7 Metode Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan dan Efektif!

Jan 19, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Bahasa Inggris termasuk salah satu bahasa asing yang sudah sangat dekat dengan orang-orang Indonesia. Tidak bisa dipungkiri, sudah bertahun-tahun industri film dan musik barat masuk ke Indonesia dan membawa bahasa Inggris ke dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan musik dan film Indonesia sudah banyak mengadopsi bahasa Inggris di dalam lirik dan naskah mereka.

 

Tidak ada alasan lagi untuk malas belajar bahasa Inggris, karena kita bisa memanfaatkan banyak platform sebagai metode untuk belajar. Selain musik dan film, masih ada banyak platform yang bisa dijadikan metode belajar bahasa Inggris yang menyenangkan. Apa saja metode yang bisa dimanfaatkan? Berikut penjelasannya!

 

Apa Saja Metode Belajar Bahasa Inggris?

Terdapat empat metode populer dan efektif dalam pengajaran bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya. Metode pertama yaitu Grammar Translation Method (GTM) yang yang lebih menekankan grammar dan tata bahasa.

 

Selanjutnya yaitu Audio Lingual Method dengan mempraktikkan sebuah dialog pendek yang belum diketahui artinya oleh siswa. Siswa diminta untuk mengikuti dialog tersebut dan menebak maksud dialog dari mimik, pose, serta berbagai hal yang dipraktikkan oleh pengajar.

 

Kemudian metode Silent Way yang menggunakan rods sebagai media untuk mengajarkan banyak hal, terutama mengenai berbicara dan tata bahasa dalam bahasa Inggris. Metode ini mengajak siswa untuk membangun sense atau inner criteria, sehingga mereka mampu mendeteksi dan memperbaiki diri apabila terdapat kesalahan ketika menggunakan bahasa Inggris.

 

Metode terakhir yaitu Total Physical Response dengan melakukan beberapa pekerjaan, misalnya berjalan, duduk, memegang benda, dan menulis. Sebelum pengajar melakukan pekerjaan tersebut, ia akan memerintah dirinya terlebih dahulu dengan instruksi bahasa asing. Setelah diulang beberapa kali, pengajar memberikan perintah yang sama dengan dirinya tadi kepada siswa. Sehingga siswa diharapkan mampu melaksanakan perintah seperti yang sudah dicontohkan. 

 

Cara Belajar Bahasa Inggris yang Mudah dan Menyenangkan

Bagi kamu yang masih malas belajar bahasa Inggris dengan teori, kamu bisa langsung praktik berbahasa Inggris dengan beberapa metode di bawah ini. Yuk simak 7 metode belajar bahasa Inggris yang mudah dan menyenangkan di bawah ini!

 

1. Menonton Film

Siapa sih yang tidak suka menonton film? Pasti banyak dari kalian yang memilih menonton film sebagai sarana hiburan untuk melepas penat. Nah, sembari menghibur diri, kamu bisa sekaligus belajar bahasa Inggris dengan menonton film tanpa menggunakan subtitle. Selain mempelajari kosakata, kamu juga dapat mempelajari aksen dan cara pengucapan yang benar.

 

Film juga bisa memberikan banyak referensi bahasa yang bisa kamu pelajari, seperti bahasa dalam percakapan kasual, bahasa percakapan saat berbisnis, bahasa kedokteran, dan beragam jenis bahasa lainnya. Maka itu kamu harus menonton berbagai genre film untuk mempelajari beragam jenis bahasa yang ada.

 

2. Mendengarkan Musik

Selain film, musik juga bisa menjadi sarana metode belajar bahasa Inggris yang menyenangkan. Bahkan musik bisa menjadi metode belajar yang paling mudah, karena kamu bisa mendengarkannya kapanpun dan dimanapun. Apalagi lagu-lagu barat sangat populer di Indonesia, sehingga lagu berbahasa Inggris sangat mudah ditemui.

 

Dengarkan lagu yang kamu suka tanpa melihat liriknya, kemudian tuliskan ulang liriknya sesuai dengan yang kamu dengar. Setelah selesai menulis, lihatlah ada berapa kosakata yang salah dan yang benar. Lakukan secara terus menerus agar kemampuan listening dan writing kamu meningkat.

 

3. Membaca Novel/Buku

Membaca buku atau novel memang bukan kesukaan mayoritas anak zaman sekarang, namun membaca buku bisa dijadikan metode belajar bahasa Inggris yang paling cepat dan ampuh. Mengapa demikian? Buku atau lebih tepatnya novel memiliki struktur bahasa yang rumit dan banyak menggunakan istilah sastrawi.

 

Nah, pastikan kamu sudah memahami kosakata dasar bahasa Inggris apabila ingin menggunakan metode ini, karena diperlukan kemampuan lebih untuk memahami novel bahasa Inggris. Maka dari itu, sebaiknya metode ini digunakan untuk mempelajari bahasa Inggris dalam tingkatan yang lebih advance.

 

4. Bermain Games

Siapa bilang bermain games tidak bisa memperlancar kemampuan berbahasa Inggris? Sangat banyak orang yang bisa berbahasa Inggris karena sering bermain games sejak remaja bahkan anak-anak. Apalagi kebanyakan games yang diproduksi oleh perusahaan luar tidak menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantar, sehingga kita terpaksa untuk menggunakan bahasa Inggris.

 

Lebih asyik lagi jika kamu suka bermain online games, karena kamu bisa berkomunikasi dengan orang-orang asing di wilayah Asia yang memiliki aksen berbeda-beda. Setelah kemampuan bahasa Inggrismu meningkat, kamu bisa lebih mudah mencari teman dari negara lain dan memperluas koneksi pertemanan.

 

5. Gabung Forum/Komunitas Bahasa Inggris

Buat kamu yang hobi berkumpul dan berdiskusi dengan orang lain, bergabunglah dengan forum atau komunitas bahasa Inggris. Kamu bisa mencari forum atau komunitas secara online maupun offline untuk bercakap-cakap dan membahas materi-materi yang berkaitan dengan bahasa Inggris.

 

Selain belajar, kamu juga bisa mengajarkan orang-orang yang ingin belajar bahasa Inggris. Sehingga kamu memiliki pengalaman mengajar yang bisa dimanfaatkan di dunia kerja. Nah, ajak juga teman-teman kamu untuk meramaikan forum atau komunitas agar lebih ramai, sehingga forum bisa lebih hidup untuk mendiskusikan beragam materi bahasa Inggris yang bermanfaat.

 

6. Internet

Banyak sekali hal yang bisa kamu dapatkan di internet untuk mempelajari bahasa Inggris. Kamu bisa mencari kamus lengkap bahasa Inggris serta berbagai soal ujian seperti TOEIC, TOEFL, dan IELTS. Selain itu, terdapat banyak situs belajar bahasa Inggris dari berbagai Universitas di dunia yang bisa diakses secara gratis.

 

Internet bisa dijadikan metode belajar bahasa Inggris yang sangat mudah dan murah, karena kamu hanya perlu membayar kuota internet untuk bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. Metode ini sangat mudah diaplikasikan bagi anak-anak zaman sekarang yang tidak pernah lepas dari internet.

 

7. Berbicara dengan Orang Asing

Berbicara langsung dengan native speaker untuk belajar bahasa Inggris? Mengapa tidak? Metode ini sangat cocok diaplikasikan untuk kamu yang mudah bertemu dengan orang asing setiap harinya. Mungkin saja kamu tinggal di daerah wisata yang banyak dikunjungi orang asing, metode ini bisa diaplikasikan dan bisa sangat mengasyikan.

 

 

Sebagai contoh, kamu bisa menjadi tour guide untuk menuntun orang-orang asing yang sedang berwisata di daerah tempat tinggal kamu. Nah, kamu bisa mengasah kemampuan berbicara dengan orang lain dengan metode ini. Sehingga kualitas komunikasi kamu dalam bahasa Inggris bisa meningkat dengan pesat

 

 

Jadi, metode mana yang paling mengasyikan menurutmu? Jika kamu memiliki banyak waktu luang, akan lebih efektif jika kamu mengaplikasikan semua metode di atas. Dijamin kemampuan bahasa Inggrismu meningkat tanpa memerlukan waktu yang lama.

 

 

Nah, tidak usah bingung kalau kamu termasuk yang harus dibimbing untuk belajar bahasa Inggris, karena Wall Street English dapat menjadi jawaban untuk keresahan kamu. Dengan bantuan Native English Trainer berpengalaman, kamu dapat lebih mudah memahami bahasa Inggris langsung dari native speaker.

 

 

Kamu juga bisa menemukan banyak teman baru yang memiliki visi misi yang sama, sehingga kamu bisa memperluas jaringan pertemanan serta koneksi untuk di dunia kerja. Sehingga terdapat banyak kesempatan yang menarik untuk kamu yang ingin berkarir sekaligus belajar bahasa Inggris, karena Wall Street English memiliki banyak benefit menguntungkan selain belajar bahasa Inggris. Yuk daftar sekarang juga!

 

More News

May 19, 2022
English Tips, Skill

Elevate Your Business Writing Skills

May 14, 2022
Business & Career, English Tips

Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi

May 13, 2022
English Tips

Sastra Inggris, Jurusan Perkuliahan Khusus Bahasa Inggris!

May 12, 2022
English Tips

Prospek Kerja Sastra Inggris, Ada Gaji yang Sangat Tinggi!

May 11, 2022
English Tips

4 Beasiswa dari Pemerintah, Cocok untuk Kuliah di Luar Negeri

May 10, 2022
English Tips

Ini Dia, Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP