Home English Tips   Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Baik dan Benar

Nov 13, 2020

Setiap negara memiliki format penulisan tanggal dan bulan yang berbeda. Bahkan, negara-negara yang berbahasa Inggris pun bisa berbeda format tergantung dengan negaranya, lho! Walaupun begitu, tetap ada standar internasional yang digunakan dalam penulisan sebuah tanggal. Untuk lebih jelasnya, mari perhatikan cara penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang tepat.

Penulisan Tahun

Dilansir dari Grammarly, format yang digunakan dalam penulisan tahun adalah dengan menggunakan angka atau numeral kecuali ada di awal kalimat. Mungkin seringkali kamu lihat ada angka penunujuk tahun yang ditulis di awal kalimat, padahal contoh tersebut salah besar. Penulisan tahun di awal kalimat harus ditulis jelas dan lengkap lewat kata.

Namun, ada perbedaan jelas antara penulisan gaya Inggris dan Amerika. Penulis Amerika tidak menggunakan kata penghubung “and” untuk menyebut tahun setelah 2000. Sedangkan gaya penulisan Inggris, menggunakan “and” untuk menyebut tahun dan merupakan hal yang biasa. Tapi, tenang saja kedua gaya penulisan ini tidak mempengaruhi tulisan dan bisa dipakai keduanya karena benar. Contoh:

  • The year 1929 brought the Great Depression, the St. Valentine’s Day Massacre, and an influenza epidemic.
  • Nineteen twenty-nine brought the Great Depression, the St. Valentine’s Day Massacre, and an influenza epidemic.
  • Much happened in the political arena in 2016.
  • Two thousand and sixteen was an eventful year in politics.
  • Two thousand sixteen was an eventful year in politics.

Baca juga: Persamaan Kata dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya

Penulisan Bulan dan Hari

Jika dalam format Indonesia kamu menulis dengan format hari-bulan, di dalam penulisan bahasa Inggris tidak berlaku. Dalam format bahasa Inggris bisa dikatakan memiliki format yang terbalik, yaitu bulan-hari.

Dalam penulisan hari sebaiknya menggunakan cardinal numbers  (1,2,3) bukan ordinal number (first, second, third), walaupun dalam pengucapan kita menggunakan ordinal number. Hal ini bisa dibuktikan dengan pengucapan “January first two thousand seventeen” yang jika ditulis berubah menjadi January 1, 2017.

Masih banyak orang yang bingung bagaimana penempatan koma dalam penulisan tanggal. Jika dalam format Amerika Serikat, format yang digunakan adalah bulan-hari-tahun dan penempatan koma ada di sebelum tahun dan sesudah hari. Namun, jika kamu menulis dengan format UK  yang berbentuk hari-tanggal-bulan seperti layaknya penulisan di Indonesia, tidak menggunakan koma sama sekali. Contoh:

  • On May 13, 2007, Daniel was born.
  • On 13 May 2007 Daniel was born.

Kedua penulisan bulan dan hari bisa dikatakan tepat jika kamu juga menggunakan tanda koma yang tepat. Kamu tinggal memilih format mana yang ingin kamu gunakan.

Tanggal dengan Menyebutkan Nama Hari

Dalam format Indonesia yang kita gunakan, biasanya kita akan menyebutkan nama hari sebelum menuliskan tanggal spesifik. Dalam penulisan dengan format bahasa Inggris pun, bentuk ini tetap bisa berlaku dan tepat asalkan penggunaan koma yang tepat. Contohnya:

  • How fortunate that the world did not end on Friday, December 21, 2012!
  • Monday, May 5, is my last day of work.

Bisa dilihat contoh di atas ada penempatan koma wajib setelah hari. Hal ini berfungsi untuk memisahkan hari dengan tahunnya dan juga bisa digunakan untuk pemisah sebelum melanjutkan ke kalimat.

Baca juga: Verb (Kata Kerja): Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Penulisan Abad

Penulisan “1800s” dalam bahasa Inggris memiliki arti menunjuk tahun antara 1800-1899. Maka dari itu ditambahkan s karena tahun banyak sekali tahun spesifik yang dilewatakan. Jika kamu ingin menuliskannya dengan huruf, kamu bisa menuliskannya dengan “nineteenth century” dengan huruf kecil.

Jangan menggunakan apostrophe sebelum s. Hal ini merupakan kesalahan umum yang sering terjadi. Perlu diingat bahwa abad merupakan bentuk jamak bukan bentuk kepemilikan. Contoh:

  • Women often wore bonnets in the 1800s.
  • Women often wore bonnets in the eighteen hundreds.
  • Women often wore bonnets in the nineteenth century.

Penulisan Dekade

Penulisan dekade dalam bahasa Inggris menggunakan apostrophe sebelum huruf s. Jangan sampai tertukar dengan penulisan abad di atas ya! Penulisan dekade ini biasanya memiliki format 2 digit angka + ‘s seperti: 80’s, 90’s, 40’s, dan sebagainya. Sebenarnya bentuk penulisan ini merupakan penyingkatan saja dari bentuk panjang tahun 4 digit agar lebih mudah diucapkan.

Juga, penulisan bentuk ini untuk menyebutkan tahun yang tidak kamu ketahui secara spesifik. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, mungkin seperti 90-an, 80-an yang merujuk banyak tahun di sekitar itu. Contoh:

  • In the ’80s, I had a haircut like the lead singer of A Flock of Seagulls.
  • In the eighties, I had a haircut like the lead singer of A Flock of Seagulls.

Baca juga: Bahasa Inggris: Sejarah dan Ilmu Dasar yang Perlu Kamu Tahu

Menurut Standar Internasional

Berdasarkan beragamnya cara penulisan tanggal yang berbeda-beda di setiap negara, ISO 8601 dibuat sebagai standar penulisan tanggal dalam bahasa Inggris yang dapat diterima di seluruh dunia. Formatnya adalah YYYY-MM-DD. Contoh penulisan tanggalnya seperti 2018-03-24.

penulisan tanggal dalam bahasa inggris

Perbedaan Penulisan Tanggal British English dan American English

Seperti yang telah kamu ketahui, British English dan American English memiliki banyak perbedaan baik dari segi pengucapan, pilihan kata hingga penulisan tanggal. Perbedaan yang ada memang tidak terlalu signifikan, namun perlu kamu ketahui bahwa cara menulis tanggal juga dapat merefleksikan kesopanan seseorang.

Format British:

day-month-year

American:

month-day-year

A 14th March 2016 March 14th, 2016
B 14 March 2016 March 14, 2016
C 14/3/2016 3/14/2016
D 14/3/16 3/14/16
E 14/03/16 03/14/16

 

Semakin singkat penulisan tanggal, dianggap sebagai semakin santai. Atau bisa berarti juga format A merupakan cara penulisan tanggal yang paling formal, semakin turun ke bawah semakin informal.

Selain itu, penulisan bulan dalam bahasa Inggris juga dapat disingkat menjadi 3 huruf seperti Jan untuk January, Feb untuk February, Mar untuk March, dan seterusnya. Yang perlu diperhatikan adalah penulisan bulan harus selalu diawali dengan menggunakan huruf capital.

Gimana? Sudah jelas mengenai penulisan tanggal dalam bahasa Inggris? Apakah masih banyak di antara kamu yang masih melakukan kesalahan umum? Nah, jangan sampai kesalahan-kesalahan umum terulang seperti penulisan tanggal dalam bahasa Inggris dan juga kesalahan tidak belajar bahasa Inggris sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Ikuti program WSE GO (Wall Street English Goes Online) yang materinya bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Materi pembelajaran yang intensif akan membuat kamu jauh lebih fokus dalam belajar dibandingkan dengan kursus bahasa Inggris tradisional lainnya.

Kamu bisa memulai juga dengan mengetaui level Bahasa Inggris kamu. Yuk, isi kuis di bawah ini agar tahu tingkat Bahasa Inggris kamu!

Baca juga artikel menarik lainnya

OK Boomer, Baby Boomer: Pengertian dan Kenapa Bisa Viral?

Dec 3, 2020

Setiap generasi pastinya memiliki sebutannya masing-masing, seperti: Millenials, Gen X, Gen Z, dan juga Baby…

Apa Itu TOEFL? Cara Belajar, dan Contoh Soal Latihan Tesnya

Dec 2, 2020

Apakah kamu sedang dalam persiapan tes TOEFL? Apakah kamu sudah mempersiapkan semuanya demi mendapatkan nilai…

Bahasa Inggrisnya “Senang”, Contoh dan Cara Penggunaannya

Dec 1, 2020

Happy merupakan bahasa Inggrisnya “senang” yang sering kita dengar. Penggunaan happy selalu berulang-ulang sampai kadang…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami