Pertanyaan Umum Saat Wawancara Beasiswa

Feb 23, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Tidak hanya dokumen saja yang harus disiapkan untuk mengikuti wawancara Beasiswa, namun kamu juga harus menyiapkan segala jawaban yang kemungkinan akan ditanyakan pada saat kamu menjalani proses wawancara tersebut. 

Wawancara Beasiswa diperlukan bagi pihak penyedia Beasiswa untuk melihat apakah kamu layak dalam mengambil beasiswa pihak penyedia. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena di artikel ini kita akan membahas berbagai pertanyaan umum saat wawancara beasiswa sehingga kamu bisa mendapatkan insight sebelum melakukan wawancara. 

Kenapa Memilih Beasiswa?

Sebelum lanjut ke pertanyaan umum saat wawancara beasiswa, ada baiknya kamu mengetahui secara singkat manfaat yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan beasiswa.

  1. Biaya Kuliah Menjadi Lebih Ringan 

Menjalani pendidikan kuliah membutuhkan uang yang cukup besar, apalagi jika kamu menjalani proses studi kuliah di luar negeri. Tidak hanya harus membayar uang pendidikan namun juga kebutuhan kehidupan pribadi seperti tempat tinggal, makanan, dan lainnya. Dengan menggunakan Beasiswa, kebutuhan uang pendidikan kamu akan sangat terbantu. 

  1. Memiliki Riwayat Prestasi yang Kuat

Mendapatkan Beasiswa di jalur prestasi sekolah atau kuliah tidaklah mudah. Kamu harus tekun dan rajin belajar agar mendapatkan nilai yang terbaik di masa-masa sekolah kamu. Dengan mendapatkan beasiswa, hal ini menandakan bahwa kamu memiliki prestasi yang sangat menonjol.

  1. Karier akan Meningkat

Tidak hanya di kebutuhan pendidikan saja, nantinya jika kamu sudah masuk dunia kerja akan semakin banyak perusahaan yang melirik kamu karena prestasi kamu dalam mendapatkan beasiswa. Perusahaan percaya, jika kamu mendapatkan beasiswa kamu telah melewati proses pemilihan yang sangat sulit. 

Pertanyaan Umum Ditanyakan Saat Wawancara Beasiswa

Setelah kamu mengetahui manfaat dari mendapatkan beasiswa, kamu harus mengetahui pertanyaan apa saja yang akan ditanyakan saat wawancara beasiswa. 

  1. Ceritakan tentang Dirimu

Kamu harus dapat menceritakan tentang dirimu mulai dari kehidupan pendidikan selama masa sekolah, kemudian prestasi yang kamu miliki, kegiatan yang kamu jalani selama masa sekolah, hingga kekurangan dan kelebihan kamu. Jangan lupa untuk menceritakan hal-hal yang tidak kamu masukkan di CV! 

  1. Setelah Mendapatkan Beasiswa dan Lulus, Apa yang akan Dilakukan?

Kamu akan disadurkan oleh pertanyaan ini oleh pewawancara yang ingin mengetahui kontribusi yang akan kamu berikan di lingkungan sekitar kamu jika kamu sudah lulus. Misalnya, kontribusi apa yang akan kamu berikan terhadap negara dan masyarakat tempat kamu kuliah, kemudian apa yang akan kamu lakukan setelah kamu lulus nanti dan bagaimana caranya kamu dapat melakukan kontribusi tersebut. 

Kamu harus dapat menjelaskan secara matang dan jelas terhadap rencana kamu kedepannya yang sesuai dengan bidang studi yang akan kamu jalani di negara tujuan. 

  1. Jelaskan Kelebihan dan Kekurangan Kamu

Kamu harus dapat menjelaskan kelebihan kamu seperti apa, dan juga kekurangan kamu. Misalkan kelebihan kamu adalah kamu seorang yang mampu menahan emosi, namun kekurangan kamu adalah kamu sering hilang fokus dalam melakukan sesuatu. Kamu juga harus dapat menjelaskan bagaimana cara kamu mengatasi kekurangan kamu. 

  1. “Mengapa Kami Harus Memberikan Beasiswa Kepada Anda?”

Hal ini pasti akan ditanyakan, dan kamu juga harus berhati-hati dalam menjawab hal tersebut karena tidak hanya kamu dapat mengandalkan prestasi akademik dan organisasi kamu. Kamu juga harus berhadap dengan kandidat lainnya yang mungkin memiliki prestasi lebih tinggi dari kamu.

Kuncinya adalah, kamu dapat menjelaskan hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk berkontribusi di universitas atau penyelenggara beasiswa. 

  1. Apa Rencana Kamu di 5 Sampai 10 Tahun Kedepan?

Dalam pertanyaan ini, sang pewawancara akan melihat apakah kamu sudah memiliki rencana di masa depan. Akan sangat lebih baik kalau kamu menjelaskan tentang visi kamu di masa depan, bagaimana kamu meraih visi tersebut, dan apa yang telah dan harus dilakukan untuk meraih hal tersebut. 

Nah, seperti itulah beberapa pertanyaan umum saat wawancara beasiswa. Kamu juga harus ingat, terdapat beberapa instansi yang mewajibkan kamu untuk menggunakan bahasa Inggris. Kamu tidak perlu takut karena kamu dapat daftar sekarang di Wall Street untuk belajar bahasa Inggris agar pada saat wawancara kamu tidak akan kaku! 

More News

May 19, 2022
English Tips, Skill

Elevate Your Business Writing Skills

May 14, 2022
Business & Career, English Tips

Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi

May 13, 2022
English Tips

Sastra Inggris, Jurusan Perkuliahan Khusus Bahasa Inggris!

May 12, 2022
English Tips

Prospek Kerja Sastra Inggris, Ada Gaji yang Sangat Tinggi!

May 11, 2022
English Tips

4 Beasiswa dari Pemerintah, Cocok untuk Kuliah di Luar Negeri

May 10, 2022
English Tips

Ini Dia, Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP