Home English Tips   News Item Text dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

News Item Text dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

Sep 25, 2020

Tahukah kamu bahwa ada 13 jenis teks dalam bahasa Inggris? Setiap tulisan atau narasi memiliki karakteristik, format, dan grammar tersendiri. Tujuannya adalah untuk menentukan jenis tulisan mana yang cocok sesuai dengan keperluan. Setelah membahas beberapa jenis teks di artikel-artikel sebelumnya, kali ini kita akan membahas mengenai news item text. Apa keistimewaan dari jenis teks ini? Bagaimana contioh dari news item text?

Definisi News Item Text

Sesuai dengan namanya, news item text bisa dikatakan sebagai tulisan yang menyerupai sebuah berita. Tulisan ini menceritakan sebuah kejadian atau peristiwa dengan singkat, runut, lengkap, serta dibuat menarik. Kejadian atau peristiwa yang ditulis pastinya bukan hal sembarangan, tapi harus layak diberitakan atau penting. Isi dari news item harus memiliki value yang besar seperti diketahui oleh banyak orang atau bisa memengaruhi sesuatu yang besar. Jika hal ini bisa terpenuhi, maka sebuah tulisan bisa dikatakan sebagai news item text. Persis dalam penulisan sebuah berita, isi dari teks ini juga harus terpercaya dan berupa fakta. Sumber juga bisa dicantumkan dalam tulisan, misalnya dari saksi mata, jurnal, bahkan pendapat para ahli.

Baca juga: Analytical Exposition – Definisi, Struktur, Rumus, dan Contohnya

Struktur News Item Text

Ada 3 struktur penting yang kamu perhatikan jika ingin menciptakan tulisan dengan news item text. Di antaranya adalah:

Newsworthy event

Bagian ini bisa disebut juga sebagai main event atau kejadian inti yang ingin ditulis dalam sebuah teks. Biasanya, informasi yang berupa peristiwa atau kejadian berbentuk summary dengan inti yang mudah dibaca.

Background event

Background event atau latar belakang sebuah peristiwa wajib ditulis sejelas mungkin dalam sebuah berita. Latar belakang wajib memiliki 5W + 1 H untuk mempermudah pembaca dalam memahami konteks tulisan. Jangan sampai kamu membuat bingung para pembaca dengan latar belakang yang tidak lengkap dan malah membuat tulisan jadi tidak layak diberitakan.

Source

Merupakan sumber yang perlu kamu cantumkan dalam sebuah tulisan. Dalam menulis sumber kamu harus memperthatikan keaslian atau kevalidan sumber. Sumber bisa diambil dari jurnal ilmiah, saksi mata, atau pendapat para ahli yang sudah dipublish.

Baca juga: Narrative Text dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Struktur dan Contohnya

Format dalam News Item Text

Dilansir dari British Course, ada beberapa format yang biasanya muncul dalam tulisan dengan jenis news item text. Apa saja itu?

  • Fokus pada intinya. Jangan sampai tulisan bertele-tele yang malah akan mengeliminasi bagian penting dari sebuah berita. Usahakan tulis dengan bahasa yang simple dan mudah dimengerti.
  • Biasanya menggunakan kalimat kutipan-kutipan dari sumber. Seperti: informed, told, reported,”….” he said, dan lainnya.
  • Biasanya di awal kalimat menginformasikan nama tempat di mana sebuah peristiwa berlangsung. Misalnya: Bekasi, Jakarta, dan lainnya.
  • Biasanya, grammar yang digunakan dalam menulis berita adalah past tense karena berita biasanya sudah lewat terjadi. Jika masih berlangsung, kamu bisa menuliskannya dengan present tense.
  • Usahakan tulisan singkat, padat, dan jelas terutama di bagian headline.

Contoh Tulisan dengan Jenis News Item Text

President Donald Trump will bring the “full force” of the U.S. government to combat human trafficking.

WASHINGTON (AP) — The president is meeting with senior advisers and representatives of organizations that deal with trafficking at the White House. His daughter is among those in attendance.
Trump calls “human trafficking” as a problem that is “not talked about enough.” He said that he would order the departments of Justice and Homeland Security to take a hard look at the resources they were devoting to addressing the issue.

Human trafficking tends to occur around international travel-hubs with large immigrant populations, such as California and Texas. The U.S. Justice Department estimates that 14,500–17,500 people, including young children, teenagers, men, and women, are trafficked into the country every year. They can be domestic citizens or foreign nationals. According to the Department of State’s statistics from 2000, there are approximately 244,000 American children and youth that are at risk for sex trafficking each year.

Baca juga: Tips Belajar Vocabulary untuk Tingkatkan Skill Bahasa Inggris

Secara sederhana kamu bisa melihat news item text seperti tulisan pada portal berita saat ini. Isi yang singkat dan padat akan memudahkan para pembaca untuk memahami apa yang terjadi saat ini. Perbedaan signifikan yang bisa diambil dari teks ini adalah kedalaman berita. Jika dibandingkan dengan tulisan yang ada di media cetak seperti majalah atau koran, tentunya tulisan ini tidak memiliki hal itu. Fungsi utama news item text memang hanya memberikan informasi penting yang terupdate.

Selain berita, ada juga hal-hal yang perlu diupdate dalam diri kamu misalnya kemampuan berbahasa Inggris yang perlu terus diasah. Faktor kebiasaan juga bisa dijadikan salah satu penentu bagaimana kemampuan berbahasa kamu berkembang. Agar kemampuanmu tak tergerus oleh waktu, kamu bisa belajar bahasa Inggris secara online melalui program WSE GO (Wall Street English Goes Online).

 

Kamu bisa memulai juga dengan mengetaui level bahasa Inggris kamu. Yuk, isi kuis di bawah ini agar tahu tingkat bahasa Inggris kamu!

Baca juga artikel menarik lainnya

Contoh Pidato Bahasa Inggris dengan Berbagai Topik + Artinya

Oct 24, 2020

Pidato merupakan salah satu hal yang mungkin akan sering dihadapi setelah presentasi. Tak hanya di…

200+ Kosakata Nama Hewan dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Oct 22, 2020

Jika kemarin kita sudah membahas mengenai common vocabulary yang sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris,…

200+ Kosa Kata Bahasa Inggris Paling Sering Dipakai + Artinya

Oct 21, 2020

Masih belum lancar dalam percakapan bahasa Inggris? Tidak apa-apa. Kamu bisa menggunakan metode menghafalkan beberapa…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami