Home English Tips   Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak? Bagaimana Cara yang Efektif?

Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak? Bagaimana Cara yang Efektif?

Jun 18, 2020

Metode belajar di sekolah sekarang ini sudah berubah sejak masa pandemi. Semua sekolah sudah menerapkan online learning agar murid-murid tetap teredukasi. Walaupun masih belum sempurna, online learning masih tetap menjadi cara yang paling efektif dalam metode belajar saat ini.

Untuk para orang tua sudah wajib untuk ikut serta dalam proses sekolah online. Bagaimana ya seharusnya peran orang tua dalam mendukung metode online learning khususnya untuk mengajarkan bahasa Inggris? Simak tips berikut!

Tips Efektif Mengajarkan Bahasa Inggris pada Anak

Dilansir dari IDN Times, ada 5 cara efektif dalam mengajarkan bahasa Inggris pada anak. Di antaranya adalah:

Rutin berbahasa Inggris

Agar anak familiar dengan kata-kata bahasa Inggris, orang tua sudah harus membiasakan diri untuk rutin menggunakan bahasa Inggris. Hal ini bisa dimulai dengan membuat sesi khusus untuk belajar bahasa Inggris bersama anak-anak. Hal ini juga harus dibuat menyenangkan mengingat anak-anak mudah bosan dengan metode belajar yang membosankan. Orang tua bisa membuat sesi belajar bahasa Inggris seperti sambil bermain, menggunakan flash card, atau bisa juga dengan bermain game.

Jangan sampai sesi belajar ini terlihat memaksa dan membuat anak merasa terpaksa. Orang tua juga bisa memulainya dengan mengajak melakukan percakapan dengan menggunakan bahasa Inggris dasar. Dengan begitu, mereka nantinya akan terbisa juga untuk melakukan percakapan dalam bahasa Inggris.

Baca juga: Bidang Pendidikan di Indonesia dan Dampaknya dari Covid-19

Jadikan bahasa Inggris menjadi kegiatan menyenangkan

Menjadikan anak-anak senang ketika mempelajari sesuatu bukanlah hal yang mudah. Untuk menyiasati hal tersebut maka melibatkan mereka dalam permainan adalah cara terbaik untuk mengajar mereka bahasa Inggris agar anak tertarik dan senang melakukannya. Permainan yang bisa dilakukan misalnya dengan bermain scrabble, game yang ada di smartphone, serta game-game lain yang berbahasa Inggris dan sesuai dengan usia anak. Semakin anak tertarik dengan sebuah kegiatan, akan semakin mudah juga mereka mengingatnya.

Jangan terpaku pada grammar

Untuk mengajarkan bahasa Inggris pada anak lupakan sejenak masalah grammar. Buatlah mereka familiar dahulu dengan vocabulary bahasa Inggris. Jika mereka melakukan kesalahan saat berbicara, orang tua tak perlu terus menerus membenarkannya. Hal ini bertujuan untuk membiasakan anak agar mereka berani mengekspresikan dirinya serta tidak kehilangan minat dalam belajar bahasa Inggris.

Gunakan lagu

Tahukah kamu bahwa lagu masih menjadi sarana yang efektif dalam mengajarkan bahasa Inggris pada anak? Lagu adalah cara yang paling efektif untuk belajar kosakata baru dan memperbaiki cara pengucapan. Nyanyian dengan tarian sangat baik untuk anak karena dapat mengikuti gerakan meskipun belum bisa menyanyikan lagunya. Gaya atau tarian tersebut sering menggambarkan makna atau arti dari lagu. Tak hanya itu, irama lagu anak-anak yang catchy akan membuat anak lebih mudah mengingat kata-kata bahasa Inggris.

Baca juga: Video Game dan Manfaatnya dalam Belajar Bahasa Inggris

mengajarkan bahasa inggris

Sumber: Canva

Gunakan situasi sehari-hari untuk mengajarkan bahasa Inggris

Memanfaatkan situasi sehari-hari dengan mendeskripsikannya dalam bahasa Inggris akan membuat belajar bahasa menjadi lebih mudah. Hal tersebut dikarenakan anak terbiasa berbicara topik apapun dengan latihan berbicara di setiap situasi dan kondisi sehari-hari.

Orangtua harus selalu mendorong anak berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan memperkenalkan pada benda-benda di sekitar mereka sejak awal. Misalnya memberikan info berulang saat sedang makan mengenai peralatan makan. Dengan begitu anak-anak akan lebih mudah mengingat serta mengulangnya kembali.

Gunakan topik sesuai kesukaan anak

Untuk mempermudah anak mengingat kosakata bahasa Inggris, orang tua bisa menyesuaikan dengan topik kesukaan anak-anak. Hal ini bisa orang tua lakukan lewat menyanyi, membacakan buku cerita, atau mendengarkan lagu. Maka dari itu, orang tua perlu eksplor lebih jauh mengenai kesukaan anak agar dapat mengetahui kegiatan apa yang mereka sukai untuk memotivasi minat belajar.

Contohnya jika anak memiliki minat pada membaca buku maka membiasakan anak membacakan buku cerita bergambar berwarna cerah adalah cara yang efektif untuk mengajar bahasa Inggris karena akan mengembangkan keterampilan mendengarkan dan membaca.

Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Makin Seru Lewat Series Netflix

Beberapa cara di atas mungkin bisa orang tua praktikkan untuk mengajar bahasa Inggris pada anak selama sekolah online. Hal in bertujuan agar anak tetap bisa merasa fun walaupun sekolah dari rumah. Selain meningkatkan skill bahasa Inggris pada anak, orang tua juga perlu untuk meningkatan skill bahasa Inggris yang memiliki banyak manfaat.

Program WSE GO (Wall Street English Goes Online) merupakan program pengajaran bahasa Inggris yang efektif untuk para orang tua yang sibuk. Dengan waktu dan tempat belajar yang fleksibel, orang tua bisa menyesuaikan sendiri kapan mereka mau belajar. Dengan skill bahasa Inggris orang tua yang mumpuni, mengajarkan bahasa Inggris pada anak akan terasa lebih mudah bukan? Klik di sini untuk info lebih lanjut.

Baca juga artikel menarik lainnya

Bahasa Inggrisnya “yang”, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 28, 2020

Dalam bahasa Indonesia, “yang” adalah sebuah kata yang bisa dipakai dalam situasi apapun untuk merujuk…

Since vs For: Perbedaan dan Contoh Penggunaan Kalimatnya

Nov 26, 2020

Penggunaan for dan since dalam kalimat bahasa Inggris kadang membuat kita keliru. Dengan arti yang…

Adjective Order: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 26, 2020

Kata sifat merupakan salah satu materi bahasa Inggris dasar yang perlu kamu ketahui dan pelajari…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami