Home English Tips   Contoh Pidato Bahasa Inggris dengan Berbagai Topik + Artinya

Contoh Pidato Bahasa Inggris dengan Berbagai Topik + Artinya

Okt 24, 2020

Pidato merupakan salah satu hal yang mungkin akan sering dihadapi setelah presentasi. Tak hanya di dunia kerja, mungkin saja pidato bisa dilakukan jika kamu mengikuti lomba atau peresmian sesuatu. Pidato dalam bahasa Indonesia mungkin kamu bisa lakukan tanpa persiapan, namun bagaimana jika kamu dihadapi dengan situasi untuk melakukan pidato bahasa Inggris? Yuk mari cek contoh pidato berbagai topik di bawah ini!

Jenis Pidato Bahasa Inggris

Sebelum masuk ke dalam contoh pidato bahasa Inggris, ada baiknya kamu mengetahui apa saja jenis-jenis pidato.

Impromptu

Secara sederhana jenis pidato ini merupakan jenis pidato dadakan alias tanpa persiapan apa-apa. Biasanya pembicara akan dipilih secara mendadak saat acara berlangsung. Jenis pidato ini biasanya bisa kamu temukan di pertemuan bisnis atau organisasi. Dikarenakan tanpa persiapan, biasanya pidato tidak berlangsung lama dan hanya ala-kadarnya.

Extemporaneous

Biasanya disingkat sebagai istilah Extemp. Pidato bahasa Inggris jenis ini merupakan sebuah perlombaan pidato yang sering diadakan di tingkat SMA atau perguruan tinggi. Pidato yang disampaikan jelas tertata rapi dan sesuai tema yang diberikan. Pembicara akan mencari tahu info sebanyak mungkin dan sejelas mungkin mengenai tema yang diberikan sehingga teks pidato akan terdengar sangat matang.

Baca juga: Dongeng Bahasa Inggris Singkat 3-5 Menit untuk Anak Terbaru

Manuscript

Pidato jenis ini merupakan pidato yang dilakukan dengan membawa naskah atau teks untuk membacakan di depan khalayak umum. Biasanya pidato jenis ini lebih membacakan kebijakan, kontrak, peraturan, dan segala hal yang perlu disampaikan secara tepat melalui naskah.

Memorized

Sesuai dengan namanya, memorized merupakan jenis pidato dengan menghafalkan seluruh teks. Sehingga pembicara akan menghafalkannya sebelum menyampaikan ke publik.

Contoh Pidato Bahasa Inggris Berbagai Tema

Di bawah ini ada beberapa contoh pidato yang mungkin bisa kamu baca sebagai referensi.

Pidato bahasa Inggris mengenai bullying

Ladies and gentlemen, bullying may seem like a small problem for some people. Most people may not realize that the damage caused by bullying can be so serious. It can be as serious as “death” in extreme cases. If you think that bullying is not a serious matter to deal with just because it merely hurt “feelings” then I have to tell you that you are completely wrong. This “merely hurt your feelings” thing can be the beginning of various worse scenarios such as physical assault, suicide, or any other kinds of violent acts carried out in the name of revenge.

As I said just now that bullying is not a serious problem for some people, just because we simply don’t see the damage. But the thing is, based on my experience as a teacher, I learned that the effect of bullying can stay undetected for years. During this time, the effect of bullying keeps corrupting the soul of the victim. They may hold it inside as a grudge, or they may also develop trauma which may result in self-withdrawal from society. I believe that this is something that we don’t want to happen to our children. That is why we have to act right now to stop it, and I mean all of us with no exception.

Baca juga: Reported Speech: Pengertian dan Contoh dalam Bahasa Inggris

Terjemahan:

Ibu-ibu dan Bapak-bapak, bullying mungkin nampak seperti masalah kecil bagi sebagian orang. Kebanyakan orang mungkin tidak menyadari bahwa dampak yang disebabkan dari bullying bisa begitu serius. Dampak tersebut bisa berupa “kematian” dalam kasus yang ekstrim. Jika anda berpikir bahwa bullying bukanlah merupakan hal yang serius untuk ditangani karena hal itu hanya sekedar menyakiti “perasaan” maka saya perlu menyatakan pada anda bahwa anda sepenuhnya salah. Hal yang “hanya menyakiti perasaan” ini bisa menjadi awal dari berbagai scenario yang lebih buruk seperti kekerasan fisik, bunuh diri atau berbagai tindak kekerasan lainnya yang dilakukan atas nama balas dendam.

Seperti yang baru saja saya sampaikan bahwa bulying bukanlah masalah yang serius bagi sebagian orang, hanya karena kita tidak melihat dampak kerusakan yang disebabkan olehnya. Tapi masalahnya, berdasarkan pengalaman saya sebagai seorang guru, saya jadi tau hahwa dampak bullying bisa tetap tidak terdeteksi selama bertahun-tahun. Selama masa ini, dampak bullying terus saja merusak jiwa si korban. Mereka mungkin menahannya di dalam diri sebagai dendam, atau mereka bisa juga membentuk trauma yang mungkin berakhir pada penarikan diri dari masyarakat. Saya percaya ini bukanlah hal yang kita inginkan untuk terjadi pada anak-anak kita. Itulah sebabnya kita harus bertindak sekarang juga untuk menghentikan hal ini, dan yang saya maksudkan adalah kita semua tanpa terkecuali.

Pidato perpisahan

Every year we hold a farewell party for our senior students a couple of weeks before their graduation. Have you ever asked yourself, why do we hold it before their graduation? And why not later when they already graduated from this school? Well, the answer is actually pretty simple: the essential meaning of the event itself.

This farewell party is a family event, and we all are family. This event is not about the dance or the music performance that we are going to have in a moment. This event is about appreciating the chance that we have to gather around together for maybe the last time.

I don’t know what will happen tomorrow, nor I know what will happen in the next five or ten years. Some of you might already be somebody of your dream living so far from this place. Some of you might still struggle with your dream, fighting so hard to achieve it. But I do know one thing: that our prayer will always be with you, that we will always be hoping for the best for you because you are family.

Terjemahan:

Setiap tahun kita mengadakan pesta perpisahan untuk siswa senior kita beberapa minggu sebelum hari kelulusan mereka. Pernahkah anda bertanya pada diri sendiri, mengapa kita mengadakan acara ini sebelum kelulusan mereka? Dan mengapa tidak nanti saja ketika mereka telah lulus dari sekolah ini? Jawabannya sebenarnya cukup sederhana: makna terpenting dari acara ini sendiri.

Pesta perpisahan ini adalah acara keluarga, dan kita semua adalah keluarga. Acara ini bukan tentang tarian atau penampilan music yang akan segera kita saksikan sebentar lagi. Acara ini adalah tentang menghargai kesempatan yang kita miliki untuk berkumpul bersama yang mungkin untuk terakhir kalinya.

Saya tidak tau apa yang akan terjadi besok, tidak juga saya tau apa yang akan terjadi dalam lima atau sepuluh tahun kedepan. Beberapa diantara kalian mungkin akan telah menjadi seseorang yang kalian impikan dan tinggal sangat jauh dari sini. Sebagian dari kalian mungkin masih akan sedang berjuang dengan mimpi kalian, berusaha dengan begitu keras untuk menggapainya. Namun saya tau satu hal yang pasti: bahwa doa kami akan selalu bersama kalian, bahwa kami akan selalu mendoakan yang terbaik untuk kalian, karena kalian adalah keluarga.

Pidato pembukaan seminar

Greetings to one and all. It gives me immense warmth and great pleasure to grace all of your presence in the interest of the entire committee. It gives me tremendous contentment to be presenting the welcome speech amongst the most esteemed personalities who have won accolades in their respective fields.

Before we begin this seminar, I would like to express my heartfelt gratitude to all of you who sincerely committed to this event to make it a success. This event would have been impossible without the support of each and everyone present here.

Terjemahan:

Sambutan untuk semua yang sudah hadir di sini. Kedatangan kalian di sini membawa kehangatan dan kebahagiaan untuk kita semua. Juga, kehadiran kalian yang sangat meriah membuat saya sangat merasa terhormat untuk menyampaikan pidato sambutan di antara semua undangan di sini yang telah memenangkan penghargaan sesuai dengan keahlian serta kemampuan yang sangat disegani.

Sebelum memulai seminar ini, saya ingin menyampaikan terima kasih dan rasa syukur sebesar-besarnya untuk orang-orang yang membantu dan memiliki peran besar atas terlaksananya seminar ini. Tanpa dukungan kalian, mungkin acara ini tak akan pernah terjadi.

Baca juga: Passive Voice dalam Bahasa Inggris: Pengertian dan Contoh

Sudah tahu apa yang akan kamu sampaikan jika dihadapi situasi untuk melakukan pidato mendadak? Kalau kebutuhan kamu dalam bahasa Inggris, apakah kamu sudah tahu? Daripada menebak-nebak, langsung aja konsultasi dan ikuti program yang kamu butuhkan lewat WSE GO (Wall Street English Goes Online).

Kamu bisa memulai juga dengan mengetahui level bahasa Inggris kamu. Yuk, isi kuis di bawah ini agar tahu tingkat bahasa Inggris kamu!

Baca juga artikel menarik lainnya

Bahasa Inggrisnya “yang”, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 28, 2020

Dalam bahasa Indonesia, “yang” adalah sebuah kata yang bisa dipakai dalam situasi apapun untuk merujuk…

Since vs For: Perbedaan dan Contoh Penggunaan Kalimatnya

Nov 26, 2020

Penggunaan for dan since dalam kalimat bahasa Inggris kadang membuat kita keliru. Dengan arti yang…

Adjective Order: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 26, 2020

Kata sifat merupakan salah satu materi bahasa Inggris dasar yang perlu kamu ketahui dan pelajari…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami