekolah maupun sebagai kegiatan untuk menyalurkan hobi. Hmm, di artikel ini akan dibahas cara dan tips untuk menulis artikel dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar!

Baca Juga: Rumus Bahasa Inggris: 16 Tenses yang Perlu Kamu Pelajari

Identifikasi Siapa Target Pembacamu

Sebelum menulis sebuah artikel, yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah mengindentifikasi siapa orang-orang yang akan membaca artikelmu. Misalnya, jika kamu ingin membuat artikel mengenai suatu bidang olahraga, berarti target pembacamu adalah para pecinta olahraga tersebut. Kamu harus dapat menyusun tulisan dengan membuat setiap kalimat menjadi menarik bagi para target pembaca dimulai dari awal hingga akhir artikel. Dalam menulis artikel bahasa Inggris, khususnya jika kamu ingin membuat tulisan popular kamu dapat menggunakan juga jenis-jenis slang yang sering digunakan oleh remaja-remaja saat ini.

Baca juga: 10 Slang Bahasa Inggris yang Wajib Kamu Ketahui!

Buatlah Tulisan yang menarik banyak perhatian

Jika kamu sering menghabiskan waktu di Internet, kamu pasti seringkali melihat judul-judul artikel online yang sangat menarik perhatian, bahkan tidak sedikit juga yang sangat mencolok dan tidak masuk akal. Hal itu dilakukan karena mereka ingin menarik perhatian kamu sebagai pembaca. Teknik satu ini disebut juga sebagai teknik click baiting, sayangnya kebanyakan penulis menyalahgunakan teknik ini. Sebagian besar judul artikel online yang click baiting memiliki isi yang berbeda dengan apa yang ditampilkan pada judul. Nah, oleh karena itu kamu harus memikirkan cara yang tepat dalam membuat artikel bahasa Inggris yang dapat menarik perhatian orang-orang. Tentu saja, kamu dapat memulainya dengan membuat judul artikel yang menarik dan membuat orang penasaran untuk membaca.

Topik Artikel Harus Menarik

Membaca sebuah artikel bahasa Inggris harus menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan. Bayangkan jika isi artikelmu penuh dengan bacaan yang membosankan, dan orang yang membaca merasa seperti sedang menilai berlembar-lembar hasil ujian. Berusahalan untuk membuat tulisan yang memikat, dalam arti orang yang membacanya tidak akan berhenti membaca hingga akhir artikel. Bagaimana caranya? Kamu bisa menambahkan beberapa kutipan humor yang berasal dari pengalamanmu sendiri misalnya. Semakin mereka dapat merasakan apa yang kamu tuliskan, semakin mereka akan terus membaca tulisanmu.

Artikel yang Mudah Untuk Dibaca

Dalam menulis artikel terutama artikel bahasa Inggris, kamu harus memikirkan betul apakah hal yang akan kamu tuliskan mudah dimengerti dan ‘ringan’ untuk dibaca. Selain itu, dalam teknik penulisan biasakan pula untuk membuat subheading sebelum masuk kedalam isi artikel. Perbanyak pula penggunaan kalimat aktif. Karena dalam bahasa Inggris, kalimat aktif lebih mudah dipahami dibandingkan dengan kalimat pasif yang menggunakan lebih banyak kata dan struktur kalimat yang terbalik. Kamu juga harus melakukan tahap persiapan konsep sebelum memulai untun menulis. Biasakan untuk menentukan gagasan utama yang ada pada setiap paragraf, dengan demikian susunan tulisanmu akan menjadi lebih terstruktur dan mudah untuk dipahami. Pikirkan juga tentang jenis bahasa yang akan kamu gunakan dalam penulisan artikel. Jika targetmu adalah kalangan remaja, kamu bisa menggunakan ragam bahasa yang lebih santai dan menghibur.

Buatlah Penutup Artikel yang Akan Selalu Diingat

Selain membuat sebuah kesimpulan untuk merangkum apa yang telah dituangkan dalam tulisanmu, kamu juga harus meninggalkan kesan bagi para pembaca untuk selalu diingat dan membuat mereka ingin datang kembali untuk membaca artikelmu. Kamu dapat mengakhiri artikelmu dengan kutipan ataupun pertanyaan bagi para pembaca untuk membuat mereka semakin merasa engaged.

[maxbutton id=”2″]

Baca juga artikel menarik lainnya

Hortatory Exposition: Definisi, Rumus, Struktur, dan Contohnya

Sep 23, 2020

Tak hanya buku saja yang memiliki genre, jenis tulisan atau teks dalam bahasa Inggris ternyata…

Tongue Twister dalam Bahasa Inggris: Cara Melatih Pronunciation

Sep 21, 2020

Pembelit lidah alias tongue twister bukanlah hal yang asing dalam kehidupan kita. Permainan ini biasanya…

Adjective Clause: Definisi, Rumus, dan Contoh Penggunaannya

Sep 19, 2020

Pastinya kamu sudah familiar dengan istilah adjective kan? Adjective merupakan kata lain dari kata sifat…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami