Organisasi untuk Mahasiswa Internasional di Luar Negeri

Mar 29, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Tidak hanya di Indonesia, namun kampus di luar negeri juga memiliki banyak organisasi yang bisa kamu ikuti agar kamu dapat lebih aktif, mendapatkan banyak teman-teman baru hingga dapat bersama-sama belajar mengenai bahasa dari negara masing-masing. 

Sebelum masuk organisasi internasional mana saja yang dapat kamu ikuti, terlebih dahulu kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan pada saat kamu menjalani kuliah di luar negeri. 

Kelebihan dan Kekurangan Kuliah di Luar Negeri

Sebelum kamu ingin menetapkan hati untuk menjalani kuliah di luar negeri, kamu harus mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan kuliah di luar negeri. Berikut merupakan poin-poin dari kelebihan kuliah di luar negeri :

  1. Kualitas pendidikan yang tinggi, baik dari sisi kurikulum, dan tenaga kependidikan. 
  2. Fasilitas pendidikan yang sangat lengkap, ditambah dengan teknologi yang sudah maju
  3. Kesejahteraan yang sudah terjamin, baik di bidang kesehatan maupun ekonomi. 
  4. Memperbanyak koneksi secara internasional
  5. Mengenal banyak budaya yang beragam. 

Setelah mengetahui kelebihan, tidak lupa juga kekurangan kuliah di luar negeri, seperti : 

  1. Sulit berkomunikasi dengan negara asal, faktor utama yang mempengaruhi adalah perbedaan waktu
  2. Biaya hidup yang tidaklah murah
  3. Harus belajar untuk hidup mandiri
  4. Kesulitan untuk beradaptasi karena masih membawa kebiasaan dari negara asal
  5. Terpisah sangat jauh dari keluarga dan teman-teman

Namun, meskipun ada kelebihan dan kekurangannya, tidaklah salah untuk menjalani kuliah di luar negeri! Kamu juga dapat mengikuti berbagai kegiatan di organisasi mahasiswa internasional loh untuk menambah koneksi, pengetahuan dan kemampuan akademis! 

Apakah Mengikuti Organisasi Penting bagi Mahasiswa? 

Tugas utama dari seorang mahasiswa, adalah belajar, mendapatkan nilai terbaik dan lulus tepat waktu. Namun, mengikuti organisasi juga sangat baik bagi mahasiswa. Tidak hanya bisa mendapatkan teman-teman baru namun kamu juga dapat menikmati manfaat lainnya. 

  1. Mengasah Kemampuan
  2. Memiliki banyak teman dari negara yang berbeda beda
  3. Memperluas jaringan atau koneksi secara internasional
  4. Menambah pengetahuan, tidak hanya pengetahuan di studi utama namun pengetahuan yang lainnya
  5. Kamu dapat belajar sebagai pemimpin. 

Organisasi Internasional Cocok untuk Mahasiswa

AIESEC 

Association Internationale des Étudiants en Sciences Economiques et Commerciales merupakan sebuah organisasi untuk mahasiswa internasional yang berada di Indonesia. Organisasi ini akan mengajarkan kamu berkomunikasi, manajemen waktu hingga kepemimpinan! Cocok bagi kamu yang bercita-cita yang ingin membuka usaha sendiri di masa depan! 

IAAS

International Association of Students in Agricultural and Related Sciences merupakan organisasi internasional terbesar yang memiliki fokus di bidang ilmu pertanian dan ilmu yang berkaitan. IAAS Indonesia sendiri sudah memiliki anggota lebih dari 1000 orang! Organisasi ini cocok bagi kamu yang ingin mendalami ilmu di bidang agrikultural. 

YSEALI

Young Southeast Asian Leaders Initiative merupakan organisasi kepemimpinan yang didirikan oleh mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan Amerika Serikat dengan negara-negara di Asean di berbagai bidang. 

Organisasi ini memiliki program untuk mengirimkan pesertanya menjalani kuliah intensif selama lima minggu di Amerika Serikat. Program ini bernama Academic Fellows Program.

AYFN

Asean Youth Friendship Network merupakan organisasi pemuda yang berlokasi di ASEAN. Komunitas ini dibangun dengan tujuan untuk menjalin hubungan persahabatan, koneksi dan mempererat hubungan dengan negara-negara ASEAN lewat anak-anak muda. AYFN juga menawarkan program program pertukaran pelajar di berbagai negara ASEAN hingga Jepang. 

MUN

Model United Nation merupakan salah satu organisasi yang memiliki kegiatan dengan hubungan internasional antar negara. Organisasi ini seringkali dijadikan ajang perlombaan antar universitas. 

YOI

Youth Of Indonesia merupakan organisasi yang dibentuk oleh bintang artis muda asal Indonesia, Chelsea Islan di tahun 2016 yang memiliki tujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme kepada para pemuda di Indonesia dan juga memiliki fokus untuk pengembangan diri hingga edukasi bagi pemuda-pemudi Indonesia. 

StudenstxCEOs

StudentsxCEOs merupakan sebuah organisasi untuk para pemuda Indonesia untuk mempersiapkan diri menjadi seorang pemimpin di masa depan. Di dalam organisasi ini, kamu bisa berbicara langsung kepada pemimpin-pemimpin dari perusahaan ternama di Indonesia sehingga kamu bisa mendapatkan langsung pengetahuan dan wawasan agar kamu dapat mempersiapkan diri menjadi seorang pemimpin!

Nah, itulah beberapa organisasi internasional yang dapat kamu ikuti untuk menambah pengetahuan, pengalaman, hingga memperluas koneksi secara internasional. Namun, jika kamu ingin mengikuti organisasi internasional kamu harus belajar mengenai Bahasa Inggris terlebih dahulu agar komunikasi dapat lebih lancar. 

Kamu dapat mengikuti course di Wall Street untuk memperlancar kemampuan bahasa Inggris kamu! Yuk, daftar sekarang di Wall Street!

More News

May 19, 2022
English Tips, Skill

Elevate Your Business Writing Skills

May 14, 2022
Business & Career, English Tips

Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi

May 13, 2022
English Tips

Sastra Inggris, Jurusan Perkuliahan Khusus Bahasa Inggris!

May 12, 2022
English Tips

Prospek Kerja Sastra Inggris, Ada Gaji yang Sangat Tinggi!

May 11, 2022
English Tips

4 Beasiswa dari Pemerintah, Cocok untuk Kuliah di Luar Negeri

May 10, 2022
English Tips

Ini Dia, Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP