Home English Tips   Penggunaan While dan When dalam Bahasa Inggris

Penggunaan While dan When dalam Bahasa Inggris

Agu 25, 2020

Seperti yang sudah kamu tahu, beberapa kata dalam bahasa Inggris memiliki arti yang sama. Namun, beberapa kata itu ternyata tidak bisa digunakan dengan cara yang sama. Ada beberapa syarat dan kondisi untuk menggunakan kata-kata tersebut, termasuk while dan when. Di bawah ini, ada cara penggunaan while dan when dalam kalimat bahasa Inggris yang perlu kamu perhatikan.

Baca juga: How Are You? Bagaimana Cara Menjawabnya dengan Bahasa Inggris?

When

Secara sederhana, when merupakan kata penghubung untuk:

  1. 2 aksi yang selesai dilakukan pada waktu yang bersamaan (two single actions at the same time) atau 1 aksi yang dilakukan segera setelah aksi lain selesai (one action immediately after another),
  2. Aksi di masa lampau dengan durasi yang panjang.
  3. Usia (ages)

Two single actions at the same time atau one action immediately after another

Salah satu fungsi when adalah sebagai penghubung dua kalimat yang menjelaskan dua aksi atau kejadian yang selesai dilakukan pada waktu yang bersamaan atau hampir bersamaan. Contoh: Aria smiled when Matt waved at him. Dalam kalimat ini, aksi Matt melambai dan aksi Aria tersenyum terjadi dan selesai pada saat itu juga. Dalam kata lain, kegiatan atau aksi Matt dan Aria bukan merupakan aksi yang berkelanjutan.

Tak hanya itu, when juga bisa berfungsi sebagai penghubung 2 kalimat yang menjelaskan 1 aksi yang dilakukan segera setelah aksi lain selesai. Contoh: When I got home, I slept. Dalam kalimat ini menjelaskan bahwa seseorang yang sampai di rumah langsung tidur. Pernyataan ini menjelaskan bahwa seseorang melakukan 1 aksi yang diikuti oleh aksi lainnya.

Contoh lain kalimat menggunakan when:

  • When my neighbor rang the bell, I opened the door.
  • I often did the exercise in the gym when I lived in Bandung.

Aksi di masa lampau dengan durasi yang panjang

Fungsi kedua dari when adalah untuk menjelaskan aksi di masa lampau dengan durasi yang panjang. Seperti: When I was a kid, I lived in Bandung. Dalam kalimat ini ada penjelasan secara tidak langsung mengenai waktu lampau “was a kid”. Hal ini menunjukkan bahwa kejadian tersebut sudah dilakukan sejak dulu. Contoh lainnya adalah: I often took Transjakarta when I lived in Jakarta. Nah, “when I lived in Jakarta” menunjukkan bahwa ia pernah tinggal di Jakarta di masa lampau.

Ages

When juga bisa digunakan dalam penggunaan kalimat untuk menjelaskan umur. Contoh:

  • I participated in a dance competition when I was 13.
  • When I was 10, I went to Paris for the first time.

Baca juga:  Arti Kata At Least dan Penggunaannya dalam Bahasa Inggris

While

While adalah kata hubung untuk aksi kontinu yang terjadi di waktu yang bersamaan. Aksi kontinu adalah aksi yang sedang berlangsung atau dalam progress. Untuk rumus penggunaan while dalam kalimat bahasa Inggris, biasanya menggunakan continuous tenses. Dalam kondisi menggunakan while, biasanya ada 2 aksi atau kegiatan yang sedang berlangsung secara bersamaan. Contoh kalimat:

  • While my brother was sleeping at home, I was playing outside.
  • While he was working at the office, his wife was cooking at home.
  • While he’s studying in his room, I’m watching TV in the living room
  • We were playing football while they were swimming.

Apakah Penggunaan While dan When bisa Dipakai dalam Kalimat dengan Kondisi yang Sama?

Mungkin di antara kalian banyak yang bertanya dan masih bingung. Apakah ada kalimat yang bisa dimasukkan when dan while dengan kondisi yang sama? Jawabannya bisa. Salah satu syaratnya adalah kalimat atau kondisi memiliki aksi atau kegiatan yang jangka waktunya sebentar alias short duration. Bagaimana maksudnya?

When berada di dalam time clause yang aksinya berdurasi pendek (short duration) yang terjadi pada saat aksi pada main clause sedang berlangsung di masa lampau. Pada kasus ini, time clause merupakan interruption (gangguan sejenak). While berada di dalam time clause yang aksinya sedang berlangsung dan diinterupsi oleh aksi berdurasi pendek (short duration) pada main clause. Dengan demikian, while berada pada posisi yang berkebalikan dengan when. Contoh:

  • I was studying in the library when someone greeted me.
  • When you knocked on the door, she was taking a bath.
  • While I was studying in the library, someone greeted me.
  • You knocked on the door while she was taking a bath.

Baca juga: American English VS British English: Apa Saja Perbedaannya?

Jadi, sudah paham mengenai penggunaan while dan when dalam kalimat bahasa Inggris? Mulai saat ini, kamu sudah harus hafalkan kondisi-kondisi agar kalimat yang dibuat tepat. Apa yang ingin kamu tahu lagi mengenai materi bahasa Inggris? Grammar? Conversation? Atau bahkan butuh latihan untuk nilai TOEFL? Yuk, ikut online class lewat WSE GO (Wall Street English Goes Online). Kamu bisa pilih sendiri goals yang kamu inginkan untuk mendapatkan materi yang sesuai. Dengan native trainers yang berpengalaman, progress pemahaman bahasa Inggris dijamin akan lebih cepat.

Tes juga kemampuan bahasa Inggris kamu dengan mengisi tes bahasa Inggris di bawah ini. Dengan mengetahui tingkat bahasa Inggris kamu, akan bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan akan bahasa Inggris. Yuk, isi tes di bawah ini sekarang juga!

Baca juga artikel menarik lainnya

OK Boomer, Baby Boomer: Pengertian dan Kenapa Bisa Viral?

Dec 3, 2020

Setiap generasi pastinya memiliki sebutannya masing-masing, seperti: Millenials, Gen X, Gen Z, dan juga Baby…

Apa Itu TOEFL? Cara Belajar, dan Contoh Soal Latihan Tesnya

Dec 2, 2020

Apakah kamu sedang dalam persiapan tes TOEFL? Apakah kamu sudah mempersiapkan semuanya demi mendapatkan nilai…

Bahasa Inggrisnya “Senang”, Contoh dan Cara Penggunaannya

Dec 1, 2020

Happy merupakan bahasa Inggrisnya “senang” yang sering kita dengar. Penggunaan happy selalu berulang-ulang sampai kadang…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami