Ini Dia 8 Profesi yang Mewajibkan Mahir Berbahasa Inggris

Dec 24, 2021
Share on facebook
Share on twitter
Setelah menjalani masa pendidikan, kamu akan menghadapi dunia kerja yang jauh lebih formal dan menuntut profesionalisme kerja yang tinggi. Di sisi lain, kemampuan komunikasi kamu juga dibutuhkan untuk kemudahan berinteraksi dengan rekan kerja. Menggunakan bahasa Indonesia saja saat ini tidak cukup untuk di dunia kerja, karena di Indonesia banyak sekali pekerja asing yang sudah pasti menggunakan bahasa Inggris.   Nah, jangan sampai kamu kalah bersaing dengan mereka hanya karena kamu tidak mahir dalam berbahasa Inggris. Padahal kamu memiliki kinerja yang baik dan memiliki gebrakan besar di dalam profesi yang sedang digeluti. Memangnya seberapa penting sih bahasa Inggris di dunia kerja? Yuk simak sama-sama di bawah ini!  

Mengapa Bahasa Inggris Penting di Dunia Kerja?

Di dunia kerja, kamu akan menemukan banyak orang-orang baru yang akan menjadi rekan selama bekerja. Mungkin saja kamu akan bertemu dengan orang-orang asing yang sudah pasti menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.  Jika kamu kurang mahir berbahasa Inggris, komunikasi antara kamu dengan rekan kerja tidak akan berjalan baik. Sehingga kamu akan kesulitan untuk menjelaskan rencana kerja yang sudah disiapkan. Selain itu, kamu harus memperluas koneksi demi masa depan profesi kamu. Apabila kamu mahir berbahasa Inggris, kamu dapat memperluas koneksi dengan orang-orang asing dan berkesempatan untuk bekerja di perusahaan besar berskala internasional.  

Profesi yang Wajib Mahir Bahasa Inggris

Nah, apa saja sih profesi yang diwajibkan untuk menguasai bahasa Inggris? Langsung simak di bawah ini ya! Siapa tahu kamu tertarik atau sedang menggeluti profesi yang ada pada daftar di bawah ini.   

1. Translator

Sebagai seorang translator atau penerjemah, kamu harus bisa menerjemahkan bahasa asing ke bahasa lain secara lisan maupun tulisan. Tentunya kamu harus memiliki pengetahuan grammar yang baik. Selain itu, terdapat banyak negara di Asia yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Sehingga kamu juga harus memahami perbedaan pronunciation orang-orang dari setiap negara.  

2. Public Relation

Public Relation adalah pekerjaan yang mewakilkan perusahaan untuk menjadi komunikator dengan pihak lain. Jika perusahaan kamu ingin bekerja sama dengan perusahaan lain, kemungkinan kamu adalah orang pertama yang menghubungi atau dihubungi. Nah, mungkin saja ada perusahaan asing yang ingin bekerja sama, sehingga dibutuhkan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dan bernegosiasi.  

3. HRD Perusahaan

Merekrut calon karyawan baru adalah salah satu tugas seorang HRD (Human Resource Development), sehingga seorang HRD pasti akan melakukan wawancara dengan banyak orang. Proses wawancara dibutuhkan komunikasi yang baik dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, karena mungkin saja ada orang asing yang tertarik ingin bergabung dengan perusahaan tempat kamu bekerja.  

4. Tour Guide

Apabila kamu suka berinteraksi dengan orang lain, menjadi tour guide bisa menjadi profesi yang seru. Apalagi jika kamu mahir berkomunikasi dalam bahasa Inggris, kamu bisa berkenalan dengan turis mancanegara yang ditemui. Mereka juga akan mendapatkan berbagai informasi terkait tempat wisata yang sedang dikunjungi dengan baik, sehingga mereka akan terkesan dengan kinerja kamu sebagai tour guide yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris.  

5. Diplomat

Profesi ini sangat wajib menguasai bahasa Inggris dengan baik secara formal maupun informal, karena diplomat adalah perwakilan pemerintah di suatu negara untuk melaksanakan kegiatan diplomatik. Sebagai diplomat, kamu akan bertemu banyak orang penting dari berbagai negara dari berbagai belahan dunia. Sehingga kamu harus berkomunikasi bahasa Inggris dengan baik supaya relasi antar negara tetap terjaga.  

6. Pramugari / Pramugara Maskapai

Selain dituntut untuk sigap dan profesional dalam situasi apapun, pramugari/pramugara juga harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik supaya bisa berkomunikasi dengan semua orang. Tidak menutup kemungkinan kamu akan menemukan penumpang yang berasal dari berbagai negara, sehingga kamu harus bisa berkomunikasi dengan setiap penumpang saat situasi darurat.  

7. Karyawan Perusahaan Multinasional

Perusahaan yang menjalankan usahanya di berbagai negara dipastikan membutuhkan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Apalagi perusahaan multinasional tempat kamu bekerja banyak memiliki cabang di berbagai belahan dunia. Bahkan kamu juga harus menguasai bahasa Inggris bisnis yang kemungkinan besar akan digunakan ketika bernegosiasi.  

8. Jurnalis

Memang tidak semua jurnalis dituntut untuk bisa berbahasa Inggris, namun kamu berkesempatan untuk membuat berita internasional apabila kamu menguasai bahasa Inggris dengan baik. Kamu dapat mewawancarai narasumber mancanegara untuk membuat berita yang berkualitas dan menarik pembaca dari berbagai negara.   Nah, itulah daftar profesi yang mewajibkan kamu untuk menguasai bahasa Inggris. Selain itu, masih banyak profesi lainnya yang memerlukan bahasa Inggris, karena kita harus mampu bersaing dengan orang lain untuk menjangkau skala internasional.    Apabila kamu sudah memasuki dunia kerja dan kurang percaya diri dengan kemampuan bahasa Inggris kamu, segera daftarkan diri untuk bergabung bersama Wall Street English! Tenang aja, kamu akan dibimbing oleh Native English Trainers supaya kamu terbiasa mendengar bahasa Inggris dari native speakers.   Kamu juga akan mendapat bimbingan personal dari para ahli, sehingga kamu dapat berkonsultasi tentang masalah yang dialami untuk membuat kamu lebih percaya diri. Bagaimana, menarik bukan? Tidak perlu berpikir panjang, daftar sekarang untuk bergabung bersama para member Wall Street English dan dapatkan banyak benefit selain belajar bahasa Inggris!  

More News

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Solo Travelling!

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Wisata Budaya Terbaik di Dunia

Nov 25, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Pemandangan Alam Terindah!

Nov 24, 2022
Lifestyle

5 Tempat Wisata di Vietnam, Memiliki Keindahan Alam yang Eksotis!

Nov 23, 2022
Lifestyle

10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Korea!

Nov 18, 2022
Lifestyle

Tips Hemat Liburan ke Jepang bagi Pemula

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP