Home English Tips   Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Berkesan

Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Berkesan

Mei 29, 2017

Surat lamaran kerja bukan hanya sekedar kata-kata manis pembuka Curriculum Vitae, tapi juga berfungsi sebagai media komunikasi pertama antara kamu dengan perusahaan. So, surat tersebut akan menjadi media kamu untuk memberi kesan pertama yang baik kepada perusahaan. Masalahnya, kemungkinan besar bukan hanya kamu yang melamar untuk posisi yang kamu inginkan. Pastikan kesan pertama anda lebih menarik dari yang lain, terlebih kalau surat lamaran kerja yang kamu tulis berbahasa Inggris.

Baca Juga: Mengubah Karir dan Profesi di 2020? Kenapa Tidak?

Berikut tips dari kami agar kamu dapat membuat surat lamaran kerja yang mampu mencuri perhatian perusahaan,

1. Jangan terlalu panjang

Masih banyak orang yang mencoba menulis surat lamaran mereka seperti menulis essai. Bayangkan jika sebuah perusahaan harus menerima sebuah surat panjang yang intinya adalah “saya ingin bekerja diperusahaan Anda”. Sedikit jenuh bukan? Yang harus Anda tulis sebenarnya sangat sederhana, Siapa? Apa? Dan Kenapa?

Contoh:

Dear David,

I am writing in response to the opening for xxxx, which I believe may report to you.

I can offer you seven years of experience managing communications for top-tier xxxx firms, excellent project-management skills, and a great eye for detail, all of which should make me an ideal candidate for this opening.

I have attached my résumé for your review and would welcome the chance to speak with you sometime.

Best regards,

Xxxx Xxxx

Namun bila Anda baru lulus atau pertama kali kerja. Berikut contohnya,

Dear Mr. Chua,

I am writing to express my interest for the position of Recruitment Assistant in your esteemed company.

Having recently obtained my Bachelor’s Degree in Business Administration major in Human Resource Development Management (BSBA-HRDM) in the Polytechnic University of the Philippines (PUP), I wish to bring my knowledge, skills and commitment to excellence to your company’s innovative environment.

As a Business Administration student, majoring in HR management, I’ve become equipped with the necessary knowledge that come with the position including manpower recruitment, workforce organization, personnel training and compensation as well as legal provisions and other labor concerns.

My internship at San Miguel Corporation also afforded me with the crucial skills to work with some of the best professionals in the recruitment and human resources industry. Being a trainee has developed in me enthusiasm and a true passion for human resources and has subsequently convinced me that human resource management is my true calling.

For additional details regarding my qualification and expertise, please review my attached resume.

Thank you for taking the time to consider this application and I look forward to hearing from you.

Sincerely,

(signature)

2. Halo, nama saya …

Jangan memulai surat anda dengan tulisan seperti,

“Hello, my name is ___, and I am applying for the position as ____”,

Percayalah, ini akan membuat anda terlihat tidak berpengalaman.

3. Saya bukan mengemis kerja

Ingat ini, kamu bukan mengemis tetapi kamu menawarkan tenaga dan keahlianmu untuk dapat digunakan perusahan demi keuntungan bersama. Jangan perlihatkan kalau kamu butuh pekerjaan itu. Perlihatkan kalau perusahaan tersebut butuh orang seperti kamu. Percaya atau tidak, tulisan kamu mencerminkan dirimu, dan umumnya mereka yang bertugas di bagian recruitment memiliki background psikologi untuk dapat membaca dirimu melalui tulisan kamu.

4. Jujur

Jangan terlalu melebih-lebihkan kualifikasimu. Tunjukkan sisi positif kamu, tapi jangan mengumbar hal-hal yang memang bukan dirimu. Hal-hal seperti, “saya seorang pekerja keras …” atau “Bagi saya, pengalaman lebih penting dari uang …” terdengar klise. Umumnya perusahaan lebih senang mendengar, “Saya dapat mengetik seratus kata per menit …” , atau “Saya dapat berbicara dalam 3 bahasa …” Hal-hal yang riil akan lebih membantu kamu dalam memberikan kesan pertama yang baik.

Baca Juga: 10 Tips Sukses Wawancara Kerja Dalam Bahasa Inggris

Nah, itu dia tips untuk menulis surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris yang bagus. Anda ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda agar percaya diri saat wawancara kerja? Test yuk kemampuan bahasa Inggris Anda di sini, gratis!

Baca juga artikel menarik lainnya

Auxiliary Verb: Definisi dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

Sep 24, 2020

Dalam penggunaan kalimat bahasa Inggris, pastinya ada beberapa kalimat yang menggunakan imbuhan do, have, dan…

Hortatory Exposition: Definisi, Rumus, Struktur, dan Contohnya

Sep 23, 2020

Tak hanya buku saja yang memiliki genre, jenis tulisan atau teks dalam bahasa Inggris ternyata…

Tongue Twister dalam Bahasa Inggris: Cara Melatih Pronunciation

Sep 21, 2020

Pembelit lidah alias tongue twister bukanlah hal yang asing dalam kehidupan kita. Permainan ini biasanya…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami