Wajib Tahu! Ini 5 Perbedaan Bahasa Inggris Biasa dan Bahasa Inggris Bisnis

Dec 22, 2021
Share on facebook
Share on twitter

Apakah kamu pernah mendengar atau melihat kosakata bahasa Inggris yang jarang ditemui, ketika melihat berita bisnis atau laporan keuangan suatu perusahaan? Tentu kamu akan bingung apabila kamu belum mengerti bahasa Inggris bisnis atau Business English.

 

Sama seperti medis dan teknologi, bisnis juga memiliki bahasa Inggris khusus dan sulit ditemui pada bahasa Inggris sehari-hari. Sehingga kamu perlu mempelajarinya demi kelancaran bisnis yang akan kamu jalankan nanti. Nah, sebelum mengetahui perbedaanya, kamu harus ketahui dulu apa itu bahasa Inggris bisnis dan mengapa sangat penting untuk diketahui. Berikut penjelasannya!

 

Apa itu Bahasa Inggris Bisnis?

Bahasa Inggris bisnis adalah bentuk bahasa Inggris yang digunakan dalam konteks bisnis, seperti perdagangan, perbankan, dan keuangan internasional. Dengan mempelajari bahasa Inggris bisnis, kamu memiliki kesempatan untuk melakukan pertemuan bisnis, membuat laporan bisnis, presentasi penjualan, dan negosiasi dengan pebisnis kelas atas.

 

Mengapa Business English itu Penting?

Sangat penting untuk menguasai bahasa Inggris bisnis atau Business English apabila kamu ingin berkecimpung ke dalam dunia bisnis, karena Business English memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan bahasa Inggris sehari-hari. Dalam konteks bisnis, diperlukan penjelasan dengan jelas dan tidak meninggalkan interpretasi apapun. Sehingga kamu tidak disarankan untuk menggunakan bahasa Inggris umum ketika membicarakan konteks bisnis.

 

Perbedaan Bahasa Inggris Sehari-hari dan Bahasa Inggris Bisnis

Apa sih yang membedakan bahasa Inggris umum yang sering kita dengar sehari-hari dengan bahasa Inggris bisnis? Yuk simak perbedaannya di bawah ini!

1. Penggunaan Kata-kata yang Lebih Tinggi

Bahasa Inggris bisnis menggunakan kata-kata yang lebih tinggi dibandingkan bahasa Inggris sehari-hari, bahkan tidak semua native speaker mengerti kata-kata yang digunakan. Nah, untuk mengerti bahasa Inggris bisnis, kamu harus naik ke tingkat yang lebih advance dan sudah fasih dalam menguasai bahasa Inggris secara umum.

 

2. Istilah yang Berbeda

Jangan kaget ketika kamu mendengar banyak istilah dalam bahasa Inggris bisnis, karena kamu tidak akan menemukannya pada bahasa Inggris sehari-hari. Terdapat beberapa kosakata seperti “blue sky thinking” yang artinya gagasan yang sangat cemerlang atau “leverage” yang artinya memanfaatkan sesuatu untuk kepentingan bisnis. 

 

3. Lebih Fokus Kepada Tujuan (maksudnya lebih efisien penggunaan katanya)

Bahasa Inggris bisnis dituntut untuk jelas dan tidak bertele-tele, sehingga ada banyak kalimat yang berbeda dibanding bahasa Inggris sehari-hari. Jika kamu sering mendengar kalimat “how do I get in touch with her?” Pada bahasa Inggris bisnis kamu akan lebih sering mendengar kalimat “how do i contact her?” Terasa lebih efektif bukan? Dengan bahasa Inggris bisnis, kamu tidak memerlukan banyak kalimat untuk menjelaskan sesuatu.

 

4. Tingkatan Formalitas Bahasa

Membicarakan konteks bisnis cenderung lebih formal dan serius, sehingga diperlukan bahasa yang lebih formal supaya tidak terlalu kasual dan santai. Sulit untuk menemukan kosakata bahasa Inggris bisnis yang digunakan pada bahasa Inggris sehari-hari. Sehingga kamu harus mempelajari banyak kosakata baru dan membiasakan diri untuk membedakan antara bahasa Inggris bisnis dengan sehari-hari.

 

5. Penulisannya yang Lebih Jelas

Pada bahasa Inggris bisnis tidak dibutuhkan kalimat bertele-tele yang dapat membuang-buang waktu, karena kamu akan berisiko kehilangan rekan bisnis dan kehilangan uang. Jangan sampai terdapat banyak interpretasi yang membuat rekan bisnis kamu bingung dan kesulitan untuk menyimpulkan apa yang sedang dibicarakan. 

 

Nah, untuk kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis dalam pendidikan maupun pekerjaan, jangan sampai kamu belum menguasai bahasa Inggris bisnis. Jika kamu sudah menguasainya, kamu dapat membangun kepercayaan lebih kepada rekan bisnis atau orang lain yang sedang membicarakan bisnis dengan kamu.

 

Tenang aja, Wall Street English bisa membantu kamu untuk menguasai bahasa Inggris bisnis dengan progress yang cepat. Apalagi dengan bantuan Native English Trainers, kamu akan terbiasa mendengar bahasa Inggris langsung dari native speaker. Sehingga kamu dapat mempelajari bahasa Inggris lebih mudah dan cepat.

 

Di Wall Street English, kamu juga berkesempatan untuk bertemu orang-orang baru yang bisa diajak berbisnis dan menjadi rekan bisnis kamu nantinya. Menarik bukan? Tunggu apalagi? Daftar sekarang dan jangan sampai lewatkan berbagai kesempatan demi meraih masa depan yang lebih baik!


More News

Jan 13, 2022
English Tips

9 Rekomendasi Tempat Nyaman yang Cocok untuk Belajar dan Mengerjakan Tugas

Jan 12, 2022
English Tips

Wajib Tahu! Ini 8 Manfaat Belajar Bahasa Inggris bagi Mahasiswa

Jan 11, 2022
English Tips

Jangan Bingung, Ini Dia Perbedaan Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris!

Dec 30, 2021
English Tips

Ini Dia, 9 Soft Skill yang Harus Dimiliki Setiap Anak Remaja

Dec 29, 2021
English Tips

Rekomendasi 9 Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Bahasa Inggris

Dec 28, 2021
English Tips

Studi di Luar Negeri? Ikuti 7 Cara Mudah untuk Mendapatkan Teman Baru 

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

Ingin Bahasa Inggris anda #NaikLevel ?

Coba ikut Kelas Gratis Wall Street English!